Mainan Edukasi Anak 3 Tahun (Sampai 5 Tahun), Apa Saja Jenisnya ya?
Kategori: Parenting
hasil terbaik penelusuran mainan edukasi anak 3 tahun

Mainan Edukasi Anak 3 Tahun – Saat anak berulang tahun yang ketiga, terkadang orang tua bingung harus memberikan kado apa. Biasanya, orang tua akan membelikan mainan. Rasanya, akan lebih bermanfaat jika orang tua menghadiahkan kado yang mendukung perkembangan anak. Hm, mainan edukasi anak 3 tahun sepertinya menjadi pilihan bijak.

Mainan untuk usia ini umumnya akan bisa dipakai hingga anak menginjak 5 tahun. Orang tua hanya perlu tepat memilihnya. Kira-kira mainan edukasi apa saja yang bisa digunakan hingga usia segitu?

Mainan Edukasi Anak 3 Tahun hingga 5 Tahun

Mobil-mobilan

Mainan ini sepertinya tidak pernah gagal menyita perhatian anak-anak usia 3 hingga 5 tahun. Mobil-mobilan dapat mengasah kemampuan motorik anak. Dia harus menggerakkan atau menyusunnya. Anak juga dapat berimajinasi dengan mobil-mobilan.

Bermain Pasir Mainan

Mainan pasir yang dimaksud bukan melulu pasir kinetik. Pasir mainan biasa juga bisa diberikan pada anak usia 3 hingga 5 tahun. Dengan pasir mainan, anak dapat melatih motorik halus dan kasar. Selain itu, pasir juga dapat menjadi sarana imajinasi karena anak bisa membuat berbagai bentuk.

Boneka atau Figur Karakter Tertentu

Anak usia 3 tahun ke atas pada umumnya sudah mulai mengikuti narasi. Boneka atau figur karakter tertentu cocok diberikan. Si kecil juga dapat berimajinasi dan melatih kemampuan bahasa.

Alat Musik Mainan

Semua anak adalah seniman pada awalnya. Jadi, tidak salah jika memberikan mainan berupa alat musik. Anak mungkin belum mahir bermain tapi mainan ini bagi mereka adalah sesuatu yang hebat.

Tidak percaya? Coba lihat ekspresi mereka ketika memainkannya. Pasti mereka tampak ceria dan ingin terus memainkannya.

Sepeda atau Skuter

Kado ini termasuk istimewa. Pasti anak tidak akan menolaknya. Orang tua dapat membelikan sepeda beroda 3 sebagai mainan edukasi anak. Alat ini dapat melatih motorik kasarnya. Anak juga bisa mengeksplorasi lingkungan dengan cara mengasyikkan.

Plastisin

Plastisin merupakan permainan edukasi anak tk. Jangan heran jika hampir semua taman kanak-kanak menggunakan mainan ini. Tapi mainan ini juga bisa digunakan untuk anak usia 3 dan 4 tahun. Jenis mainan ini dapat mengasah motorik halus anak.

Mainan Edukasi Anak 5 Tahun, Bisa untuk Persiapan Sekolah TK

Mainan Edukasi Anak 1 Tahun Terbaik yang Sebaiknya Dimiliki

Balok atau Masak-masakan

Selanjutnya, mainan edukasi anak 3 tahun adalah balok. Anak dapat berimajinasi dengan membangun berbagai bangunan atau mengenali warna dan geometri. Untuk anak perempuan, mainan masak-masakan pasti disukai.

Manfaat balok dan masak-masakan adalah melatih motorik halus dan kasar. Koordinasi mata dan tangan juga terasah.

Board Games

Board games bisa dipilih sebagai mainan edukasi anak 4 tahun atau 5 tahun. Permainan seperti ini juga dapat melatih komunikasi. Oleh karena itu, jatuhkan pilihan pada permainan kartu berkelompok. Anak jadi meningkatkan kemampuannya bekerjasama dengan timnya.

Kegembiraan saat bermain bersama juga akan dirasakan. Selain itu, anak akan belajar mengikuti aturan main dan mengenal perasaan menang-kalah. Mereka akan tahu bahwa kemenangan ditentukan oleh strategi yang tepat. Dengan begitu, dia akan mencari cara untuk berpikir logis.

Huruf dan Angka

Anak dapat meningkatkan kemampuan berekspresi dengan permainan huruf dan angka. Mendekati usia 4 tahun, anak biasanya akan tertarik dengan mainan ini. Memberinya mainan jenis ini juga membuatnya lebih familiar ketika memasuki tk nanti.

Mainan Puzzle

Mainan jenis puzzle juga sangat bermanfaat dan menarik bagi anak. Usia yang paling tepat untuk memberikan puzzle adalah ketika memasuki taman kanak-kanak. Mainan edukasi anak 5 tahun ini sangat membantu anak mengembangkan imajinasinya.

Tapi sebenarnya tidak masalah jika memberikan mainan ini lebih dini dari 5 tahun. Anak dapat mulai belajar mengisi ruang kosong yang sesuai. Hal ini berarti dia akan belajar berpikir logis. Si kecil juga akan belajar mengenai berbagai ruang.

Mini Karaoke

Melatih kepercayaan diri anak sejak dini sangat penting. Dengan sering-sering melatihnya, anak tidak akan malu lagi menunjukkan bakatnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membelikannya mini karaoke.

Ajak anak bernyanyi bersama. Setelah itu, minta dia bernyanyi solo. Bernyanyi dapat membangkitkan semangat lo. Hari-hari anak akan lebih ceria. Selain bernyanyi, anak juga dapat dipancing untuk bercerita.

Mengapa Mainan Harus Disesuaikan dengan Usia Anak?

Kalau kamu perhatikan, hampir setiap mainan mencantumkan target usia pengguna. Target ini akan menunjukkan batas usia yang dapat memainkannya. Dengan begitu, mainan itu aman dimainkan karena usia pengguna melebihi target.

Ini bukan masalah anak akan dapat memainkannya atau tidak ya. Fungsi target usia adalah keamanan. Jadi, mainan edukasi anak 3 tahun mana yang mau dibeli lebih dulu?

Tags: , ,