Keluhan saat Hamil yang Sering Dirasakan dan Sebabnya
Kategori: Pregnancy

Keluhan saat Hamil – Akan segera menimang buah hati memang membahagiakan, tapi terkadang kamu akan mengalami keluhan saat hamil. Bukan cuma satu tapi beragam. Eits, jangan takut dulu. Yuk kenali keluhan-keluhan tersebut biat kamu tidak kaget.

11 Keluhan saat Hamil yang Sering Dirasakan beserta Sebabnya

Morning sickness

Sebagian besar ibu hamil akan mengalami morning sickness. Pada umumnya keluhan ini dialami pada kehamilan trimester pertama. Gejala morning sickness ditandai dengan rasa mual dengan atau tanpa muntah. Biasanya gangguan ini datang pada pagi hari tapi bisa juga muncul pada siang dan sore hari.

Morning sickness disebabkan perubahan hormon selama kamu hamil. Kadar esterogen dan hCG yang meningkat bisa hCG pada ibu hamil bisa memicu gangguang ini.

Sakit Kepala

Saat hamil, beberapa wanita hamil mengeluhkan sakit kepala. Kalau kamu mengalaminya tidak perlu cemas karena sakit kepala saat hamil sangat umum. Sebabnya, terjadi perubahan hormon. Biasanya banyak diderita wanita hamil pada trisemester pertama dan akan mereda seiring bertambahnya usia kandungan.

Agar tidak selalu datang, kamu perlu menjaga asupan gizi. Konsumsilah makanan sehat. Selain itu, istirahat harus cukup.

Keputihan

Ibu hamil juga rentan mengalami keputihan. Selama warna cairan jernih dan putih, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Biasanya keluhan ini dialami karena perubahan hormon. Aliran darah ke vagina yang meningkat menyebabkan cairan vagina ikut bertambah.

Sering Buang Air Kecil

Yap, ibu hamil biasanya akan sering buang air kecil. Umumnya hal ini terjadi pada awal trisemester pertama dan ketiga. Peningkatan frekuensi buang air kecil ini juga disebabkan oleh perubahan hormon.

Selain itu, pertumbuhan janin dalam rahim juga menyebabkan sering buang air kecil. Ukuran janin yang semakin besar akan menekan kandung kemih dan menyebabkan rasa ingin buang air kecil yang tidak tertahan. Karena frekuensinya yang sering, cairan yang keluar hanya sedikit.

Apa Saja Tanda-Tanda Hamil 1 Bulan yang Bisa Dikenali?

Bikin Cepat Langsing, Menu Diet Aman untuk Ibu Menyusui

Konstipasi

Keluhan saat hamil selanjutnya adalah konstipasi atau sembelit. Yang menjadi penyebab ibu hamil mengalami sembelit adalah perubahan hormon. Tapi, bisa juga disebabkan kurang mengonsumsi makanan berserat.

Meski keluhan ini umum dialami ibu hamil, tapi tetap harus diatasi. Kalau dibiarkan, sembelit dapat mengakibatkan wasir dan semakin membuat tidak nyaman.

Kram pada Kaki

Kram pada kaki biasa dikeluhkan ibu hami pada trisemester kedua. Gangguan ini biasanya menyerang pada malam hari. Sebabnya, berat tubuh yang kian bertambah membuat otot kaki menjadi tegang.

Untuk menghindari kram saat hamil, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan tinggi kalsium. Tips lain adalah melakukan senam ibu hamil. Dengan begitu, sirkulasi darah akan lancar serta otot kaki akan lentur.

Sakit Punggung

Gangguan berikutnya yang jamak menyerang ibu hamil adalah sakit punggung. Umumnya kamu akan merasakan sakit pada punggung ketika membungkukkan badan ke depan, bangun dari posisi tidur, dan bangkit dari posisi duduk. Sakit ini akan semakin terasa saat usia kandungan bertambah.

Penyebab umum sakit punggung saat hamil disebabkan beberapa hal seperti perubahan hormon, pertambahan berat badan, janin di dalam kandungan yang terus berkembang, dan perubahan postur tubuh.

Munculnya Selulit

Selulit atau stretch mark jugamenjadi salah satu keluhan ibu hamil. Meski tidak membahayakan, selulit membuat rasa percaya diri berkurang. Selulit terjadi karena kulit mengalami peregangan seiring dengan membesarnya perut atau area lain.

Untuk mengurangi risiko munculnya selulit, kamu bisa mengonsumsi makanan sehat serta memperbanyak minum air. Dengan begitu kulit akan terjaga dan terhidrasi. Menggunakan lotion juga bisa membantu menjaga kelembaban dan kekenyalan kulitmu.

Nyeri ulu hati

Saat hamil sangat umum jika mengalami sakit ulu hati. Keluhan ini muncul seringnya pada usia kandungan empat bulan. Biasanya disebabkan perubahan hormon yang memicu peningkatan produksi asam lambung. Karena produksinya tinggi, asam lambung tersebut akan naik ke kerongkongan. Saat itulah ulu hati terasa nyeri.

Gampang Lelah

Wanita hamil memang mudah merasa lelah. Jadi, bukannya malas ya. Baru bangun langsung merasa mengantuk. Hal ini terjadi karena kadar progesteron yang membuatmu ingin tidur terus. Eh, morning sickness yang kamu alami juga membuat tenaga terkuras sehingga gampang lelah. Akibatnya, mau ngapa-ngapain kurang semangat.

Untuk mengatasinya, pastikan waktu istirahatmu cukup. Kurangi aktivitas yang tidak penting untuk beristirahat.

Kaki Bengkak

Perubahan fisik yang membuat ibu hamil mengeluh adalah kaki bengkak. Maklum kaki bengkak membuat aktivitas terhambat dan tidak nyaman. Perubahan hormon menjadi penyebab bengkak pada kaki ini.

Tapi, peredaran darah yang sedikit terhambat juga bisa menjadi penyebabnya. Hambatan ini terjadi karena perkembangan janin dalam kandungan. O ya, sebab lain kaki bengkak bisa jadi mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak garam atau minuman berkafein.

Demikian keluhan saat hamil yang wajar dialami. Tapi jika dirasa mengganggu, segera berkonsultasi ke dokter ya.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *