Jenis-Jenis Tanaman Hias Minim Perawatan untuk Kaum Sibuk
Kategori: Home and Living

Tanaman Hias Minim Perawatan – Salah satu unsur yang membuat rumah menjadi asri adalah tanaman. Selain bikin rumah adem, tanaman juga menambah nilai estetik rumah. Nah, untuk kamu yang punya kesibukan lumayan banyak tapi ingin menghias rumah dengan tanaman, tanaman hias minim perawatan ini bisa jadi jawabannya.

Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir tanaman akan mati karena tidak terurus. Hm, kira-kira tanaman apa saja ya yang tidak butuh perawatan banyak?

Jenis Tanaman Hias Minim Perawatan

Lidah Buaya

Tanaman ini hanya membutuhkan sedikit asupan air. Lidah buaya sangat cocok untuk kamu yang punya kesibukan segudang atau tidak berpengalaman berkebun. Kamu bisa menanamnya di belakang atau di dalam rumah.

Membersihkan lidah buaya juga tidak sulit karena hanya terdiri dari beberapa daun. Kamu juga bisa menjadikan tanaman ini hiasan meja atau menaruhnya di pojok ruangan. Meski berduri, tapi tidak terlalu tajam. Walaupun kamu lama tidak menyiramnya dengan air, lidah buaya tidak mudah layu.

Eh, tanaman ini punya manfaat lo yaitu membersihkan udara. Selain itu, gel-nya dapat kamu manfaatkan dalam perawatan tubuh.

Lidah Mertua

Lidah mertua dapat tumbuh dengan baik meski mendapat perawatan yang minim. Kamu tidak perlu rutin memberinya pupuk atau meyiramnya dengan air. Dia akan tetap hidup dengan perawatan seadanya.

Tanaman yang memiliki daun runcing ini bisa kamu tanam di luar atau di dalam ruangan. Dalam cuaca apa pun, lidah mertua akan dapat beradaptasi dengan baik dan tahan terhadap cahaya matahari yang rendah. Tanaman ini juga tidak mudah layu karena lapisan lilin pada daun yang mencegah penguapan.

Pelajari Yuk! 18 Cara Mengatur Keuangan untuk Pasangan Baru (Bagian I)

Kaktus

Kamu bisa meletakkan tanaman berduri banyak ini di lokasi yang memiliki cahaya terang. Walau kamu malas menyiramnya, tanaman ini bakal baik-baik saja. Hidup di negawa panas ektrem saja kuat, apalagi di Indonesia. Jarang lihat ka nada kaktus yang layu?

Manfaat tanaman kaktus yang ditanam di dalam rumah adalah menyerap karbon dioksida pada malam hari kemudian melepas oksigen. Jadi, sangat baik jika kaktus ditanam di dalam ruangan. Tapi, pastikan jauh dari jangkauan anak-anak ya.

Kalau kamu nemanamnya di taman luar, pastikan kamu memangkasnya agar tumbuh makin lebat. Sekarang ini banyak dijual kaktus yang lucu-lucu bahkan bisa dijadikan hadiah.

Sri Rejeki

Tanaman hias yang minim perawatan selanjutnya adalah sri rejeki. Tanaman ini gampang mudah beradaptasi dalam segala kondisi. Sri rejeki atau aglonema sangat cocok buatmu yang mau berkebun tapi tidak punya banyak waktu.

Meski jarang disiram air, tanaman ini tidak mudah layu. Selain mudah dirawat, sri rejeki juga mudah beradaptasi di segala kondisi tanah dan cuaca. Sudah tahu belum kalau tanaman ini dijuluki “Ratu Daun”? Itu karena ketahanannya. Seminggu tidak dikeluarkan dari ruangan sekalipun tidak masalah. Hebat bukan?

Kamu bisa menyiram tanaman ini 2-3 kali seminggu. Tunggu hingga tanah atau media tanamnya kering, baru siap disiram kembali.

Tanaman Giok

Menurut fesngshui, tanaman giok bisa membawa keberuntungan bagi yang menanamnya. Tanaman yang dikenal juga dengan nama jade plant ini mudah dalam penanaman dan perawatan.  Meski begitu, jangan sampai kamu sampai membiarkan tanaman ini benar-benar kering ya.

Kamu bisa meletakkan tanaman ini di pekarangan atau di sudut ruangan di dalam rumah. Menaruhnya di dalam pot dan meletakkannya di meja taman juga bagus lo.

Lili Paris

Tanaman ini memiliki ciri berumpun, memiliki umbi dengan daun yang tipis. Lili paris dapat tumbuh sepanjang tahun. Biasanya tanaman ini menjadi tanaman pembatas. Tapi jika digantung, lili paris tidak kalah cantik kok.

Tanaman ini cukup popular di mata para desainer taman karena sifatnya yang mudah tumbuh dan minim perawatan. Warna daunnya juga menarik sehingga taman makin cantik. Karena sifatnya yang gampang tumbuh, kamu tidak perlu melakukan perawatan ekstra.

Philodendron

Tanaman yang sedang naik daun ini bernama philodendron. Salah satu jenis philodendron yang banyak diburu adalah monster. Selain dapat menimbulkan kesan asri dan alami, philodendron dapat menjauhkanmu dari kanker lo.

Jadi, tanaman ini akan menyerap polusi yang berpotensi mengakibatkan kanker. Tanaman menyehatkan ini juga minim perawatan. Tidak perlu sering-sering menyiramnya ya. Tanaman ini cukup tahan dengan perawatan seadanya.

Dolar

Meski bernama dolar, tanaman ini berasal dari Afrika. Memiliki ciri tumbuh merambat, tanaman dolar dapat menjadi variasi tanamanmu. Berasal dari Afrika, dolar dapat tumbuh dengan baik di Indonesia karena memiliki iklim hamper sama.

Tumbuhan ini juga dipercaya dapat menyembuhkan diaren dan ambeien. Cukup rebus batang dolar dan meminum airnya dua kali sehari. Tapi pastikan kamu memperoleh persetujuan dokter dulu ya.

Demikian beberapa jenis tanaman hias minum perawatan yang dapat mempercantik rumah dan tamanmu. Kira-kira kamu mau menanam yang mana nih?

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *