Tips Mengatasi Suami Pelit dan Tidak Percaya Istri Atur Uang
Kategori: Relationship
hasil penelusuran terbaik tips mengatasi suami pelit

Tips Mengatasi Suami Pelit – Kamu “kebetulan” menikah dengan laki-aki pelit soal keuangan? Sudah, jangan emosi terus. Apalagi sampai minta cerai segala. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Buat kamu yang pusing tujuh keliling, ada tips mengatasi suami pelit. Jadi, jangan putus asa ya.

Ketika dua orang memutuskan untuk menikah dan menjadi suami istri, keduanya harus saling menerima kekurangan satu sama lain. Sebagai istri, jangan hanya ingin dimengerti dan dimaklumi kekurangannya. Kamu juga harus menerima kekurangan suami. Jangan langsung mundur ketika tahu dia pelit.

Beda Pelit dan Hemat

Sekilas, pelit dan hemat hampir sama. Tapi, keduanya berbeda. Orang pelit akan sulit mengeluarkan uang. Dia akan memakai perhitungan walau untuk hal sepele.

Orang hemat, cenderung mengeluarkan uang untuk kebutuhan, bukannya keinginan. Nah, kamu perlu mencermati perbedaan ini supaya tahu benarkah suami pelit atau sekadar hemat. Mungkin dia akan melotot melihat nota pembelian tas mahal yang kamu beli, tapi bukan berarti dia pelit. Bisa jadi hanya hemat. Betul tidak?

Beda kalau kamu sudah mengirit belanja tapi dia masih protes, bahkan menghitung tiap rupiahnya. Jika suami termasuk tipe pelit, kamu harus pintar-pintar mengatur keuangan. Suami bisa saja tidak lagi mempercayai kamu memegang uang belanja jika kamu dianggap gagal karena tidak pandai mengelolanya. Gawat kan?

Lalu, bagaimana agar suami pelit mempercayai istri mengelola uang? Mari simak ulasan berikut!

Tips Mengatasi Suami Pelit Uang Belanja

 Tanyakan Apa Alasan di Balik Kepelitannya

Kamu adalah istrinya, maka wajar jika kamu bertanya mengapa dia bersikap pelit. Mungkin dia punya alasan yang tidak kamu perkirakan. Mungkin saja, perusahaan tempatnya bekerja sedang sulit dan memangkas gaji sehingga, mau tidak mau suami perhitungan.

Kamu mungkin juga akan mendengar motif lain yang mengharukan seperti menabung untuk uang pendidikan anak. Akibatnya, jatah yang diberikan kepada istri jumlahnya tidak banyak.

Intinya, jangan pendam sendiri di dalam hati jika suami pelit mengeluarkan uang belanja. Tidak perlu juga menduga-duga. Jalan terbaik adalah berbicara.

Hadist Suami Menyakiti Istri, Azabnya Tak Main-Main

Suami Tidak Memberi Nafkah Batin pada Istri? Apa Sebab dan Solusinya?

Topik soal uang mungkin sensitive, tapi ini krusial. Jika permasalahan ini dibiarkan, bisa menyulut pertengkaran. Nah, kalau sudah mengetahui dengan jelas apa yang membuat suami tercinta pelit, kamu juga sebaiknya membuat laporan keuangan. Meminta izin ketika ingin membelanjakan uang juga menjadi langkah bijak.  

Transparan Soal Pengeluaran Anggaran

Ciri orang pelit adalah sangat berhati-hati ketika mengeluarkan setiap sen uangnya. Oleh karena itu, perlu adanya keterbukaan dalam menggunakan uang. Kamu bisa menyusun rencana pengeluaran bersama suami. Ini agar suami tahu uang yang dihasilkannya diperuntukkan untuk apa saja selama satu bulan.

Anggaran ini harus kamu sesuaikan dengan uang belanja yang diberikan suami. Jangan malah lebih besar karena itu berarti kamu boros. Utamakan membuat daftar belanja untuk kebutuhan sehari-hari agar suami tercinta tidak ngomel.

Selain menyiapkan rencana belanja harian, buat catatan pengeluaran. Jika perlu, kamu bisa melampirkan bon belanja agar suami tahu kamu benar-benar belanja dengan bijak. Kejujuran dan keterbukaan sangat ditekankan. Keduanya akan menghindakan kamu dan suami dari kecurigaan dan pertengkaran. Tidak mau kan jika rumah tangga meributkan uang belanja? Kapan bahagianya kalau begitu?

Hemat Jadi Keharusan

Tips mengatasi suami pelit selanjutnya adalah sabar. Ya, sabar menerima kepelitan suami yang menjadikan kamu harus ikut hidup hemat. Bukan cuma menomorsatukan kebutuhan pokok, kamu juga harus tahu cara mendapatkan barang bagus dengan harga miring.

Itu menjadi salah satu siasat agar uang belanja tidak kurang bahkan bisa jadi lebih. Langkah yang bisa kamu lakukan misalnya memilih berbelanja online yang memberi gratis ongkos kirim. Beberapa barang kebutuhan rumah tangga yang dijual online juga memiliki harga lebih murah dibandng offline.

Cara lain, kamu bisa memanfaatkan berbagai promo yang ditawarkan oleh merchant. Update terus informasi mengenai metode pembayaran yang biasanya memberi cashback atau potongan harga. Cara-cara itu bisa membuat kamu berbelanja hemat anti defisit.

Rayu Suami

Mengatasi kepelitan suami bisa juga dengan memanfaatkan keahlian kamu merayunya. Coba kamu temukan kelemahannya dan “serang”. Cari waktu yang tepat seperti sepulang kerja.

Biasanya, suami tidak akan menolak servis pijatan dari istri. Pada saat itulah, kamu bisa mendaratkan ciuman di pipinya atau melayangkan pujian setinggi langit untuk minta tambahan uang belanja. Kamu bisa juga merayunya untuk pergi ke salon bersama-sama atau membeli kosmetik.

Yakinlah dia akan luluh sedikit demi sedikit. Sejatinya, setiap suami ingin istrinya bahagia. Yang penting, kamu harus maju terus merayunya.

Istri Hebat Atur Keuangan, Suami Makin Sayang

Suami pasti akan sangat senang jika istrinya jago mengatur keuangan. Memang, suami istri memang harus melengkapi satu sama lain. Jika suami pelit, itu artinya istri yang harus pintar mengelola keuangan. Kamu dan suami perlu menyamakan persepsi soal mengatur keuangan.

Saling terbuka, saling percaya, dan kejujuran merupakan hal yang paling penting. Kalau sudah begitu, dijamin deh, rumah tangga akan tenteram dan bahagia. Jadi bagaimana, mau mencoba tips mengatasi suami pelit di atas?

Tags: , ,