Ini Lo Ciri Mertua Cemburu dan Cara Mengatasinya
Kategori: Relationship

Ciri Mertua Cemburu – Menjadi menantu memang bukan perkara mudah. Apalagi hubungan menantu dan mertua penuh jalan berliku. Kadang, kamu menemukan mertuamu marah tanpa sebab yang jelas dan membuat kamu sedikit kesal. Tapi mungkin dia marah karena cemburu, bukannya membencimu. Eh ciri mertua cemburu dan cara mengatasinya akan hanhannah.id ulas sampai tuntas. Siapa tahu ini akan membantumu mengenal mertua menjadi lebih baik dan menyelesaikan konflik.

5 Ciri Mertua Cemburu yang Harus Diwaspadai

Mencampuri Urusan Rumah Tanggamu dan Pasangan

Meski sudah pisah rumah, mertua tidak henti-hentinya ikut campur pada setiap urusan rumah tanggamu bersama pasangan. Memang sih dia adalah ibu dari pasanganmu dan selalu pengin memastikan kalau anaknya baik-baik saja. Tapi hal ini terjadi terlalu sering dan membuat kamu kesal.

Tidak jarang kamu dan pasangan bertengkar karena orang tuanya yang terlalu dominan ikut campur urusan pribadi. Kalau sudah keterlaluan, sebaiknya kamu berbicara serius dengan mertua. Katakan bahwa ini adalah waktu yang tepat buat kamu dan pasangan belajar berumah tangga.

Meski begitu, bukan berarti kamu tidak mau meminta saran dari mertua. Jangan gengsi untuk meminta saran dari orang yang sudah berpengalaman. Toh, nanti kamu dan pasangan sendiri yang memutuskan.

Mertua Jadi Decision Maker

Coba pikirkan apakah mertua selalu jadi penentu dalam setiap keputusan besar? Padahal ini merupakan masalahmu dengan pasangan. Kalau memang begitu, besar kemungkinan mertua sedang cemburu padamu.

Bahkan ketika kamu dan pasangan sudah memutuskannya, mertua dengan mudah dapat mematahkannya dan mengganti dengan keputusan yang dia ambil. Uh, sebal ya. Tapi mau bagaimana lagi? Mau bilang jangan tidak berani, tidak bilang apa-apa urusan bisa jadi tambah rumit.

Sepertinya dia masih belum menerima bahwa anaknya telah dewasa dan berkeluarga. Nah, seperti pada poin pertama, seharusnya kamu berdiskusi dengan mertua mengenai apa yang bisa mereka lakukan dan apa yang tidak.

Selalu Ingin Bersaing dengan Menantu

Mungkin ini terdengar konyol tapi masuk akal. Ibu mertua akan selalu merasa menantu perempuannya kurang cakap dalam mengurus anaknya. Karena itu dia ingin menunjukkan bagaimana hebatnya dia. Dia bahkan menyuruh putranya untuk memilih mana yang lebih dia cintai apakah ibunya atau istrinya.

Hal ini juga berlaku pada mertua laki-laki yang selalu merasa tidak tertandingi dibanding menantu laki-lakinya. Mereka selalu bersaing mendapat perhatian dan cinta dari anaknya yang notabene adalah pasangan kita.

Demi menegaskan predikat sebagai orang yang paling disayang, mertua juga tidak segan bertanya pada cucunya. Mungkin awalnya kamu memandang hal ini sebagai hal konyol tapi kalau dibiarkan terus menerus tidak baik lo.

Intip Yuk Tips Membina Pernikahan Harmonis Menurut Islam

Cara Menjadi Menantu yang Baik Agar Rumah Tangga Tenteram

Menantu Sering Tidak Dianggap

Sebesar apa pun pengorbananmu pada pasangan dan anak, tidak pernah mendapat sambutan dari mertua. Mereka selalu merasa apa yang sudah kamu perbuat tidak bernilai. Tidak dianggap mrupakan ciri mertua cemburu dan cara mengatasinya adalah duduk berdua dan saling berbicara.

Hal ini sering terjadidan rawan menimbulkan konflik jangka panjang baik dengan mertua ataupun pasangan. Kamu mungkin akan merasa tidak berharga karena mertuamu terlalu keras dalam menilai. Perlakuannya  kepadamu juga sering bikin mengelus dada.

Misalnya mertua datang dan membawa oleh-oleh hanya untuk pasangan dan anak-anak. Atau dengan sengaja jarang menyapa saat bertemu. Sedih banget ya?

Membicarakan Kejelekanmu di Depan Pasangan

Seolah tidak cukup dengan tidak menganggap keberadaanmu, mertua yang cemburu juga akan membicarakan keburukanmu di depan pasangan atau bisa juga dengan orang lain. Tujuannya, agar pasangan tahu bahwa dialah yang paling pantas mendapatkan perhatian. Dialah yang terbaik dan dialah yang seharusnya dipilih.

Mengatasi Mertua Cemburu pada Menantu

Kamu jangan putus asa jika memiliki mertua dengan rasa cemburu besar seperti di atas. Masih ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Hm, kira-kira apa saja ya?

Berikan Waktu dengan Anaknya

Bisa jadi rasa cemburunya datang karena dia tidak lagi punya akses kepada anaknya. Karena itu, cobalah buat pasangan meluangkan waktu untuknya. Kalau pun tidak bisa sering bertemu secara fisik, mintalah pasangan untuk menelepon mereka. Dengan demikian, mertua tidak akan lagi berpikir kamu telah merebut anaknya.

Jalin Komunikasi Sebaik Mungkin dengan Mertua

Bukan cuma pasangan, kamu pun harus berusaha menjalin komunikasi yang baik dengan mertua. Harapannya, mertua akan mengenalmu lebih dekat sehingga segala kesalahpahaman dapat dihapus. Tidak ada lagi embel-embel perebut anak orang. He

Sabar

Selagi kamu berusaha mengubah cara pandang mertua terhadapmu, kamu harus bersabar. Mengubah persepsi orang tidak mudah lo dan butuh proses. Tapi bukan berarti ini mustahil ya.

Pepet terus dengan cinta. Bukankah kamu juga seharusnya berterima kasih karena mereka telah melahirkan dan membesarkan orang yang kamu cintai? Lagi pula, dengan berbaikan dengan mertua akan membawa contoh yang baik untuk anak-anak dan membuat pernikahan lebih bahagia.

Bagaimana, semoga artikel ciri mertua cemburu berikut cara mengatasinya bisa bermanfaat ya?

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *