Tips Agar Anak Suka Ikan yang Harus Dicoba Orang Tua
Kategori: Parenting

Tips Agar Anak Suka Ikan – Bukan cuma sayu, anak juga biasanya tidak terlalu suka ikan. Padahal ikan mengandung banyak manfaat untuk pertumbuhan. Lalu bagaimana tips agar anak suka ikan untuk makan? Sebagian besar orang tua mungkin sering bertanya-tanya.

Sebagai informasi, beberapa ikan mengandung omega 3 sehingga bermanfaat untuk menunjang perkembangan otak serta kecerdasan anak. Karena itu, rugi lo kalau sampai anak tidak mengenal ikan.

Tips Agar Anak Suka Ikan dan Lahap

Cermat Memilih Ikan

Jangan asal ikan untuk diperkenalkan dengan si kecil. Kamu harus cermat memilihnya. Jangan berikan ikan dengan banyak duri. Jika sampai dia tertelan duri, besar kemungkinan akan kapok mencoba kembali.

Ada banyak jenis ikan yang bisa kamu coba sebagai awalan seperti salmon, kakap, tengiri, cakalang, tuna, dan lain-lain.

Pastikan Tidak Amis

Salah satu hal yang membuat anak malas makan ikan adalah bau amisnya. Karena itu usahakan agar bau amisnya tidak ada. Kamu bisa memberi perasan jeruk lemon atau jeruk nipis untuk menghilangkan baunya. Merendamnya selama beberapa menit sebelum mengolahnya juga lebih baik.

Campurkan Ikan ke dalam Makanan Favoritnya

Agar anak kenal ikan, mungkin bisa “nebeng” pada makanan favoritnya. Misalnya menjadikan ikan sebagai topping pizza atau burger. Dengan begitu dia akan lebih akrab pada rasa ikan. Tapi sebaiknya, beritahukan kalau yang dia makan adalah ikan. Jangan membuat anak menyukai sesuatu dengan membohonginya ya.

Olah Sedemikian Rupa

Jika biasanya kamu mengolah ikan begitu saja, cobalah dengan cara lain agar anak tertarik. Kamu bisa mencoba membuat nugget yang lebih menarik di mata anak-anak dengan bahan ikan.

Bisa juga dengan membaluri ikan dengan tepung dan membentuknya seperti bola sebagai bekal ke sekolah. Bentuk yang unik akan membuat anak mudah menerima ikan. Hm, berawal dari mata turun ke perut.

Perhatikan Teksturnya

Sebagian orang dewasa mungkin lebih menyukai tekstur ikan yang garing. Tapi belum tentu anak menyukainya. Tekstur kering juga akan membuat anak sulit mengenali rasa asli ikan.

Coba olah ikan menjadi tidak terlalu kering. Daging yang lembut tentu lebih mudah dimakan. Karena itu, perhatikan bagaimana kamu mengolahnya. Pastikan mudah dikunyah.

Jangan Frustrasi, Ini 7 Tips Membuat Anak Suka Sayur

Tidak Pakai Gemas, Ini 5 Cara Mendampingi Anak Sekolah Online

Libatkan Anak

Kamu bisa mengajak anak untuk memilih ikan di supermarket. Akan lebih baik jika kamu juga menjelaskan apa manfaat ikan yang dipilihnya. Susun juga rencana akan diolah bagaimana ikan tersebut. Tentunya bersama anak.

Jika anak sudah berusia balita, kamu bisa mengajaknya mengolah ikan. Dengan melibatkan anak, diharapkan dia akan lebih tertarik mencobanya saat makan nanti.

Berikan Contoh

Tips agar anak suka ikan selanjutnya adalah memberi si kecil contoh. Saat makan tunjukkan kalau kamu dan anggota keluarga lainnya sangat menikmati olahan ikan. Jika melihat semua orang menikmatinya dia akan tergerak untuk mencobanya juga. Orang tua akan menjadi panutan anak. Karena itu, tunjukkan kalau kamu dan pasangan juga suka ikan.

Akan lebih mudah jika saat mengonsumsi makanan pendamping ASI, kamu sudah mengenalkannya pada ikan. Saat balita, dia tidak akan asing lagi pada rasa ikan.

Jangan Memaksa, tapi Jangan Menyerah

Kamu tidak perlu memaksa anak untuk mengonsumsi ikan. Paksaan hanya akan membuat resistensina bertambah. Dia akan semakin menolak ikan.

Apalagi kalau kamu sampai menjejalkan ikan ke dalam mulutnya. Hal itu akan membuatnya trauma dan membenci ikan. Kamu bisa mendapat masalah baru jika ini terjadi.

Tetaplah menyediakan olahan ikan saat makan. Dia melirik atau tidak, itu tidak masalah. Teruslah merekomendasikan menu tersebut untuk anak.

Ubah Persepsinya tentang Ikan

Kadang anak malas makan ikan karena bentuknya yang agar seram. Beberapa ikan bahkan tampak seperti monster. Tapi kamu bisa mengubah imej itu dengan membuatnya dalam bentuk yang lucu.

Bentuklah daging ikan seperti lolipop, bakso ikan, atau yang lainnya. Meski ini membutuhkan lebih banyak usaha, yakinlah tidak akan sia-sia. Membentuknya sama sekali berbeda bukan berarti kamu tidak mengatakan pada anak bahwa yang dia makan adalah ikan ya. Dia hanya perlu tahu bahwa ikan bisa dibuat lebih lucu.

Ajak Memancing

Kegiatan ini dapat mengenalkan anak pada ikan. Dengan begitu, dia akan tahu bahwa tidak ada hal yang perlu ditakuti. Mengajakanya memasak ikan di pemacingan juga sepertinya ide yang bagus. Apalagi di pemancingan, dia akan melihat anak lain yang juga menyantap ikan.

Tanpa perlu membandingkan atau membuatnya rendah diri, dia akan membuka hatinya untuk ikan dengan sendirinya.

O ya, kamu tidak perlu membuat anak mekan ikan setiap hari jika itu tidak memungkinkan. Cukup dengan 2 atau 3 kali seminggu. Demikian tips agar anak suka ikan. Semoga bermanfaat ya. Yuk, makan ikan biar tidak ditenggelamkan. He    

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *