5 Manfaat Tamanu Oil Original untuk Kulit dan Rambut Sehat
Kategori: Home and Living

Tamanu Oil Original – Kamu sudah pernah dengar belum tentang minyak tamanu dan manfaatnya? Ternyata tamanu oil original kaya akan kandungan asam lemak yang baik untuk kulit lo. Cocok banget untuk digunakan menjadi facial oil atau body oil.

Tahu sendiri kan, saat ini face oil sangat popular di kalangan kaum hawa terutama yang mengandung tamanu. Minyak ini diperoleh dari ekstrak biji pohon cemara yang memiliki nama ilmiah Calophyllum inophyllum.

Di Tanah Air, tamanu oil yang biasanya memiliki warna hijau pekat juga dinamai minyak nyamplung tanah karena yang berasal dari buah nyamplung. Fungsinya sangat banyak. Untuk menggunakannya, kamu bisa langsung mengaplikasikan minyak ini atau mencampurnya dengan bahan lain.

5 Kegunaan Tamanu Oil Original untuk Kulit dan Rambut

Mengatasi Jerawat

Sebel ya setiap bercermin ada saja jerawat yang menghiasi wajah. Masalah yang dialami sebagian besar orang ini umumnya muncul akibat kelenjar di wajah yang memproduksi minyak berlebih, sel kulit mati yang menumpuk, atau infeksi bakteri P acne.

Kamu akan mudah terserang jerawat bila mengalami perubahan hormon, terinfeksi bakteri, kurang memperhatikan kebersihan wajah, mengalami kondisi kesehatan tertentu, dan sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Nah, kamu bisa mencoba mengatasi masalah jerawat dengan minyak tamanu ini. Mengandung berbagai senyawa anti-mikroba, anti-bakteri, dan anti-inflamasi, minyak tamanu dapat meringankan jerawat serta menenangkan kulit wajah yang meradang.

Bukan cuma membantu mengurangi tumbuhnya jerawat, tamanu oil yang mengandung banyak asam lemak seperti asam linoleat, asam stearat, asam palmitat, dan linolenic juga bisa merangsang produksi kolagen dari dalam kulit. Manfaatnya, mengurangi bopeng atau bekas jerawat. Cukup olskan beberapa tetes tamanu pada area kulit yang berjerawat. Biarkan selama semalaman.

Menghilangkan Mata Panda

Manfaat kedua tamanu oil original adalah menghilangkan lingkaran hitam pada sekitar mata atau mata panda. Tahu sendiri kan, mata panda akan merusak penampilan karena wajah terlihat lelah dan kusam.

Berita bagusnya, dalam tamanu oil terdapat asam lemak yang baik untuk merangsang perkembangan sel di sekitar mata. Kalau kamu rutin mengoleskan minyak tamanu di sekitar mata kantung matayang menghitam akan memudar. Eh, hasilnya tidak bisa instan ya. Kamu kudu telaten dan sabar.

5 Resep Masker Wajah Organik Ampuh untuk Usir Jerawat

Selusin Manfaat Jalan Kaki secara Rutin untuk Kesehatan

Membuat Awet Muda

Usia yang bertambah juga akan membuat kulit semakin tua dan kehilangan elastisitasnya. Oleh karena itu, kulitmu akan mudah berkeriput. Biasanya garis-garis halus akan mulai muncul pada pertengahan 30-an atau awal 40-an.

Banyak memang produk anti penuaan yang dijual di pasaran. Itu memang pilihan. Tapi, kamu bisa juga lo menggunakan minyak tamanu untuk mengatasi penuaan dini. Cukup gunakan minyak ini pada daerah kerutan untuk menyingkirkan garis halus.

Kamu juga bisa lo menggunakan tamanu sebagai campuran masker agar wajah tetap kencang dan meregenerasi sel-sel kulit mati. Zat anti-oksidan yang melimpah dalam tamanu bisa menghindarkan kulit dari efek radikal bebas. Radikal bebas ini yang menjadi salah satu sebab kulitmu cepat tua.

Hm, jadi tidak perlu takut cepat tua kan? Yuk, sediakan minyak tamanu di rumah untuk rutinitas skin care-mu.

Menyamarkan Selulit atau Strech Mark

Buat mama-mama yang baru selesai melahirkan dan baper melihat stretch mark di mana-mana, minyak tamanu barangkali bisa jadi solusi. Bentul banget deh, stretch martk atau garis yang timbul pada kulit ini bikin tidak percaya diri. Garis-garis ini timbul karena elastisitas kulit yang berkurang akibat penambahan berat badan.

Hm, tidak heran ya kalau garis-garis ini banyak ditemukan pada ibu yang habis  melahirkan. Namun, bisa juga dimiliki orang-orang yang mengalami perubahan berat badan dari gemuk ke kurus.

Perawatannya mudah kok. Cukup oleskan minyak tamanu pada stretch mark atau selulit. Jangan lupa gunakan secara rutin ya. Perubahan tidak bisa diperoleh hanya dengan semalam. Paling tidak, lakukan perawatan ini selama 14 hari. Baru deh kamu bisa melihat hasilnya.

Menyuburkan Rambut

Manfaat lain minyak tamanu adalah merawat kesuburan rambut. Hair loss atau kerontokan rambut memang membuat penampilan siapa pun terganggu. Oleh karena itu, menjaga rambut tetap sehat dan tidak rontok sangat penting.

Kalau kamu masih bingung harus memakai produk apa, coba deh menggunakan minyak tamanu. Kandungan alaminya disebut-sebut dapat mempertahankan kesehatan rambut bahkan membuatnya tumbuh lebat.

Cukup jadikan minyak ini sebagai minyak rambut secara rutin dan hasilnya akan terlihat. Ambil beberapa tetes minyak tamanu dan usapkan pada kulit kepala. Ingat, oleskan secukupnya saja ya. Jika terlalu banyak dikhawatirkan malah akan memicu ketombe. Setelah 15 menit mengaplikasikan minyak, segeralah keramas.

Kalau mungkin ini cukup merepotkan, pilih saja produk perawatan rambut yang mengandung tamanu oil original. Bagaimana, mau mencoba minyak penuh khasiat ini?

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *