Sulit Akur dengan Mertua? Begini Cara Menghadapinya
Kategori: Relationship
hasil penelusuran terbaik sulit akur dengan mertua

Sulit Akur dengan Mertua – Menikah tidak hanya meyatukan dua orang, tetapi juga dua keluarga. Hanya saja, terkadang hubungan antara mertua dan menantu tidak selalu lancar. Ada saja persoalan yang timbul sehingga sulit akur dengan mertua.

Ada banyak kasus perselisihan yang terjadi dengan mertua yang diangkat ke layar kaca. Kalau kamu pernah menontonnya, mungkin akan uring-uringan sendiri karena gemas dengan sosok mertua yang digambarkan bawel dan suka ikut campur.

Lalu, bagaimana jika hal itu menimpamu? Apa yang harus dilakukan? Yuk, intip solusinya!

Tips Bila Sulit Akur dengan Mertua

Sayangi dan Perlakukan Mertua Selayaknya Orang Tua Kandung

Sudah semestinya kamu menjalin keakraban dengan mertuamu. Tunjukkan kasih sayang tulus kepadanya seperti kamu kepada orang tua kandung. Bagaimanapun, mertua adalah orang yang sangat berharga bagi suami. Melihatmu memperlakukan mereka dengan baik seperti orang tua sendiri, suami pasti akan bahagia.

Kenali Mertuamu dengan Baik

Ketahui apa saja yang disukai atau dibenci oleh mertuamu. Kamu bisa menanyakannya kepada suami selaku orang yang paling dekat dengan mereka. Dengan mengetahui semua itu, kamu akan terhindar dari kesalahan yang berimbas pada renggangnya hubunganmu dengan mertua.

Ingat, setiap orang pasti mempunyai kebiasaan dan adat yang berbeda-beda ketika melakukan suatu hal. Begitu pula dengan mertuamu yang bisa jadi memiliki kebiasaan yang bertolak belakang dengan kebiasaanmu.

Luangkan Waktu Bersama Mertua

Mungkin bagi beberapa orang, meluangkan waktu dengan mertua adalah hal yang menakutkan. Tapi, ketika kamu sudah mengenal mertua dengan baik, tidak ada hal yang karus dikhawatirkan. Justru melakukan sesuatu bersama mertua atau mengunjunginya akan mendekatkan hubungan menantu-mertua.

Jika kamu tinggal berjauhan, mengunjungi mertua sangat disarankan. Apalagi jika kamu dan pasangan telah mempunyai momongan. Mertua pasti akan senang bertemu cucu-cucunya. Nah, buat kamu yang seatap dengan mertua, pergi bersama seperti berbelanja atau mengobrol santai bisa dilakukan. Pokoknya, jangan sampai mereka merasa dicampakkan ya.

Hargai Pendapatnya, Jangan Defensif

Beda generasi bisa menyebabkan beda pola piker. Perbedaan inilah yang kadang bisa menyulut pertengkaran. Ketika kamu ditegur karena satu hal, cobalah untuk tidak menunjukkan sikap melawan meski hanya melalui mimk wajah.

Kamu harus tetap tenang dan tersenyum ketika menghadapi situasi seperti ini. Kendalikan diri dan jangan mudah tersinggung jika mertua mengatakan hal dengan ketus.

Cara Mengatasi Mertua yang Menyebalkan dan Otoriter

Cara Berhubungan Suami Istri Sesuai Sunnah, Sudah Tahu?

Tawarkan Solusi yang Kamu Punya

Sulit akur dengan mertua biasanya karena kamu tidak mendengarkan sarannya tapi juga tidak punya alternatif. Kamu bakal semakin kesulitan dengan sikap ini. Sebaiknya, kamu dengarkan dulu nasehatnya sampai selesai kemudian pikirkan.

Oleh karena itu, jika tidak setuju, kamu harus menawarkan jalan keluar lain. Kalau terdengar lebih baik dari saran mertua, dia pasti akan menghargai pendapatmu. Di lain kesempatan, dia pasti akan mendengarkan pertimbanganmu.

Tapi, sampaikan dengan cara yang baik ya. Kamu tidak perlu membahas kelemahan saran mertua, cukup tunjukkan kelebihan jalan yang kamu punya.

Jangan Ragu Meminta Nasehatnya

Mertua memiliki pengalaman yang cukup banyak mengenai kehidupan meskipun tidak semua cocok dengan kondisi saat ini. Tapi, pasti ada pelajaran yang bisa kamu ambil. Begitu pula dengan nasehatnya.

Jangan ragu untuk meminta saran atau nasehat mengenai sesuatu yang belum kamu pahami. Komunikasi memang bisa melunakkan sebuah hubungan. Ketika merasa dibutuhkan, mereka akan membuka hatinya untukmu.

Berikan Perhatian Lebih

Jangan sungkan untuk memberikan perhatian meskipun sepele kepada mertua. Cobalah sesekali mengirim pesan atau sekadar bertanya apakah mertua sudah makan atau belum atau apa saja yang seharian ini dilakukan.

O ya, kamu juga wajib untuk mengingat hari-hari istimewa bagi mertuamu seperti ulang tahun atau ulang tahun perkawinan. Akan lebih baik jika kamu menyiapkan hadiah kecil untuk mertua atau pesta kejutan sederhana.

Kaamu bisa mencari tahu makanan favoritnya atau mengajaknya mekan bersama di restoran favoritnya. Duh, dijamin jadi menantu idaman deh!

Bantulah Mertuamu Ketika Kesulitan

Yang namanya manusia pasti punya persoalan hidup. Jangan tutup mata ketika mertuamu sedang terkena masalah. Coba berdiskusi dengan suami untuk membantu menyelesaikannya. Orang yang membantu di kala susah akan mendapat tempat istimewa. Betul tidak?

 Jangan Membandingkan Mertua dengan Orang Tua Kandungmu

Ketika sedang bersama mertua, jangan sampai kamu membandingkan kebiasaannya dengan orang tuamu. Apalagi jika seolah-olah kamu mengatakan kalau kebiasaan orang tuamu lebih baik.

Kalau pun memang demikian, lebih baik simpan saja dalam hati. Jangan sampai kamu malah menyinggung perasaan mertua ya.

Bersikap Sopan

Diomeli mertua seperti apa pun, kamu tetap harus bersikap sopan. Kamu bisa mengutarakan pendapatmu dengan baik dan halus. Tidak perlu terbawa emosi karena hanya akan membuat nilai buruk di hadapan mertua. Jangan pernah ragu juga untuk meminta maaf terlebih dahulu jika kesalahan itu berasal darimu.

Hm, bagaimana, cukup menantang ya jika sulit akur dengan mertua? Selamat berjuang!

Tags: ,