Cara Memuliakan dan Menghormati Orang Tua Menurut Islam, Wajib Tahu
Kategori: Relationship
hasil penelusuran gambar untuk artikel cara memuliakan dan menghormati orang tua.

Cara Memuliakan dan Menghormati Orang Tua – Sudah semestinya setiap anak tahu cara memuliakan dan menghormati orang tua. Cara ini menjadi pedoman bagi setiap umat Islam, terlebih lagi berbuat baik pada ibu yang telah melahirkan sekaligus merawat kamu sejak kecil. Ingat, surga itu ada di bawah telapak kaki ibu. Tidak mau kan kamu dicap sebagai anak durhaka karena menelantarkan orang tua?

O ya, perlu dipahami bahwa memuliakan orang tua termasuk amalan utama yang wajib dilakukan. Hal ini tertuang dalam Alquran dan hadis:

hasil terbaik penelusuran artikel cara memuliakan dan menghormati orang tua dalam al quran.

Untuk itu, Hanhannah.id akan menyajikan beberapa cara untuk memuliakan serta menghormati orang tua. Simak yuk!

5 Cara Memuliakan dan Menghormati Orang Tua Menurut Islam

1. Selalu Bersikap Rendah Hati dengan Bertutur Kata yang Baik

Selalu bersikap rendah hati dengan berkata yang baik memang tidak mudah. Faktanya, ada banyak hal yang menghalanginya dan membuat anak tidak dapat memenuhi kewajiban dalam berbakti pada orang tua. Biasanya, hal ini terjadi ketika sedang berkonflik dengan orang tua.

Sebagaimana orang yang sedang marah, tidak jarang yang keluar justru kata-kata kasar. Kata-kata itu keluar karena gejolak emosi. Terkadang, bukan hanya perkataan kasar, bisa saja anak melakukan tindakan yang tidak kalah kasar.

Sementara itu, cara memuliakan dan menghormati orang tua dalam ajaran Islam, adalah harus selalu bersikap rendah hati dan bertutur kata yang baik. Dalam Surat Al Isra ayat 23, Allah berfirman agar anak berkomunikasi menggunakan kalimat positif dan sopan santun kepada orang tuanya.

hasil penelusuran terbaik artikel surat dalam alquran yang menjelaskan cara memuliakan dan menghormati orang tua.

2. Selalu Berbuat Baik dan Memprioritaskan Orang Tua

Cara memuliakan orang tua berikutnya adalah selalu berbuat baik kepada kedua orang tua. Selain itu, sudah seharusnya anak memprioritaskan kebutuhan orang tua. Berusahalah untuk mendahulukan kepentingan orang tua ketimbang diri sendiri.

Kamu tentu ingat bahwa menghormati serta mengutamakan kedua orangtua merupakan sumber berkah dan rida dari Allah SWT. Coba deh kamu tengok orang-orang yang memuliakan orang tuanya. Hidup mereka juga mulia kan?

Lagi pula, Rasulullah SAW juga pernah bersabda bahwa surga berada di bawah telapak kaki seorang ibu, sehingga anak pun harus selalu mengabdi kepadanya.

3. Membantu Mewujudkan Impian Orang Tua

Anak memang bukan sarana orang tua untuk meraih mimpi-mimpi yang tidak mampu diwujudkannya. Akan tetapi, sebagai anak, apa kamu tega membiarkan orang tuamu putus asa karena tidak bisa mewujudkan impiannya? Sudah semestinya, seorang anak harus memahami bahwa orang tua telah mengasuh dan membesarkannya tanpa lelah. Mereka juga selalu mendukung dan memastikan kamu memperoleh semua yang terbaik.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu selalu berbuat baik dengan berusaha menyenangkan hati orang tua. Kerjakan setiap orang tua minta sesuatu. Bahagiakanlah hati orang tua dan berikan dukungan supaya mereka bisa mencapai impian yang sempat tertunda karena sibuk membahagiakanmu.

Sulit Akur dengan Mertua? Begini Cara Menghadapinya

Cara Mengatasi Mertua yang Menyebalkan dan Otoriter

Percayalah bahwa kamu tidak akan pernah tahu sampai kapan kamu akan bersama mereka di dunia ini. Jadi, sebelum kamu menyesal karena mereka dipanggil oleh Sang Pencipta, banyak-banyaklah membantu orang tua untuk mewujudkan harapan mereka.

4. Melakukan Segala Perintah Orang Tua

Seorang anak memang sudah seharusnya berbakti kepada kerua orang tuanya. Salah satu cara mmeuliakan dan menghormati orang tua adalah dengan melaksanakan semua perintahnya. Asalkan perintah itu tidak bertentangan dengan agama, kamu wajib mengikutinya.

Berbakti kepada kedua orang tua sangat besar pengaruhnya dalam kunci kesuksesan anak-anaknya. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

hasil penelusuran terbaik gambar artikel cara menghormati orang tua.

Sekarang, kamu tahu kan kenapa kamu bisa melewati kesulitan dan menemukan jalan keluar? Yap, semua berkat doa orang tuamu. Oleh karena itu, jangan selalu menyombongkan diri semua pencapaianmu berkat kerja kerasmu. Kamu hanya tidak tahu namanu disebut-sebut oleh orang tuamu dalam doa pada sepertiga malam terakhir.

5. Merawat Orang Tua yang Telah Berusia Senja

Amal yang paling agung yaitu selalu memuliakan orang tua dan menyayanginya hingga akhir usia. Meski kamu telah berkeluarga, tetapi bukan berarti kewajibannya untuk berbakti dan merawat orang tua sudah selesai. Mungkin hal ini tidak mudah, tapi Allah menjanjikan ganjaran yang berlipat ganda kepada anak yang merawat orang tua.

Mau tahu hadistnya?

hasil penelusuran terbaik artikel cara menghormati orang tua dalam hadist.

Ketika semangatmu untuk merawat orang tua kendor, maka ingatlah pada masa kamu masih kecil. Kamulah yang dirawat sepenuh hati. Dengan sabar mereka mendidikmu dan memberikan segala hal yang terbaik yang bisa mereka berikan.

Semua doa mereka hanya tertuju pada buah hatinya. Berharap selalu dalam lindungan Allah SWT dan diberi kebahagiaan di dunia dan akhirat. Sekarang, giliran kamu yang melakukan hal itu.

Demikianlah 5 cara memuliakan dan menghormati orangtua menurut ajaran Islam yang dapat kamu jadikan panutan. Yuk, jaga dan sayangi mereka sebagaimana mereka mencurahkan kasih sayang kepadamu sejak kecil hingga sekarang!

Tags: , ,