10 Tata Cara Menjenguk Bayi yang Harus Diketahui
Kategori: Parenting

Bayi yang baru lahir belum memiliki kekebalan tubuh layaknya orang dewasa. Tubuhnya masih rentan terhadap penyakit. Karena itu ada tata cara menjenguk bayi yang harus kamu pahami. Sepele sih tapi hal ini sangat penting soalnya menyangkut kesehatan bayi.

Kamu mungkin merasa bukan orang asing bagi keluarga si bayi tapi tetap saja kamu tidak bisa melihat apa yang sedang kamu bawa. Bisa juga kuman bahkan virus. Kasihan kan kalau bayi yag baru lahir harus sakit selepas kamu berkunjung? Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, simak tips mengunjungi bayi berikut ini.

10 Tata Cara Menjenguk Bayi

Bayi Orang Lain Jangan Dicium

Bayi memang menggemaskan dan membuat siapa pun ingin menciumnya. Tapi tahan! Kamu tidak tahu pasti apakah mulutmu bersih atau tidak. Bisa saja ada kuman atau virus. Sebagai makhluk yang masih lemah, bayi bisa saja tertular penyakit yang kamu bawa. Sudah pernah dengar kan berita bayi baru lahir tertular herpes setelah dicium kerabatnya?

Cuci Tangan

Tangan adalah bagian tubuh yang paling rentan terkena kuman. Belum tentu bersih kan meski dari luar tampak demikian. Karena itu, pastikan kamu membersihkannya setelah sampai di tempat si bayi.

Jangan coba-coba menyentuh bayi tanpa mencuci tangan terlebih dulu ya. Mau mengelus kepalanya boleh asal tanganmu bersih. Jadi, ada baiknya kamu membawa hand sanitizer ke mana-mana. Tapi kalau bisa cucilah tanganmu dengan air dan sabun.

Jangan Beri Makan Bayi

Senang ya kalau lihat bayi makan dengan lahap. Tapi kamu jangan seenaknya memberi dia makan tanpa sepengetahuan orang tua. Kalau kamu diminta memberinya susu formula, jangan ditambahi yang lain. Berikan dia makan sesuai petunjuk orang tuanya. Meskipun bayi tampak lapar, kamu tidak berhak memberinya apa pun kalau orang tuanya tidak tahu. Yang perlu kamu lakukan kali pertama adalah memberitahu orang tuanya kalau bayinya lapar. Kemudian tunggu instruksi selanjutnya.

Mungkin kamu percaya diri karena berpengalaman mengasuh anak. Tapi bisa jadi kondis tiap anak tidak sama. Bisa saja dia alergi terhadap sesuatu yang kamu tidak tahu.

Dukung Ketika Disusui

Saat sang ibu memberi ASI, berilah privasi. Kalau perlu beri dukungan dengan menawarkan bantuan, apakahsi ibu butuh sesuatu. Eits, hal ini juga berlaku untuk pemberian susu formula ya. ASI atau susu formula sama baiknya. Setiap orang tua pasti sudah memikirkan dengan cara apa mereka akan memberi makan anaknya.

Kamu tidak perlu menceramahi kalau ASI-lah yang terbaik. Atau tidak perlu juga memberitahu posisi menyusui yang tepat. Tanyakan saja apakah si ibu sudah merasa nyaman? Jangan tersinggung jika dia memberi isyarat agar kamu menunggu di ruangan lain ya. Tata cara menjenguk bayi ini hendaknya selalu kamu ingat.

Tips Keren Membuat Anak Menurut pada Orang Tua

10 Kalimat Ajaib untuk Mengatasi Anak Menangis Tanpa Sebab

Jangan Dekati Bayi Jika Masih Bau Rokok

Mau perokok aktif atau pasif, jika masih bau rokok jangan dekati bayi. Sebelum menjenguk bayi, pastikan kamu mandi dan ganti baju. Kamu tidak mau kan kalau bayi menghirup racun yang tertinggal pada pakaian dan kulitmu sehabis kena asap rokok.

Jangan Sentuh Bayi Orang Asing

Bayi dari orang yang dikenal saja tidak boleh sembarangan dipegang, apalagi bayi orang asing yang tidak kamu kenal. Biasanya hal ini terjadi di tempat umum. Kalau kamu merasa dia menggemaskan dan ingin berinteraksi, lambaikan tangan saja atau bermain ci luk ba.

Jangan Kritik Metode Kelahirannya

Biasanya orang tua akan menceritakan a-z soal kelahiran si bayi ketika orang-orang datang menjenguk. Mungkin mereka juga akan mengungkapkan metode kelahiran yang ditempuh. Cobalah berempati dengan tidak mengkritik hal itu. Mau pilih Caesar atau metode kekinian lain itu hak mereka. Tentunya semua ini sudah dipikirkan baik-baik. Toh bukan kamu juga kan yang membayar. He

Jangan Bangunkan Bayi

Ini nih yang sering terjadi. Pengunjung merasa berhak membangunkan bayi ketika mereka datang. Padahal tindakan ini tidak sopan dan tidak baik. Ingat, bayi memang kerjanya menangis, minum, dan tidur. Lagi pula saat tidur inilah orang tuanya bisa sedikit beristirahat. Menidurkan bayi bukan perkara mudah lo.

Jangan Lakukan Sesuatu untuk Bayi Tanpa Sepengetahuan Orang Tuanya

Sama halnya dengan memberikan makanan di atas, kamu seharusnya tidak berinisiatif. Misalnya saja kamu harus menjaga bayi sebentar sementara si ibu mandi, kamu melihat kulitnya ruam dan memberikan obat tertentu. Maksud kamu memang baik, tapi memberikan obat kepada bayi tidak sesederhana itu. Bisa saja dia malah alergi dan ruamnya tambah parah.

Jauhi Bayi saat Kamu Sakit

Tunda dulu kunjunganmu kalau badan sedang kurang fit. Mungkin kamu cuma merasa sedang flu ringan, tapi hal itu bisa menular pada bayi. Kalau bayi yang flu, duh, kasihan banget kan? Bukan cuma bayi, orang tuanya juga perlu kamu pikirkan.

Nah, setelah tahu tata cara menjenguk bayi di atas, kamu sudah paham kan bagaimana harus berlaku? Selamat menjenguk bayi.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *