Kata Mutiara untuk Anak Islami, Pedoman Terbaik bagi Orang Tua
Kategori: Parenting
hasil pencarian terbaik kata mutiara untuk anak islami

Kata Mutiara untuk Anak Islami – Artikel berikut ini membahas mengenai kata mutiara untuk anak Islami. Kata-kata ini memang tidak akan berarti karena hanya menggambarkan cara pandang Islam tentang anak dan keluarga. Meskipun begitu, kata-kata ini bisa menjadi nasehat yang baik.

Semua orang tua pasti setuju bahwa anak adalah titipan Allah SWT. Sudah seharusnya orang tua mendidiknya dengan nilai-nilai agama serta moral. Dengan begitu, anak dapat menjadi wasilah orang tua menuju surga. Semoga dengan kutipan kata mutiara ini, harmoni dalam keluarga dapat tumbuh.

Harmoni yang dimaksud adalah orang tua yang selalu menyayangi dan membimbing anak serta anak yang selalu berbakti kepada orang tua.

Kata Mutiara untuk Anak Islami Terbaik

Warisan Terbaik Orang Tua

Orang tua dikatakan berhasil jika dapat membentuk karakter dari anaknya. Karakter inilah yang lebih mahal dari harta warisan apa pun. Oleh karena itu, sering terdengar bahwa apa yang ditinggalkan dalam diri anak merupakan standar keberhasilan orang tua.

Meninggalkan harta juga penting untuk anak tapi tanpa karakter yang baik, harta akan sia-sia. Dengan karakter, anak dapat mencari harta yang baru.

Bersabar dalam Mendidik

Tidak semua anak dapat dididik dengan mudah. Terkadang, orang tua harus berhadapan dengan sifat anak yang bandel dan sulit diatur. Sebenarnya, sifat ini sangat wajar. Apalagi anak kecil yang  belum banyak memahami sesuatu.

Sebagai orang tua harus sabar mendidik anak. Berkat kesabaran dalam mendidik anak ini, Allah akan menilainya sebagai amal ibadah. Ibadah ini akan diganjar dengan pahala.

Anak sebagai Amanah sekaligus Ujian

Dalam pandangan Islam, anak juga sebagai cobaan bagi para orang tua. Cobaan ini hadir untuk menguji kadar keimanan. Jika orang tua dapat membimbing serta merawat anak dengan baik, maka orang tua akan lulus dari ujian tersebut.

Akhlak yang Mulia

Kata mutiara untuk anak Islami selanjutnya menjelaskan mengenai apa hal utama yang harus diberikan orang tua kepada anak. Hal utama itu adalah akhlak yang mulia. Akhlak akan membentuk perilaku anak hingga mereka tua nanti.

Seorang anak yang dididik dengan akhlak yang mulia, akan menjadi penyejuk hati dan pandangan orang tuanya. Dia juga akan selalu menghormati dan mendoakan orang tuanya untuk masuk surga.

Mengajari Membaca Al Fatihah

Mungkin mengajari anak membaca surat Al Fatihah merupakan hal sepele. Tapi ternyata mengajari anak mengaji terutama surat Al Fatihah merupakan tugas utama orang tua. Kedudukan surat ini sangat penting karena akan selalu dibaca ketika mendirikan salat.

Bisa dikatakan bahwa surat ini merupakan investasi masa depan. Jadi, mari dampingi anak dan mengajarinya surat istimewa ini.

Cara Mendidik Anak Remaja Perempuan Agar Tidak Salah Pergaulan

Ungkapan Sayang untuk Anak yang Menyentuh Hati dan Penuh Haru

Menjadi Orang Tua yang Bertanggung Jawab

Meskipun berat, orang tua harus bertanggung jawab pada anak-anaknya. Salah satunya dengan mengajarkan banyak hal kepada anak agar mereka dapat menjalani hidupnya. Bukan cuma memberi contoh bagaimana menjadi orang yang baik, orang tua juga wajib mendoakan anak-anaknya.

Jangan Memaksa Anak

Kata sayang untuk anak berikutnya merupakan pengingat orang tua untuk tidak memaksakan kehendak pada anak. Di luar sana, masih banyak orang tua yang memaksa anak melakukan sesuatu dengan dalih mendidik. Dia yakin anaknya akan sukses seperti yang sudah dia capai. Pencapaian yang baik memang bagus, tapi sayangnya konsepnya salah.

Orang tua lupa bahwa anak lahir pada zaman yang berbeda. Oleh karena itu, orang tua juga harus menyesuaikan cara ajarnya. Anak juga memiliki keinginan dan pemikiran sendiri sehingga orang tua seharusnya menghormatinya. Yang terpenting, tetap bimbing anak agar tidak salah jalan.

Memuliakan Anak

Sudah menjadi kewajiban orang tua untuk mendidik anak. Maka, kata nasehat untuk anak di atas sangat tepat. Anak merupakan titipan Allah dan siapa pun yang mendapat titipan ini harus menjaganya. Menjaga tidak selalu berarti fisik, tetapi juga menjaga akhlak.

Orang Tua adalah Contoh bagi Anak

Kata mutiara di atas menjelaskan mengenai cara terbaik dalam mendidik anak. Cara terbaik untuk membentuk karakter anak bukan dengan ribuan nasehat. Anak merupakan peniru orang tua yang ulung. Mereka akan mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya. Jika hanya memberikan nasihat dan teguran tanpa memberi teladan, bersiaplah kecewa.

Ancaman Pada Orang Tua

Hadis di atas menjelaskan adanya ancaman pada orang tua yang seenaknya pada anak. Artinya, mendidik anak dengan baik merupakan hal yang sangat penting.

Demikian kata mutiara untuk anak Islami yang bisa dipelajari dan diambil hikmahnya. Semoga menambah inspirasi untuk mendidik anak dengan lebih baik.

Tags: , ,