Tanaman Hias Berdaun Lebar, Bikin Rumah Makin Adem
Kategori: Home and Living
menampilkan penelusuran terbaik di pencarian google ketika orang mencari tanaman hias berdaun lebar.

Tanaman Hias Berdaun Lebar – Tanaman Hias berdaun lebar bisa kamu pilih untuk menciptakan suasana yang teduh dan asri. Selain cantik, tanaman hias berdaun lebar ini bisa menghias sudut rumah. Kamu perlu tahu kalau ada begitu banyak jenis tanaman hias yang mempunyai keindahan berbeda. Tak terkecuali tanaman yang lebar daunnya.

Nah, berikut ini beberapa contoh tanaman yang memiliki ukuran daun di atas rata-rata. Semuanya cantik kok!

Tanaman Hias Berdaun Lebar dan Mudah Ditanam

1. Pisang-pisangan

Tanaman hias berdaun lebar pertama yang bisa kamu pilih adalah pohon pisang-pisangan. Tanaman yang mempunyai nama Heliconia rostrana ini sangat pas ditanam di halaman rumah. Bentuknya hampir mirip seperti pohon pisang dalam bentuk mini.

Yang menarik, tingginya bisa mencapai 120 cm. Beberapa jenis pisang-pisangan juga memiliki daun yang lebar sehingga membuat kesan teduh. O ya pohon ini juga berbunga lo.

2. Tanaman karet kebo

Tanaman selanjutnya yang juga memiliki daun lebar adalah karet kebo. Warna daunnya hijau pekat namun kecokelatan di bagian bawahnya. Ketika masih kuncup, daunnya berwarna merah. Daun karet kebo keras dan lebar.  

Bukan cuma cantik. Tanaman ini juga mampu menyerap udara kotor dan racun di sekitarnya. Jadi, pas jika kamu menempatkannya di dalam rumah.

3. Tanaman Hias Berdaun Lebar; Kuping gajah

Tanaman lain yang bisa kamu tanam adalah kuping gajah. Sesuai namanya, daun tanaman ini lebar seperti telinga gajah. Bentuk daun tanaman ini mungkin seperti talas, tapi dengan bentuk hati yang cantik.

Ada kuping gajah hijau dan merah. Cara merawatnya juga mudah. Cukup jaga tanahnya tetap lembab dan aman dari sinar matahari langsung.

4. Monstera Deliciosa King

Nah, jenis monstera ini memiliki daun lebar. Bentuknya yang cantik dapat memperindah taman atau ruangan. Lebar daun monstera delisiosa king bisa mencapai 30-50 cm. Agar tumbuh dengan baik, tempatkan monstera ini di area sejuk yang terkena sinar matahari.

5. Tanaman anthurium pedatoradiatum variegated

Sama halnya dengan monstera, anthurium juga memiliki banyak jenis. Kalau mau mencari yang berdaun lebar, kamu bisa memilih anthurium pedatoradiatum variegated. Jenis ini sedang populer lo.

Selain ukuran daun yang besar dan lebar, anthurium jenis ini juga berbentuk menyerupai jari tangan manusia. Warna daunnya hijau muda dengan sedikit sentuhan putih lembut.

Jenis-Jenis Tanaman Hias Minim Perawatan untuk Kaum Sibuk

5 Manfaat Tamanu Oil Original untuk Kulit dan Rambut Sehat

6. Tanaman Hias Berdaun Lebar; Philodendron congo rojo

Tanaman ini agak mirip karet kebo. Sama-sama memiliki warna hijau pekat dengan sedikit burgundi di daun bagian bawah dan batangnya. Philodendron congo rojo atau red congo sangat cocok dijadikan tanaman hias di dalam ruangan. Perawatannya juga tidak ribet. Jangan sering disiram dan pastikan mendapat sinar matahari langsung.

7. Tanaman calathea ornata

Tanaman hias berdaun lebar terakhir adalah calathea ornata. Ada garis terang merah muda pada permukaan daunnya. Daun tanaman hias ini dapat berwarna hijau pekat atau hijau muda.

Demikian 7 tanaman yang memiliki daun lebar dan mudah dirawat. Mau koleksi yang mana nih?

Pupuk Alami untuk Tanaman

Jangan hanya menanam, kamu juga perlu pupuk agar tanaman hiasmu tetap indah dan sehat. Darpada beli, beberapa pupuk alami ini bisa kamu pakai lo. Apa saja?

Kulit pisang

Mulai sekarang, jangan langsung buang kulit pisang. Siapa sangka kulit pisang bermanfaat untuk tanaman. Jadi, kulit pisang kaya akan potassium, nitrogen, fosfor, dan magnesium.

Cara mengubah kulit pisang menjadi pupuk juga sederhana. Kamu bisa langsung menimbun kulit pisang di dalam pot. Cara berikutnya, bisa dengan mengirisnya. Setelah itu, campur dengan tanah atau media tanam lain sebelum kamu gunakan untuk mengisi pot. Cara lain, campurkan kulit pisang dengan air, kemudian jadikan pupuk cair alami untuk tanaman.

Cangkang telur

Tanaman hias berdaun lebar kamu bisa sehat dengan cangkang telur. Cangkang telur kaya akan kalsium dan bisa membantu menurunkan tingkat keasaman tanah. Kulit telur mengandung fosfor dan mineral lain yang dapat membantu pertumbuhan tanaman.

Akan tetapi, sebelum menggunakan kulit telur, pastikan kamu menghiangkan membran di dalamnya. Cuci kulit telur dan keringkan. Agar lebih mudah, hancurkan kulit telur dan campur dengan tanah atau media tanam. Kamu juga bisa merendam cangkang di dalam air selama semalam. Selanjutnya pakai sebagai pupuk cair.

Air rebusan sayur

Kamu bisa menyiram tanaman dengan air bekas merebus atau mengukus sayuran lo. Ternyata ada nutrisi di dalamnya yang dibutuhkan tanaman. Akan tetapi, jangan siramkan dalam keadaan panas ya. Tunggu dingin baru gunakan.

Kopi

Halo pencinta kopi, kamu bisa lo menyuburkan tanaman hias dengan ampas minuman kesukaanmu ini. Caranya juga mudah. Campurkan satu sendok ampas kopi dengan air dan gunakan untuk pupuk. Ampas kopi akan membuat tanah lebih asam sehingga cocok untuk kaktus, pakis, dan tanaman giok.

Selain keempat bahan di atas, kamu juga bisa memanfaatkan rambut dan teh hijau. Semoga ulasan tanaman hias berdaun lebar dan pupuk alami di atas bermanfaat.

Tags: ,