Cara Membuat Anak Suka Makan Buah, Biar Nutrisi Tercukupi
Kategori: Parenting
hasil penelusuran terbaik artikel cara membuat anak suka makan buah

Cara Membuat Anak Suka Makan Buah – Banyak orang tua mencari cara membuat anak suka makan buah. Hal ini dikarenakan mengonsumsi buah sangat penting dalam pola makan sehat. Ada banyak nutrisi di dalam buah yang menjadi faktor penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Bagi pertumbuhan anak, mengonsumsi buah memiliki banyak manfaat yaitu:

  • meningkatkan gizi pada anak,
  • membantu menjaga buah hati agar tetap sehat dan bugar setiap hari,
  • mengurangi risiko obesitas pada anak,
  • kualitas makan yang baik juga berpotensi mendukung prestasi anak di sekolah.

Sebagai orang tua, kamu tentu ingin selalu menyediakan makanan yang bergizi untuk mendukung tumbuh kembang anak. Tapi, bagaimana itu bisa tercapai jika anak ogah makan buah? Buat kamu yang lagi bingung membuat anak mau makan buah, simak dulu tips berikut ini!

Cara Membuat Anak Suka Makan Buah dengan Mudah

1. Sajika Berbagai Jenis Buah

Kamu bisa menyuguhkan berbagai jenis buah potong mirip ketika membuat rujak. Selanjutnya, biarkan anak berpetualang dengan rasa di depannya. Jika anak sudah mencicipi berbagai macam buah, anak akan dengan mudah menentukan sendiri buah mana yang dia sukai.

Penting lo untuk memperhatikan selera buah anak. Kalau sudah ketahuan, tidak ada lagi drama ketika harus memakan buah. Anak akan memakannya sendiri tanpa harus diminta.

Kamu mungkin juga akan menemukan selera unik pada anak. Bisa saja dia tertarik dengan buah yang sedikit masam atau dengan cita rasa pedas seperti rujak. Selera itu sulit ditebak.

2. Libatkan Anak untuk Menyiapkan Buahnya Sendiri

Mengajak anak ketika berbelanja buah bisa menjad perkenalan yang baik. Anak juga dapat memilih sendiri buah mana yang ingin dia coba. Setelah di rumah, kamu bisa menyiapkannya.

Kamu bisa lo meminta anak untuk ikut mencuci buah atau mengupasnya. Pada tahap ini, pastikan kamu mengawasinya karena pisau cukup berbahaya untuk anak. Setelah itu, minta anak untuk memotong buah menurut seleranya. Dengan begitu, anak akan lebih tertarik untuk memakan buah yang dia siapkan sendiri.

3. Buat Camilan atau Minuman dengan Bahan Dasar Buah

Biar anak familiar dengan rasa buah namun tidak bosan, menjadikannya aneka minuman buah seperti jus, smoothies, dan es buah bisa dicoba. Resep lain yang bisa kamu coba adalah es krim. Siapa sih yang tidak doyan es krim? Hampir semua anak suka dengan es krim.

Oleh karena itu, manfaatkan kesempatan ini untuk menyajikan es krim buah. Kamu bisa mencoba es krim sederhana dengan bahan buah melalui resep-resep di internet. Dijamin deh, anak tidak akan berhenti mencoba es krim buah yang kamu suguhkan.

Masih ada lagi nih. Coba buat aneka puding dari buah. Selain memiliki rasa yang enak, tampilan puding juga cukup menarik bag anak-anak.

4. Membuat Satai Buah

hasil penelusuran terbaik artikel cara membuat anak suka makan buah bentuk satai buah

Jika biasanya anak makan satai dari daging, kali ini yuk coba membuat satai buah lapis cokelat. Caranya sangat sederhana kok. Siapkan beberapa jenis buah yang sudah dipotong dadu, kemudian tusuk dengan tusuk satai.

Baluri buah dengan cokelat leleh atau cair. Masukkan ke dalam freezer hingga cokelat mengeras. Satai buah cokelat siap dihidangkan. Hm, kalau tampilannya sudah begini, mana mungkin anak akan menolaknya? Sudah pasti ketagihan ya?

Jangan Frustrasi, Ini 7 Tips Membuat Anak Suka Sayur

Tips Agar Anak Suka Ikan yang Harus Dicoba Orang Tua

Catat! 7 Bahan MPASI yang Dilarang untuk Bayi di Bawah 1 Tahun

5. Membuat Kreasi Hiasan Huah yang Lucu

Pada umumnya, anak sangat menyukai sajian makanan yang mempunyai bentuk lucu dan penuh warna. Kreasi ini dapat menjadi cara membuat anak suka makan buah. Kamu bisa membuat bentuk kupu-kupu, bintang, binatang, dan bunga.

Kalau mau lebih seru, ajak juga anak menghias buahnya sendiri. Kamu bisa membantunya memilih bentuk yang diinginkan dan biarkan dia sendiri yang membuatnya. Sebagai hiasan, kamu bisa menawarkan cokelat.

6. Sisipkan Buah-buahan dalam Makanan

Supaya anak mau makan buah, kamu bisa mencoba untuk menyisipkan buah ke dalam menu makanan yang disukainya. Misalnya jika anakmu menyukai sereal, kamu bisa memasukkan buah seperti pisang, buah naga, stroberi, atau jeruk yang telah dipotong kecil-kecil.

7. Menjadi Contoh bagi Anak

Bagaimanapun, anak akan selalu melihat contoh dari orangtuanya. Kalau berharap anak gemar makan buah, maka kamu juga harus terlihat sering memakannya. Selain itu, biasakan untuk menjelaskan apa saja manfaat buah ketika menyajikannya.

Anak suka makan buah karena kebiasaan. Oleh karena itu, bangunlah kebiasaan ini sejak dini. Jika sudah terbiasa, buah bukan lagi makanan yang asing bagi anak.

8. Menanam Buah

Agar anak makin mengenal buah, kamu bisa mengajaknya berkebun untuk menanam buah. Kamu dapat memilih jenis tanaman yang cepat berbuah seperti strawberi. Mengajaknya ke tempat wisata yang menawarkan panen buah juga bisa dicoba lo.

Biarkan anak merasakan sensasi memanen buah sehingga timbul rasa tertarik. Ketertarikan adalah awal dari segalanya. Betul tidak?

Demikian cara membuat anak suka makan buah. Semoga bermanfaat.

Tags: , ,