Hukum Istri Mengambil Uang Suami Tanpa Izin, Berdosakah?
Kategori: Relationship
hasil penelusuran terbaik hukum istri mengambil uang suami tanpa izin

Hukum Istri Mengambil Uang Suam Tanpa Izin – Menarik sepertinya jika kita membahas apa hukum istri mengambil uang suami tanpa izin. Sebenarnya, seorang istri tidak perlu melakukan hal itu jika suami memberikan nafkah yang layak. Kebanyakan istri yang nekat mengambil uang suami tanpa izin karena terpaksa. Suami yang harusnya mencukup kebutuhan justru menjadi orang yang pelit.

Akibat suami pelit ini, istri yang menjadi garda terdepan dalam menyiapkan segala kebutuhan kebingungan. Apalagi jika satu-satunya sumber pendapatan adalah dari suami. Sebenarnya, kasus istri yang diam-diam mengambil uang suami sudah ada sejak zaman Rasulullah.

Hukum Istri Mengambil Uang Suami Tanpa Izin

Suatu hari, Hindun mendatangi Rasulullah dan mengadu bahwa suaminya, Abu Sufyan pelit dalam memberikan uang belanja. Hindun merasa bersalah dan berterus terang bahwa dia nekat mengambil harta abu sufyan secara diam-diam. Dia kemudian bertanya kepada Rasul bagaimana hukumnya.

Dari kesimpulan hadits di atas, boleh saja seorang istri mengambil uang suaminya tanpa izin. Tapi, ini hanya berlaku jika suaminya memang mampu dan dengan sengaja tidak memberi nafkah. Meski diperbolehkan, bukan berarti seorang istri boleh mengambil secara berlebihan. Apalagi dibelanjakan untuk hal yang tidak-tidak. Uang yang diambil sekadarnya saja dan memang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sebenarnya, sangat disayangkan jika ada suami yang sampai hati tidak memberikan nafkah yang cukup kepada istri dan anak padahal secara finansial dia mampu. Menafkahi keluarga merupakan kewajiban seorang suami. Jika dia lalai, hukumnya berdosa.

Tips Agar Suami Tidak Pelit Memberi Nafkah

Kamu tidak perlu terlalu bersedih jika suami pelit memberi uang belanja yang layak padahal uangnya banyak. Masih ada harapan untuk menyelamatkan keadaan. Kamu tentu nggak mau terus-menerus menyelinap dan mengambil uangnya diam-diam kan?

Bicara

Jangan ragu untuk mengajaknya bicara dan membahas sifat pelitnya selama ini. Dia harus tahu bahwa kamu dan anak-anak tertekan dengan kekikirannya. Suami pelit bisa saja terjadi tanpa dia sadari. Kalau kamunya anteng-anteng saja ya, wassalam. Jadi, beranikan diri untuk bicara.

Tips Mengatasi Suami Pelit dan Tidak Percaya Istri Atur Uang

Hadist Suami Menyakiti Istri, Azabnya Tak Main-Main

Suami Tidak Memberi Nafkah Batin pada Istri? Apa Sebab dan Solusinya?

Susun Anggaran

Bisa jadi, suami pelit karena dia tidak paham apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan roda kebutuhan sehari-hari. Susun bersama anggaran ini biar matanya terbuka. Tempatkan kebutuhan utama pada nomor paling atas. Sementara kebutuhan tersier seperti kebutuhan pribadimu pada urutan bawah.

Tenang, ini hanya sementara. Kamu bisa merayunya sedikit demi sedikit untuk memberi uang bulanan lebih untuk kebutuhanmu. Kalau sayang, pasti diberi. Betul kan?

Catat Pengeluaran

Biasanya, orang pelit akan menanyakan secara detail ke mana saja uangnya dihabiskan. Untuk itu, catat semua pengeluaran termasuk untuk urusan sepele seperti parkir. Catatan pengeluaran, akan menyelamatkan kamu dari kecurigaan.

Ingatkan Kewajibannya

Sebagai muslim sekaligus kepala rumah tangga, menafkahi anak istri merupakan kewajibannya. Sudah sepantasnya dia memenuhi kebutuhan dengan layak tanpa diminta. Tapi, tidak ada salahnya lo kalau kamu mengingatkannya tentang hal ini. Beberapa orang memang perlu “dijewer” supaya sadar.

Kalau dia protes kamu mengambil uangnya, kamu bisa menyampaikan hukum istri mengambil uang suami tanpa izin. Dalam keadaan seperti ini, mengambil uang suami tidak sama dengan mencuri. Justru, dia seharusnya sadar dan prihatin mengapa kamu sampai melakukannya.

Berhemat

Sudah tahu suami pelit, kamu jangan malah memperburuk keadaan dengan mengeluarkan uang untuk hal yang tidak penting. Berhati-hatilah dalam membelanjakan uang suami. Jika dia merawa kamu telah menghabiskan uang dengan tidak bijak, bukan tidak mungkin dia akan bertambah pelit.

Ajak ke Pengajian

Bisa jadi, suami pelit karena hatinya kosong akan ilmu agama. Sesekali ajaklah mendatangi kajian-kajian agama terutama yang membahas masalah rumah tangga. Tidak masalah juga jika hanya bisa mengikutinya via streaming.

Berdoa

Jika semua cara di atas tidak mempan, pada akhirnya, kepada Allah-lah kamu meminta jalan keluar. Doakan supaya suami terbuka hatinya. Doa tulus istri pasti didengar oleh Allah. Oleh karena itu, kencangkan lagi ibadahmu.

Menjadi Wanita Mandiri secara Finansial

Tidak ada salahnya jika mulai merintis usaha untuk menyiasati kepelitan suami. Kamu bisa melirik usaha tanpa modal besar seperti dropshipping. Jika ditekuni, kamu bisa menambal kekurangan. Menyibukkan diri bekerja juga bisa mengalihkan pikiranmu. Jadi, tidak melulu memikirkan suami yang pelit.

Kamu juga bisa meminta izin bekerja di luar rumah jika terpaksa. Tapi, jangan lakukan jika suami tidak mengizinkan. Sebagai gantinya, kamu bisa meminta uang belanja lebih jika dia menolak usul ini. Kalau tidak mau istri mencari uang tambahan ya harus mencukupi kebutuhan dong.

Lalu bagaimana jika suami tidak mau menambah uang belanja tapi juga tidak mengizinkan istri bekerja? Jika ada suami yang seperti itu, berarti dia telah mendholimi istrinya.

Hm, semoga suami kamu tidak sampai berlaku seperti itu ya. Semoga artikel hukum istri mengambil uang suami tanpa izin ini bermanfaat.  

Tags: ,