Jangan Frustrasi, Ini 7 Tips Membuat Anak Suka Sayur
Kategori: Parenting

Membuat Anak Suka Sayur – Sepertinya banyak orang tua yang pusing saat melihat anak menyisihkan potongan sayur di piringnya. Sedih ya, padahal sayur sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan anak. Berikut ini beberapa tips membuat anak suka sayur.

Tapi sebelumnya, orang tua harus lebih dulu menyukai sayuran. Tidak lucu kan menyuruh anak makan sayur sementara dia sendiri membencinya.

7 Tips Membuat Anak Suka Sayur

Beri Contoh

Jangan lelah untuk menunjukkan pada anak kalau kamu juga menyukai sayuran. Anak mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya. Kalau kamu melahapnya setiap hari, anak juga akan mau mencoba. Orang tua selalu menjadi panutan anak.

Kebanyakan orang tua hanya akan mengancam anak jika tidak menghabiskan sayurannya. Tapi ini tidak baik. Tekanan akan membuat anak trauma untuk makan. Orang tua bakal bingung dua kali lipat jika hal ini yang terjadi.

Beri Tahu Anak Manfaat Sayuran

Ketimbang hanya melahap sayuran dalam diam, akan lebih baik jika orang tua juga memberi tahu anak apa yang sedang dimakannya. Kamu bisa membacakannya buku tentang sayuran dan manfaatnya. Jika terlalu sulit membaca buku, kamu bisa mengenalkannya saat dia melihatnya seperti di televisi.

Bisa juga saat sedang di meja makan. Karena itu, pengetahuan orang tua tentang manfaat vitamin juga harus diasah. Banyak-banyak baca ya!

Ajak Belanja

Saat belanja, anak dapat diikutsertakan. Memang sedikit merepotkan saat membawa anak terlebih lagi jika dia masih balita. Tapi, pengalaman akan membuatnya membuka perspektifnya terhadap sekelilingnya. Dengan kata lain, saat dia membantu memilih mana sayuran yang dia pilih, ada kemungkinan dia juga ingin memakannya nanti.

Tidak masalah mana sayuran yang dia pilih. Jika sudah bersedia terlibat, itu sudah bagus. Setidaknya rasa tidak sukanya pada sayuran bisa menghilang.

Ajak Memasak

Jangan dulu membayangkan seperti apa bentuk dapur setelah si kecil ikut “berkarya”. Semua kekacauan itu bisa dibereskan nanti. Goal orang tua dalam mengajak anak memasak sayur adalah membuatnya menyukai sayuran. Tapi, jangan sampai lepas pengawasan ketika dia mencoba memotongnya menggunakan pisau betulan. Pastikan untuk mengajarinya cara yang benar agar aman.

Biarkan anak berkreasi mengenai cara memotongnya. Maklumi saja jika ukurannya tidak sama. Toh, tujuannya adalah mengakrabkan dia dengan sayuran. Lagi pula nanti kalau dibumbui juga enak. Setelah matang, ajak anak mencicipinya.

Selain membuat anak mengenal sayur, kebersamaan tersebut juga dapat mendekatkan hubungan orang tua dan anak.

Tips Agar Anak Suka Ikan yang Harus Dicoba Orang Tua

4 Cara Memilih Mainan Anak Perempuan Murah dan Asyik

Sajikan dengan Senyuman

Barangkali tips membuat anak suka sayur ini sepele tapi yang namanya anak-anak pasti akan mau mencoba sesuatu yang disajikan dengan senyuman. Karena itu, buang dulu muka judes lantaran ingat kredit, asuransi, dan lain sebagainya.

Jangan juga menyiapkan segudang ancaman untuk anak karena terakhir kali dia masih menyisakan sayuran di piring. Cobalah untuk bersabar dan tersenyum.

Menanam Sayur

Siapa tahu dengan memilikinya sendiri, anak jadi terbiasa dan tidak menganggap sayuran adalah hal asing. Kamu tidak perlu membeli lahan kosong hanya untuk menanam beberapa jenis sayur. Gunakan saja tempat yang ada seperti di dalam pot atau secara hidroponik.

Ajak anak ikut serta saat memilih bibir, menyemai, menyiram, dan melakukan perlakuan lainnya. Buat dia antusias untuk menunggu sayur siap dipetik. Hm, sayur dari kebun sendiri pasti menggugah seleranya.

Jangan Sembunyikan Sayur

Mungkin ini menjadi salah satu trik agar anak mau menyantap sayuran. Tapi muslihat ini tidak permanen. Orang tua juga dituntut untuk menyembunyikannya setiap kali memasak sayur. Merepotkan bukan?

Tidak perlu berbohong mengenai apa yang anak makan. Dia berhak tahu. Tapi orang tua bisa melakukan gimmick yang lebih baik. Misalnya, memarut wortel dan membentuknya seperti bola-bola kecil dengan manambah keju. Pertama, katakan kamu punya kejutan. Minta dia merasakan hasil kreasi tersebut dan memberikan penilaian. Minta juga dia menebak dari apa camilan itu dibuat.

Katakan yang sebenarnya bahwa itu berasal dari wortel yang sering tidak disukainya. Dia tentu akan berpikir ulang mengenai rasa wortel yang bisa seenak itu. Berbeda kan saat ada orang tua yang menyelipkan sayur dalam biskuit dan tidak mengatakan apa pun?

Berkreasi dengan Sayuran

Tips ini susah-susah gampang diterapkan karena terkadang orang tua enggan bersusah payah. Tapi jika ingin tujuan tercapai, tips membuat anak suka sayur yang satu ini harus diterapkan. Ada banyak sarana untuk memperoleh ide ini. Youtube misalnya, dengan mudah kamu bisa mengikutinya. Tapi ingat ya, jangan bohongi anak. Katakana bahwa yang mereka makan adalah sayuran A, B, atau C yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Semoga membantu.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *