4 Cara Memilih Mainan Anak Perempuan Murah dan Asyik
Kategori: Parenting

Mainan Anak Perempuan Murah – Kamu bisa menciptakan momen menyenangkan bermain bersama anak. Ada berbagai jenis mainan anak perempuan murah dan pasti mengasyikkan. Tidak hanya seru dimainkan, mainan-mainan anak juga hendaknya dapat merangsang kreativitasnya. Lalu apa yang harus dipertimbangkan dalam memilih mainan untuk anak perempuan?

Cara Memilih Mainan Anak Perempuan Murah dan Asyik

Perhatikan Jenis Mainan

Paling tidak, ada 5 jenis mainan yang cocok untuk anak perempuan secara umum. Masing-masing jenis mempunyai karakteristik dan kelebihan tersendiri. Apa saja jenis mainan itu?

Boneka

Sebagian besar anak perempuan senang bermain boneka bahkan menjadikannya mainan favorit. Muncul dalam berbagai bentuk, boneka makin lucu dengan aneka pelengkapnya seperti rumah-rumahan, pakaian, dan lainnya. Berbagai aksesori lucu juga membuat penampilan boneka ini makin cantik.

Selain boneka berbentuk manusia, boneka berbentuk hewan juga sangat digandrungi. Visualnya yang imut dan lucu dibalut dengan kain bulu lembut membuat siapa pun ingin memegangnya terus. Mainan ini seolah menjadi benda wajib yang harus dimiliki.

Apa pun jenis boneka yang dipilih, mainan ini tepat untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak. Coba perhatikan, setiap bermain boneka, anak pasti aktif bercuap-cuap. Dia akan sibuk bercerita bahwa bonekanya sedang berbelanja, memasak, atau berpetualang.

Anak jadi lebih kreatif membuat skenario dan menumbuhkan imajinasnya. Bermain boneka juga relatif aman kok.

Mainan Plastisin

Mungkin kamu akan terkejut dengan apa yang dibuat buah hati dengan plastisin yang kamu belikan. Dengan mainan murah ini, dia bisa membuat apa pun yang dia inginkan. Bisa jadi juga dia akan membuat bentuk benda yang pernah dilihatnya.

Selain itu, mainan ini juga tersedia dalam berbagai warna sehingga bermain makin seru. Kombinasi berbagai warna dapat membuat hasil karya buah hati makin indah. Keunggulan mainan ini adalah tahan lama walau sering dimainkan. Hanya saja, kamu harus menyimpannya jauh dari terik matahari karena bisa mengeras.

Masak-masakan

Sangat normal jika anak perempuan menyukai mainan masak-masakan. Tapi, tidak menutup kemungkinan anak laki-laki juga suka memainkannya. Biasanya, anak akan meniru aktivitas orang lain di rumah termasuk memasak.

Tidak mungkin kan membiarkannya menggunakan alat masak yang asli. Karena itu, membelikannya miniatur peralatan masak merupakan solusi. Anak dapat membayangkan dirinya sedang menyiapkan masakan untuk anggota keluarga atau pelanggan.

Mainan anak perempuan murah ini juga menjadi awal yang baik untuk mengenalkan anak pada alat masak yang sesungguhnya. Pengenalan yang benar akan menghindarkannya dari kesalahan penggunaan. Misalnya kamu mengajarinya memegang pisau dengan benar, menjaga jarak dengan kompor, berhati-hati dengan minyak panas, dan lain sebagainya.

Hati-Hati Obesitas, Tips Menghentikan Kebiasaan Anak Makan Manis

10 Kalimat Ajaib untuk Mengatasi Anak Menangis Tanpa Sebab

Mainan Make up

Selain meniru memasak, anak perempuan juga selalu ingin mengikuti kegiatan ibunya yang lain seperti berdandan. Oleh karena itu, kamu bisa membelikannya mainan make up kit. Anak juga bisa mengekspresikan bakat seninya melalui berbagai warna.

Dengan punya mainan kosmetik sendiri, anak jadi tidak lagi menjamah barang-barang ibunya. Cung, siapa yang sering nangis lihat lipstick kesayangan hancur? Yuk, belikan anak make up kit-nya sendiri.

Mainan block

Jangan salah, anak perempuan juga menyukai mainan block lo. Banyak kok tema permainan block yang cocok dengan gender anak. Dengan block, anak semakin bebas berkreasi. Dia bisa membuat apa saja dengan block.

Sesuaikan dengan Usia Anak

Pertimbangan berikutnya adalah usia. Pastikan mainan yang kamu pilih sesuai dengan usia anak. Kalau mainan itu dimainkan anak-anak di atas usianya, kemungkinan besar sulit dimainkan. Mungkin juga daya nalarnya belum sampai. Tapi jika mainan itu di bawah usianya, dia juga tidak akan tertarik.

Pertimbangan ini juga berkaitan dengan keamanan penggunaannya. Biasanya kamu bisa melihat ini pada label mainan. Peringatannya sangat jelas. Bisa jadi mainan tersebut memiliki partikel kecil yang berisiko tertelan oleh anak. Ngeri ya?

Pilih Mainan Sesuai Bujet

Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk membeli mainan berharga fantastis untuk anak. Sesuaikan saja dengan dana yang kamu siapkan. Anak juga pasti akan senang menerima apa pun mainan darimu. Dia tidak akan peduli di mana kamu membelinya dan berapa harganya.

Kamu mungkin berpikir kalau membelikan mainan mahal akan lebih awet dan bisa diwariskan pada adiknya. Tapi, hal yang mungkin kamu lupa adalah zaman terus berkembang. Bisa jadi, mainan yang kamu simpan sudah tidak sesuai. Belum tentu juga adiknya suka.

Memang bagus jika bisa membeli mainan yang mahal, tapi tidak perlu menjadi keharusan. Belilah mainan dengan bijak.

Mampu Memberikan Stimulasi pada Anak Usia Dini

Mainan seperti Montessori sensory toys, bisa membantu anak mengembangkan dan  menghubungkan koneksi saraf otak anak. Permainan sensori pada anak usia dini bisa mengembangkan kemampuan bahasa, kognitif, motorik halus dan kasar. Permainan ini juga akan melatih koordinasi mata dengan tangan.

Hm, demikian cara memilih mainan anak perempuan murah dan asyik. Mana nih yang mau dibeli dulu?

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *