Tips Menghadapi Suami Berbohong yang Layak Dicoba Istri
Kategori: Relationship

Sebagai manusia, suami pasti pernah melakukan kesalahan seperti berbohong. Pasti sangat tidak enak ya mengetahui pasangan berbohong. Karena itu kamu kudu tahu tips menghadapi suami berbohong agar masalah ini tidak jadi besar. Jangan remehkan urusan berbohong ya. Berbohong bisa menjadi candu bagi pelakunya. Awalnya sih melakukannya karena terpaksa, tapi lama kelamaan akan menjadi kebiasaan.

Pernikahan yang dihiasi dengan kebohongan tentu bukan impianmu. Pasangan yang jujur dan bersikap terbukalah yang akan membuat rumah tangga langgeng dan bahagia. Eits, tapi tidak seharusnya suami yang berbohong langsung kamu cap sebagai penjahat. Dia pasti punya alasan tidak bisa berkata jujur dan apa adanya. Karena itu kamu perlu sedikit usaha agar kebiasaan ini hilang.  

Tips Menghadapi Suami Berbohong

Jangan Langsung Marah

Langkah pertama ini memang berat ya. Setelah tahu suami menyembunyikan kebenaran, istri mana sih yang bisa tahan? Pasti pengin banget marah dan meledak-ledak. Tapi cobalah ambil napas panjang dan hembuskan. Tenangkan diri dan pikiran untuk menghindari rasa marah.

Walau tampak melegakan, marah sebenarnya membawa konsekuensi. Suami tidak akan berubah hanya karena kamu marah. Justru, kemarahan ini akan dijadikan alasan untuk tidak menyampaikan kejujuran.

Cari Tahu Penyebabnya

Cobalah menjadi dirinya dan mengira-ira penyebab dia berbohong. Misalnya lembur di kantor atau habis menemani teman di luar. Hal ini lebih baik ketimbang memberondongnya dengan berbagai pertanyaan yang menyudutkan. Ingat, sebagian besar laki-laki tidak suka disudutkan.

Ajak Bicara Baik-Baik

Jangan menganggap melabrak pasangan setelah ketahuan berbohong sangat keren. Hal itu sangat tidak benar. Kamu hanya akan membuat masalah baru. Lebih baik, ajak dia bicara dalam situasi yang mendukung.

Alih-alih bilang marah, katakan kamu sedih karena mengetahui dia berbohong. Usahakan hanya ada kamu dan pasangan saat mengobrol. Beri kesempatan dia untuk berbicara. Jangan memotong kata-katanya. Singkirkan juga muka masam atau marahmu. Rendahkan juga nada bicaramu.

Tidak ada salahnya juga kamu menyiapkan camilan kesukaannya. Semua situasi di atas akan membuatnya lebih rileks,

Patut Dicoba! 8 Cara Mengubah Kebiasaan Buruk Pasangan

7 Tips Membangun Keluarga Sakinah, Mawaddah, Warrahmah yang Didambakan

Kumpulkan Skenario Terburuk

Secara insting, kamu pasti sudah menduga-duga apa yang membuatnya berbohong. Tidak masalah lo kalau kamu mengumpulkan semua kemungkinan itu. Dengan demikian, kamu telah menyiapkan mental saat dia mengatakan yang sebenarnya.

Kamu pasti mengharapkan yang terjadi bukan hal besar. Tapi jika itu yang justru terjadi, kamu harus siap mendengarnya.

Sampaikan Pendapatmu secara Logis

Setelah kamu mendengar alasannya, tips menghadapi suami berbohong selanjutnya adalah menyampaikan pendapatmu selogis mungkin. Tapi, kamu harus ingat bahwa ini tidak bertujuan menjatuhkan pasangan. Kamu hanya ingin menunjukkan bahwa kamu baik-baik saja jika dia jujur saat itu.

Buat dia berpikir bahwa kamu sangat terbuka dan bisa tetap mendukungnya. Cerna setiap pengakuannya kepadamu dan jangan terburu-buru mengatakan sesuatu jika menurutmu kamu butuh waktu. Pastikan kepalamu dingin ketika menanggapi suami.

Berikan Solusi

Jangan hanya berperan sebagai hakim dan memutuskan dia bersalah. Kamu juga harus menjadi partner hidupnya yang membantunya melewati persoalan. Lebih lagi jangan hanya merasa sebagai korban karena dia membohongimu.

Carilah solusi untuk masalah ini. Jika kamu memang mencintainya, kamu pasti akan memikirkan bagaimana langkah berikutnya agar hal ini tidak lagi terjadi. Fokusmu adalah membuatnya berhenti berbohong.

Contoh kecil yang bisa kamu lakukan adalah membuatnya berkomitmen. Misalnya, dia pergi bersama teman-temannya, kamu memintanya untuk pulang setelah dua jam dan dia harus memenuhinya. Atau buat hari bebas tertentu di mana pasangan bebas pergi satu kali dalam satu minggu. Begitu pun denganmu.

Bersama Memperbaiki Diri

Jika kebohongan suami masih bisa kamu toleransi, segera tutup masalah ini dengan memintanya berjanji tidak akan mengulangi kesalahan itu. Perbaiki komunikasi dengan pasangan agar lebih lancer sehingga kebohongan bisa diminimalisasi.

Kalau perlu, buat daftar kekurangan diri masing-masing yang masih mungkin dibenahi. Dengan begitu, hubungan yang harmonis bisa terjalin kembali. Jalankan rencana perbaikan diri ini secara konsisten ya. Kalau tidak, masalah yang sama bisa terulang.

Maafkan dan Lupakan

Jika masalah yang disembunyikannya kecil, memaafkan dan melupakan kebohongan ini tentu lebih mudah. Nah bagaimana jika ini kebohongan serius? Hm, memang butuh pemikiran dan hati seluas samudra. Meski terlihat sulit tapi ini mungkin kok.

Coba ingat saat kamu memilihnya dibanding orang lain sebagai pendamping hidupmu. Masalah ini hanya salah satu konsekuensi. Sekarang fokusmu adalah menghentikan kebohongan ini sebelum menggerogoti keutuhan rumah tanggamu.

O ya jangan merasa masalah ini membuat hidupmu berakhir. Ini hanya serangkaian cobaan yang bisa terjadi pada siapa saja. Sebuah ujian menuju pribadi yang berkembang dan keluarga bahagia. Jadi, jangan lantas stres ketika pasangan kedapatan berbohong ya. Semoga tips menghadapi suami berbohong di atas bermanfaat.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *