Selusin Manfaat Jalan Kaki secara Rutin untuk Kesehatan
Kategori: Home and Living

Manfaat Jalan Kaki – Di antara semua jenis olahraga, jalan kaki adalah yang paling sederhana. Kamu tidak perlu tambahan alat untuk melakukannya. Selain itu, ada banyak manfaat jalan kaki yang akan kamu dapat bila melakukannya secara rutin. Siapa sangka olahraga yang dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun ini menyimpan segudang manfaat.

Di luar negeri, olahraga ini sangat umum dilakukan. Bahkan banyak orang yang sengaja berjalan kaki dari rumah hingga ke tempat tujuan dengan berjalan kaki.

12 Manfaat Jalan Kaki Rutin

Menjaga Kaki Tetap Kuat

Dengan berjalan kaki, otot kakimu akan terlatih dan kuat. Otot kaki yang terlatih terutama pada betis. Tidak mengherankan jika orang-orang yang biasa berjalan kaki ke mana pun akan memiliki kaki-kaki yang kuat. Hal ini juga berlaku pada lansia. Banyak lo yang tetap aktif karena rutin berjalan kaki.

Memperbaiki Sistem Pencernaan

Siapa sangka dengan jalan kaki secara rutin manfaatnya akan sampai pada perut. Rutin berjalan kaki akan membantu mengaktifkan organ-organ yang ada di dalam tubuh, ttidak terkecuali organ pencernaan.

Selain itu, orang yang rajin berjalan kaki akan mempunyai metabolisme yang lebih baik. Saat seseorang berjalan kaki, pergerakan usus akan aktif. Hal ini membuat sistem pencernaan bekerja lebih baik.

Mencegah Arthritis dan Osteoporosis

Adapun kelebihan jalan kaki yang akan kamu dapatkan adalah mencegah arthritis serta tulang keropos (osteoporosis). Dengan meningkatnya aliran darah ke area yang tegang, gerakan jalan kaki akan memperkuat otot pada sendi.

Berjalan kaki juga dapat mencegah seseorang mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis. Hm, masih malas jalan kaki?

Bikin Cepat Langsing, Menu Diet Aman untuk Ibu Menyusui

Keluhan saat Hamil yang Sering Dirasakan dan Sebabnya

Menjaga Mood Tetap Baik

Apapun aktivitas olahraga yang kamu pilih dapat mengirim sinyal ke otak untuk mengatur suasana hati. Ini berlaku juga untuk berjalan kaki. Coba deh perhatikan, orang-orang yang berjalan kaki tampak bahagia kan?

Selain dapat membuat mood lebih baik, olahraga ini juga akan membuat orang tenang saat melakukannya. Hal ini disebabkan olahraga jalan kaki dilakukan secara santai.

Mengurangi Tingkat Stres

Manfaat jalan kaki selanjutnya dapat mengurangi tingkat stres jika dilakukan secara rutin. Gerakan yang kamu lakukan ketika berolahraga dapat menekan hormon kortisol. Hormon inilah yang menyebabkan stres dan depresi pada seseorang.

Sebaliknya, endorfin atau hormon bahagialah yang lebih banyak diproduksi.

Meningkatkan Energi Tubuh

Dengan berjalan kaki paling tidak 20 menit sehari terbukti dapat meningkatkan energi tubuh. Mungkin pada orang dengan usia muda tidak begitu terlihat tapi hal ini sangat signifikan dirasakan orang lanjut usia. Jadi, tidak salah jika olahraga ini cocok dilakukan orang tua.

Meningkatkan Sistem Imun

Secara umum, berolahraga akan memberi manfaat untuk menjaga sistem imun termasuk dengan rutin berjalan kaki dengan intensitas tinggi.

Selain itu, rajin berjalan kaki beberapa menit sehari akan membantu seseorang meredakan gejala atau meringankan penyakit tertentu.

Membakar Kalori dan Menurunkan Berat Badan

Ingin kembali memiliki tubuh langsng, coba deh rutin berjalan kaki beberapa menit sehari. Aktivitas ini bisa membantu membakar kalori di dalam tubuh. Tingkat kesuksesan dalam melunturkan lemak akan semakin tinggi kalau kamu juga mengatur pola makan dan tidur cukup.

Menghindari Risiko Terkena Penyakit Kronis

Berjalan kaki dapat membantu menurangi risko terkena penyakit berat seperti diabetes, jantung, stoke, dan penyakit serius lainnya. Dahsyat bukan? Sebuah riset di The New England Journal of Medicine tahun 2002 menemukan, orang yang berjalan kaki secara rutin setidaknya dengan durasi 30 menit dalam 5 hari seminggu mempunyai risiko terkena penyakit kardiovaskular 30 persen lebih rendah.

Bukan cuma itu. Aktivitas ini juga dapat mengendalikan kadar gula darah. Jadi begini, aktivitas bisa dilakukan dengan menggunakan kadar gula dalam darah. Dengan begitu, produksnya akan terkontrol.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Kalau kamu akhir-akhir ini sering susah tidur, coba deh berjalan kaki secara rutin. Jangan sedikit-sedikit pakai kendaraan ya. Jalan kaki sangat efektif memperbaiki kualitas tidur. Hormon melatonin atau dikenal dengan hormon yang berperan dalam proses tidur seseorang akan diproduksi selama berolahraga.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat tidak terduga lain dari berjalan kaki secara rutin adalah menurunkan tekanan darah. Jadi, sangat baik dilakukan orang yang memiliki riwayat darah tinggi.

Dengan berjalan kaki, tekanan darah sistolik dan diastolik dapat diturunkan hingga 3,8 mmHg dan 0,3 mmHg.

Melindungi Kesehatan Mata

Manfaa yang cukup membuat terkejut adalah berjalan kaki diyakini dapat melindungi kesehatan mata manusia.

Disebutkan dalam The Journal of Neuroscience tahun 2014, aktivitas jalan kaki secara rutin bisa melindungi kemampuan penglihatan seiring bertambahnya umur.

Jalan kaki adalah olahraga yang sederhana dan ringan untuk dilakukan siapa pun. Oleh karena itu, masuk akal jika banyak pakar kesehatan menyarankannya. Jika menurutmu 10.000 langkah terlalu banyak, kamu cukup melakukannya 7.500 langkah. Jumlah tersebut sudah cukup kok untuk menjaga tubuhmu tetap sehat. Setelah membaca manfaat jalan kaki di atas, masih mau meremehkan aktivitas ringan ini?

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *