Cara Menjadi Menantu yang Baik Agar rumah Tangga Tenteram
Kategori: Relationship

Menjadi Menantu yang Baik – Jatuh cinta adalah satu hal, menikah adalah hal lain tapi membangun hubungan baik dengan mertua adalah keseluruhan permainan. Yap, untuk menjalani pernikahan bahagia, kamu perlu tahu cara menjadi menantu yang baik untuk mertua. Terkadang, hal ini menjadi sangat tricky. Khususnya jika mertua memiliki kelas tertentu.

Tentu saja kamu tidak bisa mengontrol mertua atau mengubah pribadi mereka. Tapi ada kok hal-hal yang bisa kamu lakukan sebagai menantu untuk menghindari konflik dan membangun hubunga baik dengan mereka. Penasaran?

7 Cara Menjadi Menantu yang Baik

Jangan Bandingkan Mertua dengan Orang Tua

Kamu harus sadar bahwa mereka semua berbeda. Otomatis, mereka akan memperlakukanmu dengan berbeda pula. Kamu pun tidak seharusnya mengharap mereka melakukan hal atau memberi reaksi yang sama pada apa yang kamu lakukan. Terimalah orang tua pasangan apa adanya dan semoga mereka juga menerimamu apa adanya.

Lagi pula, siapa sih yang suka disbanding-bandingkan? Kamu juga pasti akan keberatan jika dibandingkan dengan sikap anaknya kan?

Rencanakan Berlibur Bersama

Jika ada libur panjang, jangan sia-siakan hanya untuk mager di rumah. Coba deh rencanakan liburan bareng mertua. Usahakan jangan mendadak agar mereka bisa mempersiapkannya. Liburan bersama dapat mempererat hubungan. Pikirkan semua dengan matang seperti dekat dengan tempat makan, klinik, dan ramah orang tua.

Hm, siapa sih yang tidak sayang sama mantu yang super perhatian seperti ini? Tapi, hormati keputusan mereka jika tidak ingin ikut. Setidaknya kamu sudah berusaha.

Tawarkan Bantuan Jika Kamu Bisa

Jadilah tamu yang baik di rumah mertua selama akhir pekan atau ketika diundang makan. Bawalah buah tangan sederhana atau pelengkap hidangan. Kamu juga bisa dating lebih awal untuk membantu menyiapkan meja makan. Bantuan sederhana bisa sangat menyentuh lo.

Setelah makan jangan langsung ngacir. Tidak ada salahnya kan kalau membantu membereskan meja makan dan memasukkan sisa makanan ke dalam lemari penyimpanan. Membantu mertua selalu jadi cara menjadi menantu yang baik paling mujarab.

Biarkan Mertua Memanjakan Anakmu

Kakek-nenek ikut memanjakan cucu-cucunya. Itu sudah satu paket. Kamu akan kesulitan menghindarinya. Izinkan mereka memainkan perannya seperti memberi hadiah untuk anak atau membawa mereka keluar untuk membeli es krim.

Selama perginya tidak keluar negeri, anak-anak akan baik-baik saja. Jika mereka sudah terlalu memanjakan anak seperti membelikan mainan yang terlalu banyak sampai-sampai rumahmu penuh, ucapkan terima kasih atas kebaikan mereka dan dengan sopan minta mereka menyimpan mainan tersebut di rumah mereka. Katakan jika nanti anak-anak menghabiskan waktu di rumah mereka, sudah tidak perlu bawa mainan lagi.

Dengarkan Nasihat Mertua Walaupun Tidak Kamu Ambil

Salah satu tabiat orang tua adalah suka menasihati. Jangankan masih keluarga, orang lain pun akan dinasihati. Hal ini lumrah. Kamu tidak perlu mamaksa mengikuti anjurannya jika memang tidak sesuai. Yang paling penting adalah attitude-mu ketika mereka menyampaikannya. Dengarkan sampai selesai dan beri respon.

Kenyataanya, tidak semua nasihat match dengan keadaan dan kondismu. Jadi, mereka pasti akan paham mengapa kamu tidak megambilnya. Jika mereka memaksa, beri pengertian bahwa kamu ingin diberi kesempatan menyelesaikannya sendiri.

Intip Yuk Tips Membina Pernikahan Harmonis Menurut Islam

Ini Lo Ciri Mertua Cemburu dan Cara Mengatasinya

Jangan Bicarakan Keburukan Pasangan di Depan Mertua

Jangan pernah berbicara tentang keburukan pasangan kepada mertua. Mereka tidak akan pernah menjadi pendengar yang baik ketika anaknya kamu jelek-jelekkan. Akan lebih banyak hal buruk yang terjadi dan yakinlah kamu tidak menginginkan ini. Lebih lagi, kamu tidak akan mau jika mereka nanti mencampuri urusan rumah tanggamu.

Sepertinya, masalah ini akan bagus jika dibahas oleh kamu dan pasangan sebelum menikah. Bahwa tidak membicarakan masalah dengan pasangan kepada orang tua sendiri atau mertua adalah hal terbaik. Semua orang tua pasti membela anaknya dan oang lain pasti yang salah. Nah, bagaimana kamu bisa dicap sebagai menantu yang baik jika tampak “jahat” terhadap anak mereka?

Berterima Kasih pada Mereka Karena Telah Membesarkan Pasanganmu

Jika kamu memang setuju bahwa pasanganmu baik, sudah tentu seharusnya kamu berterima kasih mereka telah melahirkan dan membesarkannya. Kamu mengatakan ini bukan cuma ingin memenangkan hati mereka, tapi karena benar-benar bersyukur.

Seperti apa karakter anak tidak lepas dari didikan orang tuanya. Dari mereka kamu juga bisa belajar banyak bagamana membesarkan seorang dengan baik bahkan belajar dari kesalahan mereka. Orang tuamu dan mertua adalah guru yang nyata.

Selain 7 cara menjadi menantu yang baik di atas, kamu perlu mengupgrade dirimu. Menjadi seseorang yang lebih baik dan berkembang itu perlu lo. Hal ini bukan semata-mata agar mertua sayang dan bangga. Tapi demi kebahagiaanmu juga.

Jangan hanya sibuk membuat orang lain suka tapi kamu melupakan dirimu sendiri ya. Lagi pula menjadi seseorang bernilai lebih akan mendatangkan banyak keuntungan tidak terduga. Setuju?

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *