Desain Kamar Anak Perempuan Minimalis, Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini
Kategori: Home and Living
hasil terbaik pencarian desain kamar anak perempuan

Desain Kamar Anak Perempuan – Kamu sedang berencana menyapih tidur anak dan mencari desain kamar anak perempuan agar mau tidur sendiri? Kemandirian memang harus dilatih sejak dini. Membiarkan anak tidur di kamarnya sendiri merupakan salah satu langkah yang tepat.

Kebanyakan orang tua akan memilih desain kamar anak minimalis. Tipe ini memang dapat menimbulkan kesan bersih dan nyaman. Diharapkan anak akan betah berada di kamarnya. Tapi memilih desain lain juga tidak masalah lo.

Ide Desain Kamar Anak Perempuan

Kamar Tidur dengan Tema atau Karakter yang Menyenangkan

Desain tematik memang bisa membawa nuansa tersendiri di kamar anak. Oleh karena itu, penting untuk tahu apa minat dan kesukaan anak. Dengan begitu, kamar tidur bisa menjadi zona nyaman anak di mana dia bisa beristirahat dan belajar.

Sebenarnya, inspirasi desain ini dapat ditemukan dari kehidupan anak sehari-hari. Misalnya anak menyukai kucing atau superhero tertentu. Tidak harus menghadirkan sosok itu berupa gambar. Headbed berbentuk karakter kesukaan anak sudah cukup mewakili.

Pilih Warna yang Mengantarkan Anak Tidur

Dalam alam bawah sadar anak, mereka cenderung lebih menyukai warna cerah dan kontras. Masalahnya, warna kontras seperti merah dan biru akan membuat otak kembali aktif. Hasilnya, mereka sulit mengantuk.

Jangan Asal, Ini 8 Cara Mencuci Sprei yang Tepat dan Bikin Awet

Mainan Edukasi Anak 1 Tahun Terbaik yang Sebaiknya Dimiliki

Nah, warna yang paling cocok untuk menumbuhkan ketenangan adalah pastel. Warna ini akan mengantarkan mereka tidur.

Desain Tempat Tidur untuk Jangka Panjang

Desain kamar anak perempuan dengan tipe bertingkat. Ekstra bed ini mungkin akan dibutuhkan untuk temannya yang menginap. Desain seperti ini juga bisa dipakai untuk kamat kakak beradik. Yang harus diperhatikan adalah merancang railing sekuat mungkin agar aman untuk anak.

Ruangan Tidur sekaligus Ruang Berpakaian

Kamu bisa menerapkan tips ini pada desain kamar tidur anak perempuan minimalis sederhana. Ruangan kamar bisa dimaksimalkan dengan ruang berpakaian yang cantik. Sangat bagus jika sedini mungkin anak diberi keleluasaan untuk mengatur lemari pakaiannya sendiri. Dia akan berlath tanggung jawab dan mandiri.

Untuk melengkapi desain kamar anak perempuan ini, kamu bisa menempatkan cermin besar. Dengan begitu, dia bisa berkaca dan memilih baju yang disukai.

Siasati Ruang Tidur yang Sempit

Kamu bisa memanfaatkan meja tulis dan tempat tidur di dalam ruangan memanjang yang sempit supaya maksimal dengan dinding yang terintegrasi. Buatlah tempat tidurnya rendah sedangkan meja tulisnya lebih tinggi. Kelebihannya, anak tidak harus memindahkan buku-buku dan objek-objek pelengkap.

Ruangan sempit pada desain kamar tidur anak perempuan ini bisa disiasati dengan furnitur yang dapat dilipat atau disembunyikan. Misalnya dengan menjadikan bagian bawah tempat tidur sebagai lemari baju atau beja belajar.

Pencahayaan yang Baik dan Sehat

Pencahayaan sangat penting apa pun ruangannya. Bukan cuma lampu yang harus diperhatikan, tapi jalan masuknya sinar matahari jika memungkinkan. Sebaiknya, pilih lampu yang menyinari semua sudut ruangan anak.

Jangan lupa untuk menambahkan lampu tidur yang lebih redup untuk menemani tidurnya. Sebagai informasi, lampu tidur penting untuk membantu mata dan saraf anak agar bisa beristirahat dengan baik. Ada banyak bentuk lampu tidur lucu yang bisa dipilih.

Jika kamar anak memiliki jendela, atur jaraknya supaya tidak terlalu dekat dengan tempat tidur. Meskipun sinar matahari baik untuk membunuh bakteri, jika letaknya berdekatan dengan tempat tidur, anak akan merasa gerah dan tidak nyaman.

Ruang Penyimpanan Mainan yang Rapi

Orang tua bisa mendesai kamar dengan ruang penyimpanan mainan. Dengan begitu, dia akan belajar merapikan barang-barangnya sejak kecil. Mengajarkan disiplin pada anak bisa dimulai dari hal sederhana.

Pastikan Furnitur Imajinatif Namun Aman

Pasti menarik jika menata ruang tidur anak dengan berbagai furnitur yang terinspirasi dari dongeng favoritnya. Agar lebih atraktif, pilih furnitur dengan warna cerah. Pilih juga bahan furnitur yang aman seperti solid wook yang dioven dengan finishing bebas racun.

Material berupa kayu memang masih menjadi favorit karena lebih awet dan memberi kesan elegan. Agar kamar tetap enak dilihat, jangan terlalu banyak  menaruh furnitur. Anak juga butuh ruang untuk bermain.

Dekorasi Kamar Tidur yang Edukatif

Mendesain kamar anak perempuan memang gampang-gampang susah. Apalagi jika kamar itu multifungsi. Dilema yang juga seringkali muncul adalah selera mereka yang cepat berubah. Bukan tidak mungkin desainmu tidak lagi terpakai 6 bulan kemudian. Tidak jarang pula anak yang meminta ganti desain ketika kamarnya belum jadi.

Tema-tema lucu dan menggemaskan memang biasanya tidak tahan lama. Oleh karena itu, sebaiknya desain kamar anak dengan hal-hal edukatif. Pernak-pernik yang mengandung edukasi umumnya lebih tahan lama.

Sebenarnya sangat alami jika selera anak berubah dan membuat desain kamar anak perempuan terpaksa diubah. Kalau dipikir-pikir bukankah hal ini sangat menggembirakan karena si Putri Kecil sudah tumbuh menjadi gadis remaja?

*diadaptasi dari Casaindonesia.com

Tags: , ,