Apa Saja Tanda Hamil 1 Bulan yang Bisa Dikenali?
Kategori: Pregnancy

Tanda Hamil 1 Bulan – Untuk mengetahui sedang mengandung atau tidak, biasanya wanita akan mengenalinya dengan berbagai gejala awal. Memang ada perbedaan yang biasanya terjadi dan dianggap sebagai tanda hamil 1 bulan. Tanda-tanda awal ini akan disusul dengan terlambat menstruasi.

FYI, mengapa terlambat datang bulan tidak menjadi tanda utama? Hal ini dikarenakan wanita yang datang bulan terlambat belum tentu sedang hamil. Bisa saja hormon sedang tidak seimbang, pola makan yang buruk, stres, dan faktor lainnya.

Kira-kira tanda apa saja yang menunjukkan kalau kamu satu bulan hamil?

8 Tanda Hamil 1 Bulan

Cepat Lelah

Calon ibu akan merasakan tubuh cepat lelah. Hal ini disebabkan adanya perubahan kadar estrogen dan progesterone. Hormon ini akan memengaruhi fisik wanita yang sedang hamil. Jadi tidak heran jika kamu tidak sekuat biasanya. Bahkan ketika melakukan aktivitas biasa, tubuhmu gampang capek.

Kalau kamu merasa cepat lelah padahal tidak beraktivitas berat, bisa jadi kamu sedang hamil muda.

Mengalami Kram Perut

Kram perut bakal kamu rasakan ketika sedang hamil muda. Biasanya cukup ringan seperti saat kamu mengalami menstruasi. Jadi tidak perlu dikhawatirkan. Kalau kram perutmu cukup mengganggu aktivitas, kamu bisa menguranginya dengan mengompres perut. Pilih pengompres yang dilengkapi bantal penghangat dan cukup beristirahat.

Yuk, Kenali Penyebab Sulit Hamil yang Tidak Terduga Berikut Ini

Hati-Hati, Efek Telat Makan saat Hamil yang Harus Diwaspadai

Payudara Membesar dan Lebih Lembut

Saat hamil muda, payudara akan menjadi lebih besar dan lebih lembut ketika kamu menyentuhnya. Kamu bisa merasakan perubahan ini karena biasanya menimbulkan rasa nyeri bahkan sampai ngilu di sekitar payudara. Kalau tanda ini tengah kamu rasakan, bisa dipastikan kamu sedang berbadan dua. Kamu bisa kok mengamatinya ketika mandi. Coba bercermin dan lihat perbedaan payudaramu.

Postur Tubuh Berubah

Wanita yang sedang hamil sudah tentu memiliki bentuk tubuh yang tidak sama seperti saat dalam keadaan tidak hamil. Kalau setelah beberapa minggu berhubungan dengan suami kamu mendapati bentuk tubuhmu tidak sama, bisa jadi kamu hamil. Eh, ini bukan karena kamu banyak makan ya.

Beberapa contoh postur tubuh yang berubah adalah bokong membesar, perut membesar, dan payudara membesar serta lebih lembut. Kadang, karena tidak menyadarinya kamu mungkin akan mengira tubuhmu bengkak.

Mengalami Morning Sickness

Morning sickness merupakan istilah gejala mual yang dialami wanita pada awal masa kehamilan. Tidak cuma mual, kebanyakan wanita juga muntah terutama pada pagi hari hingga menjelang siang. Morning sickness yang dialami tiap wanita hamil muda tidak sama. Faktanya, tidak semua wanita yang sedang hamil mengalami gejala ini pada periode awal kehamilan.

Tapi, ada juga wanita yang mengalami morning sickness hingga menjelang trisemester ketiga. Duh, kebayang kan seperti apa penderitaannya?

Kalau kamu merasakan gejala mual dan muntah, kamu bisamencoba mengonsumsi air jahe atau minuman hangat lainnya. Minuman ini akan membantu mengurangi rasa mual. Jika terus mengalaminya hingga mengganggu nafsu makan, segera konsultaskan dengan dokter kandungan.

Mengeluarkan Flek Darah

Banyak wanita yang salah paham dengan darah yang keluar dari vagina ini. Gejala ini dianggap sebagai darah haid padahal bisa jadi tanda hamil 1 bulan. Walaupun agak mirip, flek darah yang keluar saat hamil memiliki ciri yang berbeda.

Darah flek berwarna lebih pucat. Beda dengan darah menstruasi yang berwarna merah segar. Flek terjadi karena penempelan embrio pada dinding rahim. Sementara, menstruasi karena peluruhan dinding rahim. O ya, karena flek adalah hal yang sangat wajar, kamu tidak perlu panik ketika mengalaminya.

Frekuensi Buang Air Kecil Sering

Wanita yang sedang hamil biasanya lebih sering keluar masuk kamar mandi untuk buang air kecil. Hal ini dialami karena kandung kemih mulai tertekan dengan pertumbuhan janin di dalam rahim.

Penting untuk tidak mengalami dehidrasi karena sering buang air kecil. Kamu harus memenuhi kebutuhan cairan dengan baik dengan minum air minimal delapan gelas per hari. Hal yang perlu kamu ingat adalah jangan menahan rasa ingin buang air kecil. Kamu harus berhati-hati pada infeksi yang mungkin mengintai.

Lebih Sensitif pada Bau

Kamu merasa tidak kalau indra penciuman menjadi lebih tajam? Kalau iya, sangat mungkin kamu sedang hamil satu bulan. Biasanya kamu akan langsung suka atau tidak suka pada aroma tertentu. Bau yang biasanya kamu tidak suka bisa saja tiba-tiba suka.

Tapi bisa juga sebaliknya. Misalnya, kamu yang tadinya suka dengan bau badan suami, mendadak tidak suka bahkan sampai mual. Ini karena penciumannya lebih tajam.

Nah, itu dia 8 tanda hamil 1 bulan yang sering muncul dan bisa kamu kenali. Kalau kamu mendapati ciri-ciri itu, besar kemungkinannya kamu sedang hamil. Untuk memastikan, kamu bisa mengujinya dengan test pack dan memeriksakan diri ke dokter.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *