10 Kalimat Ajaib untuk Mengatasi Anak Menangis Tanpa Sebab
Kategori: Parenting

Mengatasi Anak Menangis Tanpa Sebab – Mendengar tangisan anak, orang tua pasti merasa tidak nyaman. Seperti itulah kira-kira kalau buah hati menangis tiba-tiba. Sudah seharusnya orang tua mencari cara mengatasi anak menangis tanpa sebab tersebut. Tentu saja, semua ini karena rasa sayang sebagai orang tua.

Memang sh cara utama anak untuk menyampaikan sesuatu dengan cara menangis tapi tetap saja rasanya terganggu jika dia terus menangis. Tahu tidak kalau dalam sebuah penelitian, otak seorang ibu telah terprogram untuk bereaksi ketika anak menangis. Ini sebabnya, seorang ibu dinilai lebih perhatian.

Bahkan seorang ibu akan tetap merasa terpanggil ketika yang menangis bukan anak sendiri. Hebat kan?

Jika Anak Menangis Tanpa Sebab

Untuk anak, menangis bukan melulu tanda dia sedang sedih. Menangis merupakan cara paling alami untuk memproses semua jenis emosi. Jadi, bisa saja anak menangis karena sedang kesal, frustrasi, ketakutan, kebingungan, atau bahkan sedang senang.

Hanya saja, kemampuan verbal anak masih terbatas serta kesadaran diri untuk memberi penjelasan mengenai perasaannya. Akhirnya, menangis menjadi solusi.

Ketika mendengar seoang menangis, respons pertama yang diucapkan adalah “jangan menangis!”. Sayangnya, respons ini akan membuat anak berpikir kalau orang yang mengucapkannya tidak mengerti perasaannya. Karena itu, usahakan untuk menghindari kalimat tersebut.

Orang tua bukanlah sosok yang harus menghambat anak merasakan emosi tapi mengajarkan pada anak bagaimana merespons emosi tersebut. Tindakan ini merupakan bentuk dukungan pengembangan regulasi emosi anak.

Oleh sebab itu, kamu sebaiknya memperlakukan anak dengan penuh empati dan pengertian ketika dia menangis. Jangan marah atau mengoloknya.

Saat anak menangis, coba alihkan fokus padanya agar dia merasa diperhatikan dan sedikit tenang. Jangan ucapkan apa-apa jika ada hal yang membuatmu marah karena hanya akan membuatnya tambah menangis.

Tarik nafas panjang dan pahami perasaanmu. Pandangi anak dan gunakan suara rendah untuk merespons anak menangis seperti di bawah ini.

10 Kalimat untuk Mengatasi Anak Menangis Tanpa Sebab

Katakan Kamu Tahu Perasaannya

Katakan bahwa kamu tahu betul perasaannya dan akan membantunya meskipun dia berkata tidak membutuhkannya. Kata-kata yang kamu ucapkan tadi akan membuatnya ingat bahwa kamu selalu ada.

Selami Perasaannya

Dengan mengatakan “Bunda tahu kalau ini sangat menyakitkan buatmu,” akan membuat anak tahu bahwa kamu dan dia terhubung. Koneksi ini memungkinkan kamu dan dia merasakan hal yang sama. Kalimat ini memang sepertinya sederhana tapi bermakna dalam.

Tidak Pakai Gemas, Ini 5 Cara Mendampingi Anak Sekolah Online

Belum Terlambat, Ini 8 Cara Menjadi Orang Tua yang Lebih Baik untuk Anak

Katakan Kalau yang Dilakukannya (Menangis) Wajar

Menangis merupakan salah satu luapan emosi dasar manusia dan itu wajar. Kamu bisa mengatakannya kepada anak dengan “Bunda tahu kalau ini membuat kamu sedih, menangis tidak apa-apa kok,”

Kalimat tersebut mengandung penguatan bahwa emosi merupakan hal yang normal. Dia tidak perlu merasa bersalah atau malu. Biarkan dia puas mengekspresikan perasaannya.

Setujui Apa yang Dia Rasakan

Terkadang anak tidak bisa mengenali apa yang memicunya menangis. Kamu bisa membantu anak dengan mengatakan, “Iya sayang, itu memang menyebalkan/menyedihkan,” dengan begitu, dia akan mengetahui apa yang memicu dirinya menangis.

Sebagai orang tua, kamu juga bisa membuat anak mengerti apa yang harus dilakukan.

Mengajaknya Beristirahat

Mengajak anak yang menangis beristirahat akan membuatnya memahami bahwa terkadang manusia perlu menenangkan diri. Masalah tidak bisa diselesaikan dengan baik tanpa pikiran yang jernih bukan? Dan ini didapat dengan hati yang tenang.

Si kecil mungkin saja merasa kelelahan atau bersemangat. Oleh karena itu, dia butuh ketenangan sebelum beraktivitas kembali.

Katakan Kamu Mencintainya

Ucapan sederhana seperti “Bunda mencintaimu” bisa mempererat koneksi ibu dan anak. Saat mengucapkannya, kamu bisa sambil memeluk atau membelainya. Usapan ini akan membuat anak tahu bahwa kamu di sini memang untuknya.

Tawarkan Bantuan

Kadang, anak menangis karena frustrasi akan suatu hal. Oleh karena itu, kamu bisa menanyakan apa yang bisa kamu lakukan untuk mereka. Dengan begitu, dia akan tahu kamu menganggap apa yang dirasakannya penting.

Minta Dia Menceritakan Masalahnya

Mungkin anak masih belum bisa menceritakan apa yang membuatnya menangis tapi paling tidak dia tahu kamu peduli dan memberinya kesempatan bercerita. Suatu saat dia pasti bisa menjelaskannya.

Mengingatkan pada Hal yang Membahagiakan

Kamu mungkin berpikir kalau cara mengatasi anak menangis tanpa sebab ini seperti mengalihkan perhatian. Tapi hal ini dapat membuat mereka mengingat hal-hal menyenangkan. Dengan begitu, perasaan mereka bisa lebih bahagia. Tindakan ini juga bisa membantu anak berpikir rasional.

Mengajak Anak Mencari Solusi

Ketika masalah datang, hal yang harus dilakukan adalah mencari solusi. Itulah yang harus kamu ajarkan. Ajak si kecil mencari solusi dari permasalahannya. Tentang apa yang membuatnya menangis.

Dengan begitu, anak akan bisa melihat permasalahan ini secara objektif dan menentukan solusi terbaik.

Nah, demikian 10 kalimat ajaib untuk mengatasi anak menangis tanpa sebab. Semoga bermanfaat.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *