Mainan Edukasi Anak 1 Tahun Terbaik yang Sebaiknya Dimiliki
Kategori: Parenting
hasil terbaik pencarian mainan edukasi anak 1 tahun

Mainan Edukasi Anak 1 Tahun – Ketika sudah 1 tahun, anak akan lebih terlihat rasa ingin tahunya. Orang tua perlu memberi dorongan untuk tumbuh kembang anak dengan gerakan, suara, dan hal lainnya. Sepertinya memberinya mainan edukasi anak 1 tahun juga bisa dipertimbangkan. Medium berupa mainan bisa membantu tumbuh kembangnya asalkan tepat.

Sebelum membeli, sebaiknya kamu mencari tahu mainan seperti apa yang tepat untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otaknya. Maklum, ada begitu banyak jenis mainan di pasaran. Kecermatan orang tua sangat dibutuhkan. Sayang kan mainan yang terlanjur dibeli ternyata tidak sesuai untuk anak?

Lalu mainan seperti apa yang sesuai untuk anak usia 1 tahun? Yuk, simak ulasan berikut!

Mainan Edukasi Anak 1 Tahun Terbaik

Berdasarkan studi dari The American Academy Pediatrics (AAP), mainan edukasi yang sesuai akan membantu tumbuh kembang anak serta meningkatkan kemampuan dalam belajar hal-hal baru.

Ada beberapa mainan edukasi yang direkomendasikan untuk anak 1 tahun. Semuanya dapat mendorong kemampuan gerak atau fisik, mental, juga perkembangan emosi. Berikut ini mainan edukasi untuk anak usia 1 tahun yang dapat diberikan.

Mainan Rumah Rumahan Anak

Meskipun sederhana, bermain rumah-rumahan memiliki berbagai manfaat untuk anak. Dengan permainan ini anak dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi. Menurut penelitian, kapasitas kognitif bisa dilatih dengan bermain peran lo.

Permainan ini juga dapat memperkaya bahasa dan kemampuan komunikasi. Tentunya hal ini sangat baik untuk anak usia 1 tahun yang sedang dalam tahap belajar bicara. Main rumah rumahan juga bisa mendukung kekuatan fisik. Pas banget kan untuk anak yang masih belajar keseimbangan.

Mainan Musik

Biasanya anak usia 1 tahun masih suka memukul-mukul benda. Oleh karena itu, mainan jenis ini sangat cocok. Anak dapat memukul-mukul mainan ini sekaligus menghasilkan musik.

Musik bisa membantu perkembangan motorik halus, koordinasi gerak, kemampuan berbicara, dan membantu anak mengatur emosi.

Ring Donat

Mainan berikutnya adalah menyusun donat. Dengan mainan jenis ini anak akan dapat melatih gerak motoriknya. Pada usia ini anak senang menyentuh banyak benda. Dia akan belajar menyusun donat beraneka warna dan ukuran.

Tidak sekadar menyusun, anak juga akan belajar mengira-ira bagaimana cara menata dengan benar. Anak bisa saja menyusun donat berdasarkan warna yang disukai. Dia juga akan belajar melatih koordinasi mata dengan tangan.

Mainan Masak Masakan Anak

Biasanya permainan ini disukai anak perempuan. Anak memang senang mencontoh orang tuanya. Tidak heran jika dia juga ingin melakukan aktivitas yang serupa dengan orang tuanya, seperti memasak.

Tips Mengatasi Stres Anak dengan Play Therapy, Sudah Tahu?

4 Cara Memilih Mainan Anak Perempuan Murah dan Asyik

Mainan anak perempuan murah ini bisa didapat di berbagai pusat perbelanjaan atau toko mainan di dekat rumah. Berbagai miniatur alat masak dapat membuat anak berimajinasi. Ibu juga dapat mengajari apa saja guna alat masak tersebut dan bagaimana menggunakannya. Dengan mengenal semua fungsinya, anak akan berhati-hati ketika berada di dapur.

Learning Table

Bisa dibilang mainan ini all in one. Anak dapat menemukan berbagai mainan dalam satu meja. Bukan cuma mainan edukasi anak 1 tahun, mainan ini bisa ditujukan mulai usia 6 bulan hingga 3 tahun. Awet juga ya? Kalau dipikir-pikir, dengan membeli mainan ini orang tua bisa lebih berhemat.

Pasalnya berbagai mainan dapat diperoleh dalam satu meja. Manfaat lain mainan ini adalah mampu melatih gerak motorik kasar dan halus anak sekaligus.

Petak Umpet

Permainan anak anak jaman dulu ini tetap asyik dimainkan. Dengan bermain petak umpet, anak akan belajar memahami peraturan sekaligus mengatur strategi agar tidak ketahuan. Motorik anak juga akan terlatih dengan baik.

Crawl Tunnel

Bagi anak usia 1 tahun, merangkak di terowongan akan menyenangkan karena melewati bagian gelap dan keluar kembali. Crawl tunnel didesain untuk merangsang kecerdasan visual spasial yang baik untuk anak.

Mainan Shape Shorting

Mainan edukasi ini sangat pas untuk melatih motorik halus dan koordinasi gerak anak. Cara melakukannya juga sederhana. Anak diminta memasukkan benda-benda sesuai dengan bentuknya.

Tidak hanya melatih anak memasukkan benda yang sama bentuknya. Orang tua juga dapat mengenalkan berbagai bentuk seperti bundar, persegi, segitiga dan lain-lain berikut dengan warnanya.

Mewarnai Cerita Bergambar

Setiap anak adalah seniman. Oleh karena itu, bermain mewarnai gambar akan terasa menyenangkan. Aneka gambar lucu dan warna yang menarik dapat membuat mereka ingin mencoba mewarnainya.

Orang tua juga dapat mengenalkan anak pada warna sekaligus melatih motoriknya. Anak juga diajak berimajinasi dengan cerita yang ada. Harga mainan ini juga terjangkau.

Nah, itu dia 9 rekomendasi mainan edukasi anak 1 tahun yang bisa kamu pertimbangan.

Tags: , ,