Supaya Langgeng, Cara Melindungi Pernikahan dari Perceraian
Kategori: Relationship

Cara Melindungi Pernikahan – Setiap pasangan tentu ingin menjalani kehidupan pernikahan sampai mau memisahkan. Tapi pernikahan ibarat gelas kristal yang harus dijaga supaya tidak pecah. Penting lo mengetahui cara melindungi pernikahan dari segala bahaya yang mengancam seperti perceraian.

Masalah tidak lantas berhenti datang hanya karena kamu dan pasangan disatukan oleh cinta. Akan ada berbagai bentuk godaan dan cobaan dalam kehidupan rumah tangga. Lalu bagaimana cara untuk menyelematkan pernikahan?

12 Cara Melindungi Pernikahan dari Perceraian

Singkirkan Ide Perceraian

Kalau kamu tidak ingin bercerai, yajangan pilih perceraian sebagai solusi. Seberat apa pun masalah yang sedang kamu dan pasangan hadapi, cobalah untuk tidak melirik opsi tersebut. Ada banyak lo pasangan yang akhirnya menyesal bercerai karena terpengaruh emosi.

Saat masalah mendera, ingatlah bagaimana kamu mencintai pasangan waktu awal menjalin hubungan. Latihan ini akan membuatmu menghargai kelebihan dan kekurangan pasangan.

Jaga Komunikasi

Keintiman tidak akan terjalin tanpa komunikas yang baik. Berbicara pada pasangan mengenai kehidupan, keinginan, cita-cita, dan perasaan merupakah hal yang penting. Eh, jangan lupa mendengarkan hal yang sama dari pasangan ya.

Saling Memaafkan

Awal mula pernikahan retak biasanya karena salah satu pihak menyimpan dendam. Kalau sudah begitu, perceraian akan menjadi salah satu pilihan menyelesaikan masalah. Sebaiknya, masing-masing pasangan memilih untuk memaafkan sebagaimana mengampuni diri sendiri.

Jangan tunda untuk meminta maaf atau memaafkan ya. Berlarut-larut itu tidak baik. Dengarkan apa yang dikatakan pasangan. Setelah itu, sama-sama berjanji untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Jangan Mencoba Mengontrol Pasanganmu

Jangan jadikan daalih terlalu mencintai dan tidak ingin kehilangan membuatmu membatasi pasanganmu. Saling mengontrol tidak ada dalam kamus pernikahan yang sehat. Yang seharusnya terjadi dalam pernikahan adalah saling menghargai dan bekerja sama dalam mengambil keputusan besar.

Bersama Mengingat Tuhan

Bersama-sama dalam mengingat Tuhan akan membuat hati terbuka. Sebaliknya, saat keduanya jauh dari Tuhan, hati akan mengeras dan tidak akan peduli pada apa yang membuat sang Pencipta marah. Jadi, jangan anggap enteng beribadah bersama ya.

Menjaga Jarak Pertemanan dengan Lawan Jenis

Kamu tidak seharusnya menghabiskan waktu berduaan dengan laki-laki lain selain suami. Hal ini termasuk saat kamu menjalankan kegiatan olahraga. Banyak hubungan yang dimulai dari hal-hal sepele seperti jogging bersama teman lawan jenis pada sore hari.

Jika suami tidak bisa menemanimu, lakukan kegiatan itu sendiri, dalam kelompok yang kebanyakan wanita, atau jangan lakukan sekalian. Dengan begitu, tidak akan ada rasa curiga. Kamu pun telah menutup pintu rapat-rapat untuk laki-laki lain.

Biar Kembali Greget, 6 Cara Jatuh Cinta Lagi pada Pasangan

Intip Yuk Tips Membina Rumah Tangga Harmonis Menurut Islam

Buat Batasan di Tempat Kerja

Salah satu tempat yang rawan perselingkuhan adalah kantor. Bayangkan, menghabiskan waktu 8 jam sehari atau lebih dengan rekan kerja bisa saja menimbulkan hubungan baru yang tidak kamu rencanakan. Karena itu, kamu dan pasangan harus berkomitmen bagaimana hubungan dengan rekan kerja akan berjalan.

Bijak Memilih Busana

Laki-laki adalah makhluk visual karenanya cara melindungi pernikahan adalah dengan menampilkan keindahan. Mereka suka dimanjakan “pemandangan” indah. Jadi, mulai sekarang bijaklah memilih baju yang kamu pakai di depan suami terutama saat mau tidur.

Pilihlah pakaian yang seksi meskipun pernikahan sudah berjalan lama. Menjaga api cinta terus menyala itu perlu lo. Bonusnya, suami yang tidak pernah mengalihkan pandangannya darimu.

Jaga Mata dan Telinga

Menjaga apa yang dilihat dan didengar sangat penting. Pasangan harus selalu menjaga untuk tidak melihat atau mendengar apa-apa yang dapat melunturkan hati dari pasangannya. Dengan begitu, dinding pernikahan akan tetap kokoh.

Jaga Diri dari Godaan Internet

Banyak wanita yang mencari pelampian kebutuhan emosionalnya melalui hubungan di internet. Padahal hal itu dapat membuat sakit kepala dan kecewa. Cinta sejati hanya bisa diperoleh dari cinta tanpa syarat.

Berhubungan dengan seseorang melalui internet hanya berdasar pada fantasi. Bisa jadi, hal itu akan menyeret kamu untuk berbuat lebih jauh seperti perselingkuhan secara seksual. Karena itu, hindari ya.

Luangkan Waktu Bersama

Salah satu hal yang paling ampuh melawan ketidaksetiaan adalah menghabiskan waktu bersama. Jika kamu sudah “sibuk” dengan bersama pasangan, tidak ada waktu lagi untuk orang lain kan? Kamu juga akan makin mengenal pasangan dan menumbuhkan rasa tenteram. Jadi kenapa harus menjadi orang sok sibuk untuk menyelamatkan pernikahan?

Buat Pasangan Percaya

Kepercayaan adalah hal yang paling utama dari pernikahan. Karena itu, kamu tidak boleh menyia-nyiakan kepercayaan pasangan padamu. Jangan hanya karena dia tidak keberatan kamu menghabiskan waktu dengan teman sekolah dulu, kamu malah menjadikan alasan untuk melanggar batas. Ingat, perselingkuhan itu berat dimaafkan lo.

Duabelas cara melindungi pernikahan ini akan menguatkan dinding pernikahanmu dari perceraian. Yuk praktikkan sebelum terlambat.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *