Waktu Terbaik Hamil Setelah Caesar, Jangan Terburu-Buru ya!
Kategori: Pregnancy
waktu terbaik hamil setelah caesar

Waktu Terbaik Hamil Setelah Caesar – Operasi Caesar membawa konsekuensi termasuk mengatur kapan boleh hamil kembali. Ada banyak pertimbangan yang harus diperhatikan jika ingin menambah momongan. Lalu, kapan waktu terbaik hamil setelah Caesar? Apa saja pertimbangannya?

Sudah jadi rahasia umum jika kamu tidak boleh buru-buru hamil lagi setelah menempuh operasi Caesar untuk melahirkan. Tubuh perlu waktu untuk kembali pulih sepenuhnya. Masa pemulihan operasi Caesar memang lebih lama dibanding melahirkan normal.

Oleh karena itu, apabila kamu punya rencana hamil lagi, berdiskusilah dulu dengan dokter. Agar kamu punya gambaran apa saja yang harus diperhatikan, berikut ini uraiannya.

Mengapa Perlu Mencari Waktu Terbaik Hamil Setelah Caesar?

 Tubuh butuh Waktu untuk Pulih

Dilansir dari situs Parents, sebagian besar dokter kandungan akan memberi saran untuk menunggu setidaknya selama 18-24 bulan usai operasi caesar untuk bisa hamil lagi. Tim dokter akan melihat interval interpregnancy (IPI) dalam mempertimbangkan waktu yang aman untuk hamil lagi ini. Jadi tidak boleh asal ya.

Apa itu IPI? IPI adalah perhitungan waktu sejak lahir hingga awal kehamilan berikutnya. Ternyata, banyak dokter kandungan yang berpendapat kalau IPI yang pendek (kurang dari 18 bulan) bisa memberikan risiko komplikasi kehamilan yang lebih tinggi. Tidak mau kan jika kehamilan berikutnya terjadi masalah?

Hamil Terlalu Cepat Setelah Operasi Caesar Membawa Risiko

Dalam sebuah penerlitian menunjukkan bahwa wanita yang hamil kurang dari 6 bulan setelah operasi Caesar mengalami peningkatan komplikasi seperti rahim pecah atau berat badan bayi rendah.

Terlebih lagi, jika pada proses melahirkan berikutnya ingin melahirkan normal atau yang dikenal dengan istilah vaginal birth after caesarian (VBAC). Agar rencana tersebut mulus, kamu butuh jeda yang lebih lama yaitu sekitar 2 tahun.

Sebagai informasi, tingkat rupture uterus lebih tinggi jika VBAC dipilih kurang dari dua tahun. Oleh karena itu, kamu harus selalu berdiskusi dengan dokter.

Masih Nyut-nyut? Ini Lo 5 Penyebab Bekas Caesar Nyeri

Bikin Subur, 7 Jenis Makanan Agar Cepat Hamil Menurut Riset!

Mitos Kehamilan yang Ternyata Fakta, Sudah Tahu Belum?

Alasan Tubuh Perlu Jeda untuk Hamil Setelah Caesar

Menyarankan adanya jeda waktu untuk hamil sangat beralasan. Seperti yang dikutip dari Baby Centre, konsultan kebidanan dan kandungan Royal London Hospital Joseph Aquilina menyatakan dua adalasannya.

Alasan pertama, tubuh perlu waktu untuk sembuh total. Jika dibanding dengan proses melahirkan normal, waktu yang diperlukan untuk pemnyembuhan pasca-caesar lebih lama. Pastinya, tubuh perlu waktu yang cukup untuk pulih agar bisa hamil lagi.

Biasanya, dokter akan membuat sayatan di sepanjang bagian atas rambut vagina pada kebanyakan operasi Caesar. Bekas luka ini akan sembuh sekitar tiga bulan kemudian. Tapi alangkah baiknya jika memberikan waktu yang lebih lama dari itu. Hal ini sangat penting sebagai persiapan tubuh untuk hamil lagi.

Lalu apa risikonya jika ingin VBAC tapi jeda waktu kurang? Yang mungkin terjadi adalah ruptur uteri dan plasenta previa. Kedua komplikasi tersebut sangat serius dan harus selalu dalam pantauan dokter.

Selain itu, dengan memastikan waktu terbaik hamil setelah caesar, orang tua dapat mengurus bayi dengan lebih baik sembari menyiapkan mental untuk kehamilan berikutnya.

Proses Pemulihan Setelah Operasi Caesar

Usai operasi caesar, kamu biasanya baru diizinkan pulang setelah 3-5 hari perawatan di rumah sakit. Di rumah, juga harus cukup istirahat dan tidak memaksakan diri banyak bergerak.

Tidak ada salahnya jika meminta bantuan anggota keluarga untuk mengurus keperluan rumah tangga. Kamu jadi bisa fokus mengurus bayi.

Hal yang tidak boleh dilakukan wanita setelah melakukan operasi Caesar adalah mengangkat beban yang terlalu berat. Kamu harus senantiasa menjaga kesehatan tubuh dan memastikan cukup minum air putih.

Untuk urusan ranjang pun harus ditunda. Terutama, jika area bekas luka masih terasa kurang nyaman.

Perawatan bekas luka Caesar juga harus sangat diperhatikan. Pastikan selalu bersih dan tetap kering. Kenakan pakaian longgar dan waspadai gejala awal infeksi seperti kemerahan, nyeri, bengkak, ada bau tidak sedap, demam tinggi, atau perdarahan. Jangan tunda untuk pergi ke dokter jika mengalami salah satu gejala di atas.

Kapan Boleh Berhubungan Intim dengan Suami Setelah Operasi Caesar?

Menurut situs Medical News Today, berhubungan intim sebaiknya dihindari pasangan paling tidak 4-6 minggu setelah melahirkan. Hal ini juga berlaku untuk proses melahirkan Caesar.

Pendapat serupa juga dikemukakan asisten profesor di Purdue University College of Health and Human Sciences Andrea DeMaria. Dia menyebutkan, jeda 6 minggu ini sebenarnya tidak mutlak. Semua disesuaikan dengan kondisi tubuh.

Kalau pun kamu merasa sudah siap untuk kembali berhubungan seksual. Sebaiknya tidak terburu-buru. Perhatikan juga respons tubuh, kemungkinan rasa nyeri pada bekas luka, kurang nyaman, dan hal lainnya. Gejala infeksi masih mungkin terjadi sehingga kamu harus selalu memantaunya.

Hm, sudah tahu kan waktu terbaik hamil setelah Caesar? Konsultasikan dulu ke dokter ya!

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *