Mainan Edukasi Anak 5 Tahun, Bisa untuk Persiapan Sekolah TK
Kategori: Parenting
hasil terbaik penelusuran mainan edukasi anak 5 tahun

Mainan Edukasi Anak 5 Tahun – Mainan edukasi anak 5 tahun bisa diberikan ke anak sebagai persiapan memasuki taman kanak-kanan. Tujuannya, agar potensi anak dapat digali dan menyiapkan motorik dan kognitifnya di sekolah dengan menyenangkan. ada banyak mainan yang bisa dilirik.

Mainan Edukasi Anak 5 Tahun yang Seru dan Bermanfaat

Mainan Puzzle

Puzzle sudah lama dikenal sebagai mainan edukatif untuk anak. Orang tua bisa memilih beragam tema. Misalnya alfabet, geometri, sayuran, angka, binatang peliharaan, alat transportasi, dan warna akan menjadi mainan seru.

Dengan bermain puzzle, kemampuan kognitif anak bisa terlatih. Hal ini dikarenakan, puzzle bisa meningkatkan kemampuan spasial visual si kecil. Mainan ini juga akan mengembangkan pemahaman lebih dalam mengenai tema puzzle.

Kegiatan melengkapi puzzle (walaupun jenis puzzle sederhana) bisa melatih kemampuan si kecil dalam memecahkan masalah. Jadi, ketika bermain, anak harus berpikir dan menentukan strategi agar berhasil menyusun puzzle.

Proses ini sangat mendukung kemampuan anak memecahkan masalah, keterampilan bernalar, dan mengembangkan solusi. Lama kelamaan, kemampuan ini akan terus berkembang sehingga dia mampu memecahkan masalah pribadinya ketika dewasa.

Stiker Mosaik

Kalau orang tua ingin membuat anak lebih mengenal aneka warna dan angka. Mainan edukatif stiker mosaik bisa dipilih. Anak dapat diajak untuk menempelkan stiker berbagai warna atau angka sesuai dalam buku petunjuk.

Jenis stiker mosaik begitu banyak sehingga tidak akan bosan. Kamu bisa memilih kumpulan stiker mosaik berbentuk buku atau stiker yang bisa ditempel sebagai dekorasi dinding. Pasti seru bisa bermain sambil mempercantik ruangan.

Mainan seperti stiker mosaik ini juga bisa mengasah kemampuan anak berpikir sebab selama proses bermain, dia akan berusaha untuk menempelkan stiker sesuai dengan petunjuk. Sederhana tapi mengena.

Mainan Edukasi Anak 1 Tahun Terbaik yang Sebaiknya Dimiliki

Cara Mengajari Anak Membaca Asyik dan Menyenangkan

Permainan Blok

Mainan edukasi anak 5 tahun ini biasa disebut dengan “blok bangunan,”. Benda mainan ini berbentuk padat yang dipakai untuk permainan konstruksi. Ada mainan blok yang terbuat dari kayu, plastik, atau lego. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan atau berdasar kesukaan anak. 

Sebagai informasi, permainan ini termasuk mainan yang sangat edukatif. Dengan mainan ini, anak dapat mengembangkan keterampilan motorik, melatih koordinasi tangan dengan mata, serta mengembangkan kemampuan kognitif.

Bukan cuma itu. Blok juga bisa mengasah kemampuan bahasa anak dan kreativitas. Anak juga jadi berani untuk menunjukkan pemikiran yang berbeda, mengembangkan kompetensi sosial, dan keterampilan teknik. Banyak ya?

Permainan blok simpel ini bahkan bisa merangsang perkembangan motorik anak. Jadi, jangan remehkan aktivitas menumpuk dan mengatur blok mainan ya.

Pasir Kinetik

Pasir kinetik merupakan zat mirip pasir yang gampang dibentuk. Namun, pasir kinetik juga bisa mengalir bebas. Mainan ini mempunyai sifat seperti pasir basah, tetapi tidak berair, lembut, dan tidak lengket.

Di pasaran, orang tua dapat menemukan berbagai warna berikut alat cetaknya. Biasanya, dalam satu paket berisi pasir kinetik, ember mainan, sekop, dan berbagai cetakan lucu. Harganya juga terjangkau.

Manfaat dari pasir kinetik ini membantu anak dalam membantu meningkatkan keterampilan motorik halus. Dengan menghancurkan atau meremas pasir kinetik, kemampuan tangan anak akan lebih kuat.

Anak juga dapat diarahkan untuk mengambil atau memotong pasir kinetik. Kegiatan ini dapat membuat kemampuan menggenggam dan memotong dengan alat seperti pisau mainan dan sejenisnya terlatih.

Bahan pasir kinetik juga merupakan sensorik sempurna bagi anak-anak yang memiliki keinginan untuk menyentuh sesuatu secara terus menerus. Mainan edukatif anak ini bisa menciptakan sensasi baru indera perabanya.

Permainan Kartu

Mainan edukasi selanjutnya berbentuk permainan kartu, misalnya seperti flash card. Mainan ini berisi kartu-kartu bergambar serta dilengkapi dengan kata-kata. Flash card sangat populer sehingga mudah ditemukan dan terjangkau harganya.

Orang tua dapat memilih beragam gambar berdasarkan kategori seperti hewan, buah-buahan, warna, angka, dan lainnya.

Selain menarik, flash card juga bisa membantu meningkatkan perkembangan kognitif dan  meningkatkan kesadaran dunia di sekitar anak. Kemampuan motorik halus anak juga dapat berkembang dan kemampuan berpikir sendiri terasah. Tidak heran jika mainan edukasi ini sering dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran.

Tips menciptakan permainan flash card yang seru adalah sembari bercakap-cakap. Dengan begitu, kedekatan orang tua dengan anak juga akan tercipta. Bagaimana pun momen bermain bersama orang tua akan menjadi kenangan yang membahagiakan bagi anak.

Percakapan yang bisa dilakukan misalnya, orang tua mengenalkan nama gambar pada flash card dan mengajak anak mencari benda tersebut di sekitar rumah. Anak juga bisa diberitahu fungsi benda tersebut.

Pembelajaran dengan mainan edukasi anak 5 tahun ini tidak akan terasa membosankan. Menyenangkan sekali ya bermain dengan si kecil sekaligus mengasah kemampuannya. Segera yuk, dapatkan mainan-mainan edukatif ini di toko-toko terdekat. Selamat bermain sekaligus belajar bersama buah hati!

Tags: , ,