Cara Mendidik Anak Remaja Perempuan Agar Tidak Salah Pergaulan
Kategori: Parenting
hasil terbaik penelusuran cara mendidik anak

Cara Mendidik Anak – Ketika anak perempuan memasuki masa pubertas, orang tua perlu mengawasi anak dengan lebih ketat. Benar, cara mendidik anak remaja putri memang tidak sama dengan cara mendidiknya ketika masih anak-anak. Dengan siapa dia bergaul dan seperti apa orang tua harus tahu.

Memasuki usia remaja, anak perempuan akan terpanggil untuk mencari jati dirinya dan mencoba berbagai hal baru yang dia anggap dapat membuatnya menjadi lebih dewasa. Pada fase inilah anak remaja perempuan dalam kondisi paling labil dan rentan. Akibatnya, lingkungan pergaulan dapat membuatnya terpengaruh.

Tidak ingin anak perempuan kesayangan tergelincir pada pergaulan yang salah kan? Yuk, simak tips mendidik anak perempuan berikut ini.

7 Cara Mendidik Anak Remaja Perempuan

Perkuat Pendidikan Agama dan Moral Anak Sejak Dini

Jika anak memiliki dasar pendidikan agama serta moral yang kokoh, dia tidak akan mudah terjerumus dalam pergaulan yang buruk. Mengapa? Karena dia bisa membedakan mana yang benar dan salah.

Yang dimaksud bukan sekadar melakukan ritual agama, tapi juga esensi. Pemahaman inilah yang akan mencegahnya berbuat melenceng. Ada kan orang yang tampil religius dari luar tetapi kelakuannya tidak mencerminkan agamanya? Hal ini terjadi karena pemahaman agama dan moral yang kurang.

Miliki Pola Didik yang Sama dengan Pasangan

Orang tua harus memiliki visi yang sama agar dapat bersinergi. Anak akan bingung jika pola asuh antara ayah dan ibu tidak sama. Dia butuh sosok ayah dan ibu sebagai sahabat yang hadir pada masa pencarian jati dirinya. Dengan begitu, anak akan paham dan yakin bahwa orang tuanya adalah tempat terbaik untuk berbagai cerita atau menemukan solusi.

Sinergi pengasuhan yang kuat antara orang tua dapat menjadi ikatan yang kuat dengan anak. Pada akhirnya, hal ini akan menjadi benteng pertahanan untuk tidak terjerumus pada pergaulan yang salah.

Pilih Lingkungan dan Sekolah yang Baik

Pada usia SMP, orang tua harus mengawasi pergaulan anaknya seperti dengan siapa anak bergaul. Ada baiknya ketika hendak masuk SMP, orang tua benar-benar memilih sekolah terbaik. Yang dimaksud dengan sekolah terbaik bukan sekolah dengan biaya mahal tapi reputasi yang baik.

Orang tua bisa kerjasama dengan guru dan sekolah dalam memantau pergaulan anak selama di sekolah. Biasanya hal ini hanya bisa dilakukan di sekolah yang peduli dengan siswa didiknya.

Luangkan Waktu untuk Kegiatan yang Bermanfaat

Cara mendidik anak perempuan usia remaja selanjutnya adalah mengajaknya meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat. Kegiatan ini bisa berupa mengasah bakat atau menggali minat. Ingat, anak tidak hanya butuh pengetahuan dari sekolah. Dia butuh skill lain agar dapat melihat dunia dengan lebih luas.

Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa pergaulan yang salah bisa terjadi ketika banyaknya waktu yang terbuang sia-sia. Jika diisi kegiatan yang berguna, anak tidak akan berpikir untuk melakukan hal yang menyimpang.

4 Cara Memilih Mainan Anak Perempuan Murah dan Asyik

Mainan Edukasi Anak 1 Tahun Terbaik yang Sebaiknya Dimiliki

Hak Anak di Rumah yang Seharusnya Dipenuhi Orang Tua, Apa Saja?

Batasi Pergaulan dan Jam Keluar Anak

Mungkin bagi anak hal ini kejam karena membatasi keleluasaannya pergi keluar. Tapi, hal ini penting untuk mengurangi “kerugian” yang mungkin ditimbulkan jika dia berbuat menyimpang. Langkah ini juga bisa diadopsi sebagai cara mendidik anak laki laki remaja.

Sebaiknya, orang tua hanya membiarkannya bergaul dengan di lingkungan dan dengan teman-teman yang memberi pengaruh positif.

Berikan Pengetahuan untuk Membuka Cakupan Wawasan yang Luas

Pengetahuan memang bukan menjadi satu-satunya jaminan anak tidak melanggar batasan. Tapi setidaknya dia tahu ada pilihan yang lebih baik dan setiap dampaknya. Sebaliknya, anak tidak akan tahu punya banyak pilihan dengan wawasan yang minim.

Lalu, bagaimana seorang anak terpelajar tetap “tersesat” di jalan yang salah? Ada banyak faktor yang membuatnya berbuat sembrono. Bisa saja karena hubungannya yang tidak baik dengan orang tua sehingga dia memilih pelampiasan yang ekstrem.

Jelaskan Dampak Apa yang Akan Diterimanya Jika Menyimpang

Beritahu anak apa saja dampak yang mungkin akan diterimanya jika berbuat tidak baik. Berikan pengertian mengapa hal tersebut dilarang. Jika anak adalah tipe rasional, orang tua perlu memberikan penjelasan yang masuk akal.

Dengan mengetahui setiap dampaknya, anak dapat memilih mana yang menurutnya baik atau buruk untuk dilakukan. Berikan edukasi dengan nyaman, bersahabat, dan beri contoh kasus-kasus yang sudah ada. Jangan lupakan dukungan untuk anak sehingga dia tidak merasa tertekan.

Cara mendidik anak dengan baik tidak bisa dilakukan sehari atau dua hari. Orang tua perlu memulainya sedini mungkin agar lebih bisa diterima dan dijadikan pedomannya. Komunikasi yang lancar juga bisa menjadi awal yang baik untuk mencegah hal buruk.

Dengarkan setiap kata dari anak. Jangan langsung menghakiminya jika mencium pelanggaran. Beri dukungan untuk berubah demi masa depannya. Hm, berat ya? Menjadi orang tua memang berat tapi jangan berhenti belajar. Demikian cara mendidik anak khususnya perempuan. Semoga bermanfaat.

Tags: ,