Hati-Hati, Efek Sering Telat Makan saat Hamil yang Harus Diwaspadai
Kategori: Pregnancy
Telat Makan Saat Hamil

Telat Makan saat Hamil – Tidak semua ibu hamil memiliki nafsu makan yang baik. Ada yang mencium aroma masakan saja langsung mual sehingga merasa tidak sanggup memakannya.

Biasanya sih ini terjadi saat awal kehamilan. Banyak dari ibu hamil akhirnya mengabaikan gangguan ini dan melewatkan jam makan. Padahal efek sering terlambat makan saat hamil tidak bisa dianggap remeh. Kesehatan janin dalam kandungan bisa terancam. Lalu apa saja dampak ibu hamil sering men-skip waktu makan?

9 Efek Sering Telat Makan saat Hamil

Berat Badan Naik Drastis

Bingung kenapa sering melewatkan makan tapi justru berat badan bertambah? Begini, saat kamu sering tidak makan akan terjadi gangguan sistem tubuh. Gangguan inilah yang membuat berat badan naik drastis.

Kalau kamu menghindari makan karena ingin mengurangi berat badan, justru kamu akan mendapati hasil yang berkebalikan yaitu berat badan semakin naik. Ibu hamil memang tidak boleh terlalu gemuk, tapi untuk mengatasinya kamu butuh dokter yang tepat. Jangan asal skip makan ya.

Gangguan Hormon

Melewatkan jam makan juga membuat keseimbangan hormon terganggu. Hormon kortisol akan terganggu sehingga kamu akan mudah stres. Salah satu fungsi hormon ini adalah pengendali stres. Selain itu, ketimpangan hormon ini juga bisa membuat kamu cepat gemuk dan mudah lelah.

Menimbulkan Masalah Pencernaan

Makan tiga kali sehari dengan menu sehat bukan cuma agar kamu kenyang dan janin bisa kerkembang, tapi juga menjaga kesehatan pencernaan. Kalau makannya sering ditinggal, gimana mau sehat?

Baik untuk Ibu Hamil, 9 Makanan Kaya Protein

Salah satu gejala yang gangguan yang sering muncul adalah mual dan muntah. Hal ini diakibatkan asam lambung yang naik. Nah, kalau tidak makan asam lambung makin sulit dikendalikan. O ya, ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit maag juga kudu berhati-hati ya?

Gangguan pencernaan lain adalah diare. Jangan salah, diare juga bisa menyerang ibu hamil yang jarang makan lo.

Gampang Lelah

Sistem metabolisme bisa berjalan lambat jika kamu makan terlambat. Karena itu pula badan jadi mudah lelah. Kalau sudah begini, fungsi normal tubuh bakalan terganggu kan? Bisa jadi saat kamu mengeluh kelelahan, hal itu bukan karena bawaan bayi. Tapi karena kamu tidak makan dengan benar. Jadi, jangan menganggap hal ini biasa ya.

Oang normal yang tidak makan saja gampang lelah, apalagi kamu yang sedang hamil dan membutuhkan nutrisi lebih. Jadi, jangan melewatkan makan ya? Tidak masalah kok jika hanya sedikit makanan yang masuk. Yang penting frekuensi makannya sering dan bergizi.

Kebiasaan Makan Terpengaruh

Terlalu sering melewatkan jam makan tentu akan membuat hal ini menjadi kebiasaan. Kalau sudah terbiasa, bisa sulit menghilangkannya dan menganggap ini biasa. Karena itu, jangan melewakan jam makan. Meskipun nafsu makan terganggu, cobalah tetap mengonsumsi sesuatu seperti buah-buahan atau sereal.

Berisko Terkena Diabetes Gestasional

Pasien yang terkena diabetes sebaiknya tidak melewatkan waktu makan. Kalau sampai kekurangan glukosa, penyakit bisa tambah parah. FYI, diabetes yang diderita saat hamil atau yang dikenal dengan gestasonal dapat mengakibatkan masalah seperti berat badan bayi berlebihan dan risiko operasi Caesar.

Biasanya dokter akan memberi tahu sejak awal jika kamu terindikasi mengalamai gestasional. Karena itu jangan melewatkan janji dengan dokter untuk cek up kehamilan ya? Masalah kesehatan yang mungkin muncul alan lebih mudah diantisipasi.

Mood Swing

Sering Telat Makan saat Hamil bisa mengakibatkan mood swing. Saat merasa lapar kamu akan marah. Inilah akibatnya kalau sudah terlalu sering mengabaikan makan. Dampaknya akan merembet pada sistem metabolism dan perubahan hormon.

Selain makan tepat waktu, kamu juga bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan untuk menenangkan pikiran. Yakinlah bahwa perubahan emosi itu hanya akan berlangsung sementara. Berolahraga jugabisa banget membuat perasaan lebih bahagia dan menambah nafsu makan.

Telat Makan Saat Hamil Berdampak Menurunkan Kesehatan

Kebayang tidak sih kalau efek melewatkan makan bisa separah ini? Tapi bagaimana bisa tidak makan membuat kesehatan otak menurun? Hal ini bisa terjadi karena glukosa merupakan bahan bakarnya otak. Jika tidak ada glukosa yang diproduks karena tidak ada makanan yang masuk, bisa terjadi penurunan kesehatan otak.

Makan “Balas Dendam”

Saat ibu hamil melewatkan jam makan, dia mungkin akan berpikir untuk makan lebih banyak jika nafsu makannya kembali nanti. Akibatnya, karbohidrat yang masuk bisa tidak terkontrol.  Kuantitas makanan yang tiba-tiba ini juga akan membuat perut merasakaget dan harus bekerja keras.

Jadi demikian efek sering Telat Makan saat Hamil yang harus kamu ketahui. Mungkin tidak mudah ya untuk tetap makan saat mulut menolak tapi kamu pasti bisa. Jangan ragu untuk meminta dukungan dari pasangan dan keluarga. Yuk, lawan rasa malas makan biar kehamilan lebih sehat dan bahagia.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *