7 Hal yang Akan Kamu Alami saat Hamil Trimester Kedua
Kategori: Pregnancy

Hamil Trimester Kedua – Konon, saat hamil trimester kedua adalah masa-masapaling menyenangkan. Benar tidak ya? Kira-kira apa saja yang akan kamu alami saat mengandung trimester kedua? Tentu semua pertanyaan itu selalu memenuhi ibu hamil yang mendekati trimester kedua.

Pada masa kehamilan trimester pertama, kamu mengalami perubahan fisik dan emosi.  Begitu pula pada trimester kedua ini. Banyak pengalaman yang akan kamu alami dan semua ini normal. Yang penting, persiapkan dirimu.

Tentu saja, semua hal yang akan menunggumu akan berbeda dengan pengalamanmu sebelumnya. Beberapa hal akan membuatmu senang menjalaninya. Tapi, ada juga yang membutuhkan sedikit perjuangan agar kamu bisa melewatinya.

Penasaran apa saja hal yang akan kamu temui pada trimester kedua ini? Yuk, simak ulasan berikut ini:

7 Hal yang Akan Kamu Alami saat Hamil Trimester Kedua

Penuh Energi

Setelah seperti kehilangan tenaga ketika masih menjalani trimester pertama, akhirnya semua energi itu akan kembali. Mood dan emosi buruk akan hilang. Morning sickness yang selalu mewarnai pagimu juga akan pergi.

Tidak ada lagi rasa malas beraktivitas. Pada umumnya ibu hamil akan mengalami pengalaman yang bikin happy pada trimester ini. Kebanyakan merasa energi bertambah. Biarpun perut makin buncit, semangat menjalani kehamilan tetap menyala.

Apa sih yang membuat hari-hari trimester kedua ini indah? Ternyata, tubuh ibu hamil sudah tidak lagi “dipaksa” untuk menumbuhkan placenta. Oleh karena itu, bisa lebih santai menjalani aktivitas.

Mengidam

Sebagian besar ibu hamil pada masa ini telah “sembuh” dari morning sickness dan mual yang selama ini membuat nafsu makan hilang.  Sekarang, pilihan makanan jadi lebih bervariasi. Senang banget kan bisa makan apa saja?

Tapi, ada efeknya nih pada ibu hamil. Karena nafsu makan sedang bagus-bagusnya, kamu jadi ingin makan jenis makanan tertentu. Istilahnya mengidam.

Kalau ini kehamilan pertama, kamu mungkin akan mengira keinginan ini seperti biasa. Jangan salah, mengidam berbeda dengan sekadar ingin. Perasaan ingin ini sangat tinggi sehingga kadang ibu hamil akan sangat kecewa ketika tidak menemukan apa yang dicari.

Kalau sudah begini, suami harus siap sedia mencari makanan apa yang ingin kamu makan. Tidak jarang harus pergi ke tempat yang lumayan jauh untuk mendapatkannya. Tapi, semua ini akan meninggalkan kenangan manis. Yakin deh.

Mengalami Pregnancy Glow

Pernah dengar tidak kalau kulit wanita hamil lebih glowing? Kulit jadi tampak lebih sehat serta bercahaya. Perubahan penampilan ini biasanya membuat ibu hamil lebih percaya diri. Tidak jarang suasana hati juga menjadi lebih baik. Hm, sepertinya ini pengalaman hamil trimester kedua yang tidak ingin diakhiri ya?

Baik untuk Ibu Hamil, 9 Makanan Kaya Protein

Catat, 7 Minuman Kemasan yang Berbahaya untuk Ibu Hamil

Dada Terasa Panas

Sudah senyum-senyumnya karena berbagai perubahan positif di atas? Sekarang ada hal-hal yang kurang menyenangkan yang akan kamu hadapi pada trimester kedua. Salah satunya merasa panas pada dada.

Istilah kerennya hearthburn. Jadi, bagian dadamu akan merasakan sensasi seperti terbakar. Tenang, hal ini wajar kok. Sebabnya, asam lambung yang kerap naik pada kehamilan trimester kedua.

Mendengkur

Kadang, saking nyamannya dengan suasana pada trimester kedua, tidur pun jadi lebih nyenyak. Tapi ada hal yang kurang menyenangkan nih. Kamu mungkin akan mendengkur saat tidur. Hal ini bahkan juga berlaku buat orang-orang yang tidak memiliki kebiasaan ini. Tidak apa-apa kok. Paling cuma suami yang kaget.

Merasakan Beban Tubuh yang Semakin Berat

Berbeda dengan trimester pertama, pada trimester ini kamu akan semakin merasa tubuhmu berat. Maklum, janin semakin berkembang dan bertambah berat juga. Karena tubuh harus menopang berat yang kian bertambah, tidak jarang kamu akan mengalami rasa sakit atau nyeri pada bagian-bagian tertentu.

Beberapa bagian tubuh yang mungkin akan sering sakit adalah kaki dan punggung. Pastikan kebutuhan kalsium kamu tetap tercukupi ya, biar tidak oleng. Tapi, kamu jadi lebih peka pada gerakan bayi karena bobotnya juga semakin berat dan tendangan-tendangan kecilnya semakin bertenaga.

Jadi Pelupa

Saat hamil, setiap organ tubuhmu pasti akan mengalami berbagai perubahan. Nah, perubahan ini biasanya disebabkan oleh hormon atau mungkin lainnya. Tapi, semuanya tetap normal kok.

Salah satu perubahan yang mungkin akan alami adalah menurunnya daya ingat. Kamu jadi gampang lupa pada hal-hal kecil. Yap, kamu akan mengalami “pregnancy brain” yang umum menyerang pada trimester kedua.

Kalau kamu mengalaminya, sebaiknya mulai tulis semua hal dalam catatan atau buku harian. Bisa juga dengan menuliskan apa-apa yang harus dilakukan pada papan pengingat. Letakkan atau tempelkan di tempat yang dapat dilihat dengan mudah seperti pintu kamar atau pintu kulkas.

Dengan begitu, tidak ada hal penting yang akan terlewat. Pregnancy brain tidak akan berlangsung selamanya kok. Semuanya akan kembali normal.

Bagaimana, menarik bukan? Meskipun ada efek buruknya, hamil trimester kedua tetap akan memberi pengalaman yang menyenangkan. Kalau kamu bisa melewati trimester pertama yang lebih berat, kamu pasti bisa melewati masa kedua ini dengan lebih mudah. Tetap semangat ya!

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *