7 Tips Membangun Keluarga Sakinah, Mawaddah, Warrahmah
Kategori: Relationship
keluarga sakinah mawaddah warrahmah

Keluarga Sakinah Mawaddah Warrahmah – Hal yang selalu diharapkan pengantin yang baru memulai berumah tangga adalah menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warrahmah. Tapi apa sih arti sebenarnya dan bagaimana tips membangun keluarga sakinah, mawaddah, warrahmah (samara) itu?

Sakinah berarti ketenangan yang dirasakan suami istri dalam rumah tangga. Mereka merasa tenteram saat dekat satu sama lain. Mawaddah artinya cinta dari istri untuk suami atau sebaliknya. Sementara rahmah berarti menjaga satu sama lain dari hal-hal buruk sebagai tanda kasih dan sayang. Jadi, secara garis besar kunci langgengnya pernikahan bisa diraih dengan tiga hal tadi. Lalu, bagaimana cara mendapatkan keluarga samara?

7 Tips Membangun Keluarga Sakinah, Mawaddah, Warrahmah

Memilih Pasangan yang Sesuai Kriteria

Penting dipikirkan kepada siapa kamu akan menyandarkan hatimu. Menikah bukan untuk sehari atau dua hari lo. Ada begitu banyak konsekuensi yang harus kamu hadapi nantinya. Jangan hanya terpaku pada wajah, tapi perilakunya minus. Nanti kamu sendiri yang akan pusing.

Dalam agama sudah diwanti-wanti untuk memilih seseorang yang seagama. Bukan tanpa sebab, dengan menikah dengan orang yang sama baik agamanya masalahmu akan jauh lebih sedikit. Bisa beribadah bersama bukankah sangat manis?   

Menjalin Komunikasi Intens

Bergelimang harta tapi komunikasi hanya ala kadarnya tentu tidak menyenangkan. Pernikahan butuh obrolan. Dari situ kamu bakal tahu seperti apa karakter pasangan dan apa yang dia inginkan. Melalui obrolan kamu juga punya kesempatan menyampaikan isi kepala dan hatimu.

Biasakan untuk meluangkan waktu dan untuk berbincang-bincang dengan pasangan. Jangan jadikan jarak atau kesibukan sebagai tameng untuk tidak berkomunikasi. Komunikasi adalah hal yang tidak boleh disepelekan.

Mengisi Hari-Hari dengan Penuh Kasih Sayang

Kalau mau rumah tangga tenteram, tentu saja pasangan harus mengisinya dengan kasih sayang. Apa pun kegiatan yang dilakukan hendaknya didasarkan pada rasa cinta untuk pasangan dan keluarga. Hal inilah yang akan membuat rumah tangga semakin kokoh dari hari ke hari.

Suasana di rumah juga nyaman sehingga kamu dan pasangan bisa fokus mengerjakan bagian masing-masing. Jika semua urusan rumah beres, tidak ada yang dikhawatirkan bukan?

Tips Menghadapi Suami Berbohong yang Layak Dicoba Istri

Patut Dicoba! 8 Cara Mengubah Kebiasaan Buruk Pasangan

Intip Yuk Tips Membina Pernikahan Harmonis Menurut Islam

Menjalankan Kewajiban Masing-Masing dengan Penuh Tanggung Jawab

Dalam berumah tangga, tidak benar jika pasangan hanya menuntut hak tanpa menunaikan kewajiban. Pasangan yang memiliki hubungan sehat akan mengerjakan kewajiban masing-masing sebagai tanda tanggung jawab. Tips membangun keluarga sakinah, mawaddah, warrahmah tidak bisa lepas dari hal yang satu ini.

Pembagian kewajiban itu seharusnya sudah dibicarakan sejak sebelum menikah. Bagaimana enaknya atur saja. Kamu tidak perlu terpaku pada adat yang mengatakan istri hanya boleh di rumah. Jika suami mengizinkan, istri juga bisa membantu mencari pendapatan. 

Membangun Keluarga dengan Pondasi Agama

Dengan menjadikan agama sebagai pondasi, setidaknya arah rumah tanggamu jelas. Tujuannya mencari ridha Allah SWT. Oleh karena itu, suami istri akan saling mengingatkan untuk menambah ketakwaan kepada-Nya. Jika ketakwaan semakin tebal, godaan seperti apa pun tidak akan mengganggu keharmonisan rumah tangga. Tuhan selalu bersama orang-orang yang bertakwa.

Pasangan yang selalu membawa Allah dalam setiap tindakan cenderung memiliki rumah tangga yang harmonis dan tenang. Masuk akal sih. Seorang suami yang tidak menyukai tindakan istri akan memiliki cara yang lembut untuk menegur istrinya. Kalau sudah begini, istri mana sih yang tidak bersyukur?

Selalu Bersyukur

Tips selanjutnya adalah selalu bersyukur. Manusia merupakan makhluk yang tidak akan merasa cukup ketika mendapat sesuatu. Hanya dengan senantiasa bersyukur, batin suami istri akan tenang dan merasa cukup akan nikmat yang diberikan.

Bersyukur memang bukan perkara mudah tapi bisa dipelajari. Mulailah dari hal kecil seperti bersyukur telah memiliki suami yang sayang keluarga atau istri yang selalu berwajah teduh. Berhenti membandingkan apa yang kamu miliki dengan orang lain merupakan langkah yang tepat. Ingat, setiap manusia memiliki jalan hidup masing-masing. Tidak perlu saling iri karena hanya akan membuat hidup jauh dari kata tenang.

Saling Setia

Saat kamu yakin pasangan setia terhadapmu, perasaanmu pasti akan tenang. Kamu tidak akan khawatir melepasnya pergi kerja atau meeting dengan kolega atau pergi reuni dengan kawan-kawan lama. Hatimu sudah percaya bahwa dia hanya memandangmu seorang.

Eits, ini juga berlaku pada istri lo. Menjaga pandangan dari laki-laki lain adalah hal yang harus kamu ingat. Untuk mencegah rasa cemburu atau kesalahpahaman yang mungkin terjadi, kamu dan pasangan tidak seharusnya membicarakan lawan jenis secara berlebihan.

Bagaimana pun dia adalah orang kamu pilih secara sadar. Oleh karena itu, konsekuensi yang harus kamu hadapi adalah mencintainya sepenuh hati.

Tips membangun keluarga sakinah, mawaddah, warrahman di atas memang tidak mudah. Tapi dengan ketakwaan dan kesungguhan hal yang sulit pun dapat dilakukan.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *