catat, 7 minuman kemasan yang Buruk untuk Ibu Hamil
Kategori: Pregnancy

Minuman Kemasan yang Buruk – Hayo ngaku siapa yang doyan sama minuman kemasan? Hm, waktu sehat saja konsumsi minuman dalam kemasan harus dibatasi, apalagi saat hamil. Lalu apa saja minuman kemasan yang buruk untuk ibu hamil? Apa dampak mengonsumsi minuman tersebut? Mau tahu? Yuk simak ulasan berikut ini biar makin tahu informasi seputar kehamilan.

Eits, sebelum membahas minuman ini satu persatu, kamu harus tahu kalau asupan gula yang dibutuhkan tubuh adalah 50 gram. Jika kamu mengonsumsi gula lebih dari itu, pankreas dan organ lain akan butuh usaha ekstra untuk mencernanya. Nah, termasuk kalau ketambahan minuman kemasan yang mengandung banyak gula. Bagi ibu hamil, ini perkara penting. Hm, apa saja ya minuman kemasan yang tidak baik?

7 Jenis Minuman Kemasan yang Buruk untuk Ibu Hamil

Jus Buah Kemasan

Kamu mungkin merasa aman ketika mengonsumsi jus buah kemasan karena tertera kata-kata seperti alami, bebas pengawet, pewarna, dan lain sebagainya. Tapi coba deh tengok table atau komposisi pada kamasannya. Kebanyakan produk jus kemasan pabrikan, telah dipasterurisasi. Gunanya untuk membunuh bakteri supaya lebih awet.

Masalahnya, dalam proses tersebut banyak nutrisi yang hancur. Perebusan ini juga bertujuan mengumpulkan kadar gula sehingga jus akan lebih manis. Jus ini dibuat dari keseluruhan buah dan meninggalkan fibrosa yang membantu menghambat penyerapan gula ke dalam darah. Malah tidak jadi menyehatkan kan?

Hati-Hati, Efek Telat Makan saat Hamil yang Harus Diwaspadai

Doyan Banget, Tapi Bolehkah Makan Pedas saat Menyusui?

Minuman Bersoda

Kamu pasti sudah tahu kalau minuman bersoda tidak baik dikonsumsi apalagi saat hamil. Bayangkan saja, satu kaleng cola setara dengan 8 sendok gula. Jumlah ini jelas melebihi batas yang dianjurkan. Lagi pula tidak baik lo ibu hamil mengonsumsi soda.

Minuman Diet

Mungkin kamu tertarik karena ada embel-embel “bebas gula” pada kemasannya. Tapi sayangnya, minuman ini tidak lepas dari pemanis buatan. Kalau rutin mengonsumsi minuman ini, berat badanmu bisa bertambah. Walaupun kamu harus menambah berat badan selama hamil, tapi pemanis buatan tidak baik dijadikan sumber. Kalori yang tidak terukur memicu obesitas pada ibu, bayi, atau keduanya. Duh, jadi nimbun masalah baru kan?

Smoothies

Tahu tidak kalau smoothies mengandung lebih banyak gula dibanding soda? Yap, jangan tertipu dengan warna smoothies yang hijau dan terlihat sehat. Smoothies dalam kemasan sudah pasti dipasteurisasi dan telah kehilangan nutrisi pentingnya. Cek dulu komposisi yang tertera dalam kemasannya ya.

Minuman Bervitamin

Kamu memang butuh banyak vitamin agar perkembangan bayi optimal. Tapi minuman bervitamin dalam kemasan bukan solusi. Produk ini justru tidak baik karena mengandung perisa dan gula. Hampir sama dengan minuman bersoda, kandungan gula dalam minuman bervitamin bisa mencapai 8 sendok atau setara dengan 31 gram.

Sweet Nut Milk

Belakangan ini banyak yang mempertanyakan produk ini. Sebagian besar orang mungkin mengira produk ini aman bahkan mereka juga menambahkan kopi ke dalam susu kacang ini. Sayangnya, susu kacang manis dalam kemasan bahkan yang berbahan baku almond tetap tidak baik. Mengapa? Karena kandungan pemanis buatan di dalamnya.

Flavoured Water

Air kemasan dengan rasa ini memang menyegarkan diminum ketika panas. Apalagi saat hamil, suhu tubuh meningkat. Minum flavoured water dingin terdengar sangat menggoda. Tapi lagi-lagi minuman kemasan ini tidak baik untuk kehamilan.

Beberapa minuman bahkan mengandung lebih banyak gula dibanding minuman bersoda. Karena itu sebaiknya dihindari ya.

Dampak Minuman Kemasan pada Ibu Hamil

Setelah tahu berbagai macam minuman kemasan yang buruk untuk ibu hamil, penasaran tidak sih dengan dampaknya? Nyatanya tidak main-main lo. Ada sejumlah dampak yang harus kamu waspadai. Salah satu kekhawatiran yang timbul bila kamu terlalu banyak mengonsumsi minuman kemasan adalah diabetes gestasional atau diabetes saat kehamilan.

Nah, penyakit ini bisa meningkatkan risiko keguguran, lahir prematur, dan mengalami preeklampsia. Menenggak minuman kemasan yang umumnya berasa manis akan membuat kamu ingin makan yang manis-manis sehingga jumlah gula yang dikonsumsi semakin tidak terkontrol.

Gula yang tidak terukur akan menambah berat badanmu dan bayi. Ingat, obesitas yang dialami bayi sangat berbahaya karena memicu penyakit lain seperti jantung. Jangan sampai ya buah hati menjadi korban karena kamu tidak bisa mengendalikan keinginan minum minuman dalam kemasan.

Jadi mulai sekarang, cobalah menghindari minuman ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Arahkan keinginan minum minuman manis dengan membuat sendiri di rumah. Kalau kamu ragu berapa banyak gula yang seharusnya kamu konsumsi, berkonsultasilah pada dokter kandungan.

Jangan sampai menyesal di kemudian. Setelah menyimak penjelasan di atas, kamu sudah tahu kan jenis minuman kemasan yang buruk untuk ibu hamil? Yuk, hindari minuman-minuman ini demi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *