Cara Menyembuhkan Pernikahan Beracun buat Kamu yang Masih Sayang
Kategori: Relationship

Pernikahan Beracun – Beberapa orang mungkin sudah kadung putus asa saat menyadari dirinya terjebak dalam hubungan penuh racun. Jauh lebih berat ketika dia masih menyimpan rasa cinta. Ada lo cara menyembuhkan pernikahan beracun asalkan mau sedikit berusaha. Masih ada kemungkinan hubungan itu diselamatkan. Kamu tidak perlu tenggelam dalam kesedihan berlarut-larut.

Buang dulu rasa sedih yang kamu rasakan ketika ekspektasi kehidupan rumah tanggamu tidak berjalan mulus. Keharmonisan yang kamu impikan semakin jauh seiring sifat pasangan yang penuh bisa. Berikut ini beberapa tips untuk menjadikan hubunganmu dengan pasangan lebih sehat.

Cara Menyembuhkan Pernikahan Beracun

Syarat untuk menerapkan cara-cara di bawah ini adalah cinta yang masih ada di hati kedua belah pihak dan pasangan bersedia untuk berubah. Yuk, simak langkah-langkah berikut ini:

Komunikasi

Hal paling pertama yang harus dilakukan adalah berkomunikasi. Pasangan perlu tahu seberapa menderitanya kamu selama ini dengan semua sifat buruknya. Eits, jangan langsung menyalahkan ya. Jangan buat dia tambah “menyiksamu” karena cara penyampaian yang terlampau barbar.

Ajak dia ke satu tempat favoritnya jika memungkinkan. Di kamar tidur juga tidak masalah. Katakan ada hal penting yang ingin kamu sampaikan. Segera utarakan isi hati selagi ada kesempatan karena biasanya pasangan beracun enggan menjadi pendengar yang baik. Lihat reaksinya. Jika dalam langkah ini dia mau mengubah sikap, kamu nggak perlu melakukan langkah berikutnya.

Hilangkan Trauma

Untuk mengajak orang lain sembuh, kamu juga harus sembuh. Itu pun kalau masih ingin bersamanya. Berpikirlah saat itu pasangan masih “sakit” sehingga tindakan dan ucapannya di luar kendalinya. Mengalami hal buruk dalam pernikahan merupakan hal yang normal. Pasangan yang paling bahagia sekalipun pernah berada dalam kondisi pernikahan yang buruk.

Maafkan Diri Sendiri

Mungkin timbul rasa bersalah dalam dirimu mengenai sikap buruk pasangan. Kamu menganggap kamu punya andil dalam implementasi sikapnya sehari-hari. Maafkan dirimu sendiri dan kembalikan rasa percaya dirimu. Yakinlah bahwa semua akan baik-baik saja. Setiap orang pernah berbuat kekeliruan dan cinta datang untuk memperbaiki semuanya.

Saat kamu telah menerima keadaan dirimu, langkah berikutnya akan lebih mudah. Kamu pasti bisa kalau berusaha menerapkan cara menyembuhkan pernikahan beracun ini.

Hadirkan Pengingat

Kamu dapat memajang foto pernikahan di meja kerja atau mamasangnya di dinding menghadap kamar tidur sebagai pengingat bahwa kamu dan pasangan pernah merasa bahagia dan sangat mungkin untuk merasakannya lagi. Kamu dan dia perlu diingatkan untuk memelihara kasih saying dan cinta.

Ingatlah saat itu tidak ada yang bisa menghalangi cinta kalian. Tidak ada waktu untuk memelihara sifat racun yang akan menyakiti hati pasangan. Kamu juga bisa pelan-pelan mengenang kembali momen kebersamaanmu dengan pasangan untuk mengingatkan siapa dirinya.

Patut Dicoba! 8 Cara Mengubah Kebiasaan Buruk Pasangan

16 Tanda Pernikahan Beracun yang Sering Tak Disadari (part 1)

Menghayati Hakikat Pernikahan

Pernikahan ada karena dua orang mencintai ingin bersatu menghadapi dunia. Bagaimana kerjasama ini bisa berlangsung baik jika salah satunya terus terusan merasa takut, khawatir, dan sedih? Sudah seharusnya pernikahan melibatkan kelembutan, rasa kasih, dukungan, dan keamanan.

 Bukankah memiliki pernikahan yang bahagia menjadi impian setiap orang? Jadi kalau ternyata dalam perjalanannya itu tidak bisa terpenuhi, kamu perlu memikirkan jalan lainnya.

Rehabilitasi

Kalau pasangan memahami apa yang kamu sampaikan tetapi tidak tahu apa yang harus dilakukannya meski kamu sudah memberi tahu, ajak dia melakukan konseling pernikahan. Dukung dia untuk berani datang ke kelas karena biasanya mereka tidak mau mengakui kekurangannya.

Di sinilah semua ego dapat dilebur. Yang tersisa bukan lagi aku dan kamu, tetapi kita. Persis saat mengucapkan janji suci di mana pasangan harus saling mencintai, menghormati, dan membahagiakan. Semuanya tidak bisa tercapai kalau cuma salah satu yang berusaha kan?

Bersabar dan Berdoa

Terkadang, butuh waktu untuk menunggu seseorang selesai menjalani masa “rehabilitasi”. Konsultan pernikahan atau psikolog akan memberitahu kapan hasil akan terlihat. Bersabar adalah hal yang perlu kamu lakukan. Selalu ada proses dalam meraih suatu hal termasuk menyehatkan pernikahan.

Tidak Perlu Diselamatkan

Sayangnya, tidak semua pernikahan beracun dapat disembuhkan. Kamu tidak perlu menyalahkan diri sendiri jika hubungan kalian tidak bisa dipertahankan. Terimalah bahwa terkadang orang bisa saja tidak berhasil. Tapi, pasti ada sisi positifnya. Kamu tidak akan lagi merasa tertekan dengan sikap pasangan.

Bagi sebagian orang, berpisah merupakan hal yang menakutkan. Berbagai perasaan dan pertanyaan pasti akan membayang setiap saat. Tapi percayalah, terkadang, berpisah lebih baik ketimbang bertahan dengan hati yang hancur. But, life must go on.

Jadi, sepertinya HanHannah.id harus mengatakan bahwa semua cara menyembuhkan pernikahan beracun di atas akan berhasil pada satu orang dan tidak untuk yang lain. Tapi ingat satu hal, kamu berhak untuk bahagia setelah semua hal yang terjadi.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *