Catat! 7 Bahan MPASI yang Dilarang untuk Bayi di Bawah 1 Tahun
Kategori: Parenting
bahan mpasi yang dilarang

Bahan MPASI yang Dilarang – Pada umumnya sejak berusia enam bulan,bayi telah diberikan makanan pertama seperti bubur, daging, ikan, aneka bua, dan sayur. Karena baru tahap pengenalan, tekstur tentu harus disesuaikan berdasarkan perkembangan bayi. Tapi, sebaiknya orang tua tidak asal membuat Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) dengan bahan sembarangan. Ada bahan MPASI yang dilarang untuk dikonsums bayi di bawah 1 tahun.

Pemilihan bahan yang tepat perlu diperhatikan karena makanan dan minuman yang kurang sesuai akan membahayakan pencernaan. Kira-kira bahan apa saja ya yang dilarang untuk usia di bawah 1 tahun? Yuk simak!

7 Bahan MPASI yang Dilarang untuk Bayi di Bawah 1 Tahun

Buah Rasa Asam

Tidak semua buah aman untuk dijadikan makanan pendamping ASI. Contohnya buah dengan rasa asam seperti jeruk, lemon, dan anggur. Buah-buahan ini dapat membuat bayi mual. Bukan cuma itu, buah dengan cita rasa asam juga akan merusak gigi.

Selain menimbulkan mual dan berpotensi merusak gigi, buah dengan rasa asam juga bisa saja membuat bayi diare. Maklum, bayi di bawah satu tahun belum bisa mencerna makanan dengan sempurna. Tunggulah sampai bati berusia 2 tahun jika kamu ingin mengenalkan buah-buahan ini.

Kacang-kacangan Utuh

Kacang-kacangan memang mengandung banyak manfaat untuk tubuh. Tapi, perhatikan tekstur kacang-kacangan ketika memberikanya untuk bayi di bawah satu tahun. Dalam bentuk utuh, kacang-kacangan dapat membuat bayi tersedak.

Kacang utuh juga bisa mengganggu pencernaan bayi. Oleh karena itu, pastikan teksturnya lebih lembut sepeti selai kacang. Berikan porsi yang cukup agar tidak ada gangguan pencernaan akibat konsumsi kacang yang terlalu banyak. Jangan lupa pastikan bayi tidak alergi kacang ya.

Madu

Siapa sangka minuman alami ini mengandung bakteri. Namanya Clostridium Botulinum dan dapat menyebabkan keracuan pada bayi di bawah satu tahun. Keracunan ini biasa disebut botulisme.

Jangan salah, racun yang dihasilkan oleh bakteri Clostridium Botulinum ini dapat menyerang sistem saraf otak bayi. Efeknya sungguh mengerikan, bayi bisa saja lumpuh.

Kalau kamu ingin memberi rasa manis pada makanan bayi, kamu bisa mencampurkan buah atau sayuran yang berasa manis. Dibanding madu, rasa manis dari buah dan sayur tidak membahayakan kesehatan bayi. Lagi pula, buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi. Tapi, pastikan teksturnya tepat ya.

Minuman Berkafein

Jangan mentang-mentang sudah mulai makan, bayi diberi minuman berkafein. Kopi, teh, dan minuman bersoda lainnya dapat menyebabkan bayi di bawah 1 tahun sakit kepala, kekurangan kalsium, dan kerusakan pada gigi.

Oleh sebab itu, kamu sebaiknya cuma memberikan air susu ibu dan air putih untuk bayi. Hal ini bertujuan untuk menghindari keracunan serta gangguan kesehatan pada si kecil.

Hati-Hati Obesitas, Tips Menghentikan Kebiasaan Anak Makan Manis

Tips Agar Anak Suka Ikan yang Harus Dicoba Orang Tua

Jangan Frustrasi, Ini 7 Tips Membuat Anak Suka Sayur

Sayur dan Buah Bertekstur Keras

Buah-buahan dan sayur mayor memang sangat dianjurkan. Tapi sayur dan buah bertekstur keras dan berukuran terlalu besar bisa menjadi bahan MPASI yang dilarang. Bayi bisa tersedak karenanya.

Pastikan untuk melembutkan teksturnya sehingga aman untuk bayi. Bisa juga dengan memotongnya sekecil mungkin. Mungkin waktu memasak akan lebih lama, tapi semua itu demi kesehatan buah hati kesayangan.

Hidangan Laut

Seafood atau hidangan laut seperti kerang, udang, lobster, cumi, dan kepiting berisko menyebabkan alergi kulit pada bayi. Ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu jenis kulit bayi serta kemungkinannya alergi makanan laut.

Sebagai informasi, beberapa bayi mengalami gejala alergi lainnya seperti pusing atau mual. Jadi, sebelum mencoba mengenalkannya pada makanan laut, sebaiknya lakukan tes alergi di rumah sakit atau berkonsultasi pada dokter.

Selain itu, terkadang ada bayi yang tidak terlalu suka dengan aroma hidangan laut. Jangan sampai dia mogok makan ya.

Susu Sapi Murni

Bayi di bawah satu tahun sebaiknya tidak diberikan susu sapi murni. Sistem pencernaan bayi yang belum sempurna belum bisa “menaklukkan” kandungan susu murni.

Pencernaan bayi di bawah satu tahun yang mengonsumsi susu sapi murni bisa saja mengalami infeksi. Kalau memang ingin, kamu dapat memberikannya susu formula sesuai usia atau susu yang telah diproses menjadi Ultra High Temperature (UHT). Susu jenis ini lebih mudah dicerna oleh bayi dan bebas bakteri.

Memang ya, mengenalkan makanan dan minuman pendamping ASI pada si buah hati tidak mudah. Kamu butuh kesabaran ekstra serta ketelatenan. Akan lebih baik jika kamu berkonsultasi kepada dokter sebelum memberikan MPASI.

Dengan demikian, kamu tidak akan mengkhawatirkan makanan apa saja yang bisa dikonsumsi bayi. Informasi yang benar juga akan membuat proses pengenalan MPASI bayi akan berjalan menyenangkan.

Demikian 7 bahan MPASI yang dilarang diberikan untuk bayi di bawah 1 tahun. Semoga bermanfaat.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *