Ampuh! 7 Cara Mengatasi Suami Kecanduan Game dan Media Sosial
Kategori: Relationship

Mengatasi Suami Kecanduan Game – Sebel banget ya kalau suami lebih fokus pada gawainya ketimbang istri atau anak. Bawaanya ingin banting itu gawai biar dia sadar. Eits, bukan seperti itu ya cara mengatasi suami kecanduan game atau media sosial. Kamu justru menambah masalah baru karena merusak gawainya. Apalagi kalau suami menggunakan gawai tersebut untuk bekerja. Rezeki jadi ikut terancam kan?

Karena itu, sebagai istri kamu kudu menyiapkan cara lain agar suami bisa “bertobat”. Kecanduan game bisa membuat urusan rumah tangga runyam lo. Yuk cepat tangani biar tidak menjadi-jadi!

7 Cara Mengatasi Suami Kecanduan Game dan Media Sosial

Cari Solusi Jangka Panjang dan Lakukan secara Kontinyu

Seperti yang sempat disinggung tadi. Kamu mungkin pernah berpikir untuk menghancurkan smartphone suami atau paling tidak menyembunyikannya. Tapi hal tersebut hanya akan bertahan sebentar. Dia akan bermain lagi ketika memiliki gawai baru atau menemukannya. Yang kamu perlukan adalah solusi jangka panjang.

Kamu perlu terus menerus mengingatkannya untuk berhenti bermain ketika itu sudah terlalu lama. Atau jika mungkin, mintalah dia untuk tidak bermain game atau menyentuh gawai setelah pulang bekerja. Jangan pernah lelah meminta waktunya untukmu atau untuk anak. Dia harus tahu bahwa kebiasaan itu telah membuat hubungamu berjarak.

Dorong Suami Menggeluti Hobi

Tidak ada salahnya lo mendorong suami untuk kembali melirik hobi lama. Hal ini berguna untuk mengalihkan perhatiannya dari game. Jangan hanya mendorong tapi juga mendukungnya. Contohnya, belikan dia sepatu olahraga baru jika dia suka olahraga. Belikan novel jika dia gemar membaca atau yang lainnya.

Teruslah memotivasinya untuk melakukan hobi tersebut. Secara bertahap dia akan mengalihkan perhatian pada hobi. Tapi, usahakan agar dia tidak tahu kalau kamu berniat menjauhkannya dari game ya. Dikhawatirkan, alam bawah sadarnya akan membentuk resistensi dan mementahkan semua usaha kamu. Iya, memang harus sabar.

Pukau dengan Kehadiranmu

Saat perhatiannya tersita pada sebuah permainan, dia akan abai pada segala sesuatu termasuk padamu. Karena itu, cobalah untuk melakukan hal yang tidak biasa agar dia memperhatikan. Misalnya, pakailah sesuatu yang tidak biasa kamu pakai di rumah. Lipstik warna merah, parfum, dan baju berpotongan sedikit seksi bisa menjadi senjata.

Sambut dia dengan senyum semringah dan perhatian ekstra. Saat tahu kamu sedang memberinya perhatian yang plus-plus, dia juga akan melakukan hal yang sama. Jangan heran kalau nanti dia jadi lupa sudah sampai level berapa.

Buat Zona Bebas Gawai

Buat aturan bersama mengenai gawai. Misalnya, gawai tidak digunakan untuk melakukan hal selain menghubungi keluarga, mencari lokasi, atau menerima panggilan penting. Selain itu, simpan saja. Kedisiplinan soal aturan gawai di rumah sangat diperlukan.

Nah, saat melihat suami mencoba patuh kamu juga harus melakukan hal yang sama. Jangan malah melarang suami main game tapi kamu sendiri asyik scrolling media social. Sudah seharusnya kamu menemaninya puasa gawai.

Patut Dicoba! 8 Cara Mengubah Kebiasaan Buruk Pasangan

Supaya Langgeng, Cara Melindungi Pernikahan dari Perceraian

Komunikasikan secara Langsung

Biasanya sih para istri berharap suami mereka akan mengerti dengan sendirinya tanpa diajak bicara. Ini bukan komunikasi namanya. Komunikasi membutuhkan interaksi. Kamu perlu mengajaknya bicara secara langsung; tatap muka.

Memecahkan masalah besar melalui telepon hanya akan membuatnya tidak bisa melepaskan diri. Tidak mau kan setelah menutup telepon darimu dia malah buka aplikasi game lagi?

Libatkan Buah Hati

Sah-sah saja kok kalau kamu melibatkan anak-anak untuk urusan yang satu ini. Biasanya peringatan dari anak-anak akan lebih bisa diterima. Ajak anak untuk sama-sama mengingatkan mengenai “zona bebas gawai”.

Bisa jadi dengan cara mengatasi suami kecanduan game yang satu ini, dia akan semakin memahami bahwa lepas dari kecanduan gawai adalah sesuatu yang penting karena ada anak yang memonitor. Tentu seorang ayah tidak ingin anaknya juga mengalami hal serupa bukan? Apa jadinya jika kelakuan buruk ini juga ditiru sang anak?

Kembalilah Hidup di Dunia Nyata

Berselancar di dunia maya memang mengasyikkan, tapi jangan sampai tenggelam. Sebelum kamu mengkritik suami karena kebiasaannya yang tidak bisa lepas dari gawai, coba deh lihat dirimu juga. Apa kamu juga suka “berenang-renang” di dalamnya?

Kalau iya, ayo deh bersama-sama melepaskan diri agar bisa hidup dengan semestinya di dunia nyata. Jika tidak dalam keadaan mendesak, sebaiknya hindari gawai saat di tengah-tengah keluarga.

O ya kamu boleh kok menerapkan aturan ini pada keluarga yang dating berkunjung dengan memasang tanda “Zona Bebas Gawai” di ruangan-ruangan tertentu. Dengan melihat tanda itu, mereka juga akan mengerti kok.

Lepas dari sesuatu memang tidak mudah. Tapi bukan berarti tidak mungkin. Dengan dukunganmu dan cara mengatasi suami kecanduan game di atas semoga perhatian suami kembali padamu.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *