Bikin Subur, 7 Jenis Makanan Agar Cepat Hamil Menurut Riset!
Kategori: Pregnancy
makanan agar cepat hamil

Makanan Agar Cepat Hamil – Sebagian wanita butuh usaha ekstra untuk bisa hamil. Di antaranya dengan mengonsumsi makanan agar cepat hamil. Selain dengan berhubungan badan saat masa subur, makanan yang tepat juga bisa membantu mempercepat terjadinya kehamilan.

Makanan-makanan berikut ini telah teruji secara klinis cukup efektif membantu para wanita yang ingin cepat dapat momongan. Berikut daftar makanan tersebut yang dilansir dari situs Parents.

Daftar Makanan Agar Cepat Hamil

Kacang-Kacangan

Sudah bukan rahasia lagi jika kacang-kacangan baik untuk ibu hamil dan wanita yang sedang melakukan program hamil. Penelitian dari Harvard School of Public Health mengungkapkan, dari 19.000 responden wanita yang sedang berusaha hamil, 39 persen mengalami masalah kehamilan. Setelah diteliti, mereka memiliki asupan protein hewani yang tinggi.

Dalam penelitian tersebut juga diungkap bahwa mereka yang mengonsumsi kacang-kacangan lebih sedikit mengalami masalah kehamilan. Bisa disimpulkan bahwa kacang-kacangan memiliki manfaat yang tidak bisa diabaikan berkaitan dengan kehamilan.

Sayuran Hijau

Suka bayam dan brokoli? Ternyata kedua sayuran hijau itu termasuk dalam daftar makanan yang baik untuk mempercepat kehamilan. Sebagai informasi, kandungan asam folat di dalamnya cukup tinggi.

Selain itu, juga terdapat vitamin B. Penelitian mengungkapkan bahwa vitamin B dan asam folat bisa meningkatkan ovulasi (pembentukan sel telur pada wanita).

Asam folat nyatanya tidak hanya dibutuhkan wanita. Pria juga memerlukannya agar sperma lebih sehat. Jika sperma sehat, maka risiko keguguran atau masalah genetik pada janin dapat ditekan.

Jadi, jangan lewatkan kedua sayuran hijau ini ke dalam menu harian kamu dan suami ya.

Konsumsi Zat Besi Non Heme

Ada dua macam zat besi yaitu heme dan non-heme. Kamu bisa memperoleh zat besi heme dari makanan hewani. Sedangkan zat besi non-heme didapat dari sumber makanan nabati.

Studi mengungkapkan, wanita yang rajin mengkonsumsi zat besi non-heme ini mampu  menurunkan risiko sulit hamil sebesar 40 persen. Zat besi non-heme bisa diserap tubuh jika mengombinasikannya dengan vitamin C.

Mau tahu jenis makanan apa yang mengandung zat besi non-heme tinggi? Salah satunya biji labu.

Penyebab Sulit Hamil yang Tidak Terduga Ini Perlu Kamu Tahu

9 Makanan Kaya Protein yang Baik untuk Ibu Hamil

Roti Gandum

Tingkat keberhasilan hamil wanita yang mempunyai kadar gula darah tinggi adalah 50 persen. Makanan yang baik adalah roti gandum. Kandungan karbohidrat komplek di dalamnya membutuhkan waktu lama untuk dicerna.

Lamanya waktu mencerna sangat menguntungkan karena membantu menyeimbangkan hormon insulin. Hormon inilah yang berfungsi mengatur gula darah. Jadi kalau kamu kesulitan untuk hamil, mengganti camilan dengan roti ganndum bisa menjadi pertimbangan.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Hal ini bagus untuk mengurangi peradangan yang mungkin muncul. Peradangan sangat mengganggu proses ovulasi, pembuahan, dan pembentukan embrio.

Tidak perlu bingung bagaimana menggunakan minyak zaitun. Kamu bisa memakai sebagai dressing salad. Bisa juga dengan mengganti minyak goring yang biasa digunakan untuk menumis.

Ikan Salmon

Omega-3 tinggi yang terkandung dalam ikan salmon dapat membantu mengatur hormon reproduksi serta meningkatkan sirkulasi darah ke organ reproduksi. Tentunya ini akan sangat membantu bagi pasangan jika istri sulit hamil.

Saking bagusnya, ikan ini juga sering disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Jika ditilik, kadar merkuri ikan salmon lebih rendah dibanding ikan lainnya. Salmon memiliki kemampuan menyerap limbah yang paling sedikit apabila dibandingkan ikan lain. Sekarang tahu kan kenapa harga makanan agar cepat hamil ini lumayan mahal?

Hindari Lemak Trans

Lemak trans sangat berbahaya bagi jantung. Selain itu, lemak “jahat” ini juga bisa membuat tubuh kurang bereaksi dengan insulin. Ini merupakan salah satu sebab menstruasi tidak teratur. Kalau menstruasi tidak teratur, otomatis masa subur juga sulit ditentukan. Kehamilan pun sulit terkendala.

Sebenarnya, ada banyak sekali makanan lezat yang mengandung lemak trans. Apa saja?

Gorengan

Siapa sih oang Indonesia yang tidak suka camilan yang satu ini? Rasanya yang gurih dan harga yang murah menjadi daya tarik tersendiri. Tapi, gorengan mengandung lemak trans yang tidak baik terutama bagi yang sedang ingin hamil. Oleh karena itu, kurangi ya.

Es Krim

Tahu tidak kalau satu porsi es krim mengandung 0.5 gram lemak trans. Kelihatannya memang tidak banyak. Tapi tetap saja tidak baik kalau terus-menerus memakannya.

Margarin/Mentega

Margarin memang bisa membuat masakan jadi lebih gurih dan lebih lezat, tapi cobalah pinggirkan dahulu jika benar-benar ingin hamil.

Popcorn kemasan

Hayo, siapa yang suka makan popcorn sembari nonton film? Sementara hindari dulu ya. Ganti dengan camilan yang lebih sehat dan bebas lemak trans.

Biskuit

Cermat memilih camilan ketika ingin hamil merupakan keharusan. Beberapa jenis biskuit mengandung lemak trans, lo.

Makanan berbahan dasar daging sapi

Kadar lemak trans dalam olahan daging sapi seperti kornet atau abon cukup tinggi sehingga harus dibatasi.

Hm, sekarang sudah tahu kan apa saja makanan agar cepat hamil. Mulai sekarang, yuk perhatikan betul apa yang dikonsumsi demi calon buah hati.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *