Penyebab Sulit Hamil yang Tidak Terduga Ini Perlu Kamu Tahu
Kategori: Pregnancy

Penyebab Sulit Hamil – Wajar banget jika pasangan yang sudah menikah mengharapkan momongan untuk melengkapi kebahagiaan. Tapi mungkin sebagian pasangan harus menunda kebahagiaan ini karena tidak kunjung hamil. Meskipun sudah diperiksa dan dinyatakan sehat, belum juga bisa hamil. Lalu apa sebenarnya penyebab susah hamil? Kamu mungkin akan kaget setelah membaca penjelasan di bawah ini karena penyebabnya tidak terduga. Hm, apa saja ya?

6 Penyebab Sulit Hamil

Pola Tidur Tidak Baik

Pernah kepikiran tidak kalau pola tidur yang tidak baik berpengaruh pada kesuburan? Kedengarannya memang sepele. Tapi nyatanya tidur yang cukup dan berkualitas sangat diperlukan kalau kamu mau cepat punya anak.

Waktu tidur yang kurang akan membuat seseorang stres. Kamu pernah kan merasakan tertekannya menjalankan aktivitas sehari-hari gara-gara kurang tidur? Serasa jadi zombie dan badan tidak enak.

Lalu apa hubungannya dengan susah hamil? Begini, stres berpotensi mengacaukan jadwal menstruasi sehingga hari suburmu juga akan berpindah. Nah, hal ini membuat pembuahan sulit terjadi.

Eits, bukan cuma berdampak pada tanggal subur perempuan, lo. Kurang tidur juga membuat kualitas sperma menurun. Padahal, sperma yang berkualitas sangat penting agar pembuahan terjadi. Jadi, pastikan kamu dan pasangan cukup tidur.

Terlalu Sering Bercinta

Kamu mungkin berpikir kalau semakin sering bercinta, kemungkinan akan hamil terbuka lebar. Tidak heran jika banyak pasangan baru yang melakukannya sesering mungkin saking inginnya cepat punya anak. Ternyata hal ini tidak selalu benar. Justru dengan terlalu sering berhubungan suami istri, kualitas sperma akan menurun. Bukan cuma kualitasnya tapi juga jumlahnya.

Menukil Huffington Post, seorang ahli urologi bernama Aaron Spitz yang juga penulis The Penis Book: A Doctor’s Complete to the Penis mengatakan kalau berhubungan seksual setiap hari hanya akan memperlambat produksi sperma. Bagaimana bisa membuahi sel telur jika jumlahnya sedikit?

Kalau saran dari Spitz, sebaiknya berhubungan suami istri pada masa subur saja. Karena itu, dia menyarankan pasangan untuk memberi jeda pada aktivitas seksualnya. Tujuannya meningkatkan kualitas sperma. Saat yang paling tepat berhubungan seksual adalah dua hari sekali dalam minggu pertama sebelum masa subur.

7 Hal yang Akan Kamu Alami saat Hamil Trimester Kedua

Keluhan saat Hamil yang Sering Dirasakan dan Sebabnya

Baik untuk Ibu Hamil, 9 Makanan Kaya Protein

Salah Menghitung Masa Subur

Maksud hati ingin segera punya anak dengan berhubungan intim pada masa subur, tapi ternyata kamu salah memperkirakan kapan datangnya. Malah peluangnya hilang kan? Kalau siklus menstruasimu normal yaitu 28 hari, kamu tinggal menambahkan 14 hari pada hari menstruasi pertama.

Ingat ya bahwa fase menstruasi tiap perempuan tidak sama. Ada yang lebih pendek dan ada yang lebih panjang. Kalau kamu ingin tahu tanggal tepatnya masa suburmu, berkonsultasi ke dokter sangat disarankan.

Stres dengan Pendapat Orang Lain

Tidak mudah memang hidup di tengah masyarakat. Ada saja hal yang membuat kita disorot. Terutama untuk perempuan yang telah menikah tapi belum diberi momongan. Pasti kesal ya setiap hari ditanyai kapan punya anak. Kalau sudah begini, kamu harus sabar. Jika sampai stres justru kamu semakin menjauhi peluang untuk hamil.

Stres dapat mengganggu ovulasi. Karena itu, bawalah masalah ini jadi lebih santai untuk menghindari tekanan. Lakukan hobi yang dapat membuatmu lebih rileks. Untuk sekarang ini, tidak perlu mengambil hati omongan orang lain. Fokuslah pada dirimu sendiri agar cepat punya anak.

Olahraga Terlalu Keras

Berolahraga secara rutin memang baik untuk kamu yang sedang program hamil. Selain menyehatkan, berolahraga juga dapat menyiapkan tubuh sebelum hamil nanti. Tapi olahraga terlalu keras tidak baik untuk persiapan hamil lo.

Kamu mungkin berolahraga mati-matian untuk menurunkan berat badan dan mencapai berat tubuh ideal tapi peluang hamilmu jadi lebih kecil. Saat kamu berolahraga terlalu keras, tubuh akan merasa stres sehingga memicu ketidaksuburan. Wah, kamu nyangka tidak kalau penyebab sulit hamil adalah karena terlalu keras berolahraga? Buatmu yang punya hobi olahraga ekstrem, mending dikurangi dulu deh.

Kurang Olahraga

Jika sebelumnya berolahraga terlalu keras menyebabkan sulit hamil, berikutnya adalah kurang olahraga. Pasalnya, salah satu manfaat olahraga adalah melancarkan menstruasi serta ovulasi. Gaya hidup sehat seperti berolahraga sangat diperlukan.

Tapi ingat bahwa jenis olahraga yang dianjurkan adalah kategori ringan. Contoh olahraga yang baik adalah stretching atau perengarang, yoga, pilates, dan berjalan. Cukup lakukan selama 30 menit sehari. Eh, biarpun ringan, olahraga ini baik untuk menguatkan otot-otot tubuh. Selain itu, berolahraga juga membuat hubungan suami istri makin hot.

Setelah tahu penyebab sulit hamil di atas, kamu sudah paham kan kenapa hasil pemeriksaan normal tapi tidak kunjung hamil? Jangan sedih lagi ya, setiap orang memiliki kesempatan yang tidak sama. Terus berusaha dan berdoa merupakan jalan terbaik yang bisa kamu dan pasangan lakukan.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *