7 Sebab Waktu Pembukaan Lama saat Melahirkan Normal
Kategori: Pregnancy

Sebab Waktu Pembukaan Lama – Pembukaan adalah fase atau tahapan untuk membuka jalan lahir bayi. Tanpa pembukaan bayi tidak bisa lahir secara normal. Umumnya pembukaan harus masuk pada tahap 10. Baru deh boleh mengejan. Masalahnya tidak semua perempuan melewati fase pembukaan dengan cepat. Lalu apa sih yang menjadi sebab waktu pembukaan lama saat melahirkan normal? Ternyata ada setidaknya 7 sebabnya.

7 Sebab Waktu Pembukaan Lama

Panggul Sempit

Tahu tidak kalau kekhawatiran orang tentang panggul sempit bakal kesulitan melahirkan ternyata ada benarnya. Rongga panggul sempit memang bisa membuat proses persalinan lebih lambat. FYI, bayi harus melalui rongga ini. Karena itu kalau terlalu sempit, waktu yang diperlukan untuk pembukaan dan melahirkan jadi lebih lama.

Tapi hal ini tidak mutlak lo. Ada kok orang dengan panggul sempit tapi pembukaan cepat dan bisa melahirkan dengan lancar.  Biasanya, dokter tidak akan langsung menyuruh operasi Caesar begitu melihat panggul calon ibu sempit. Mereka akan menyarankan untuk menempuh upaya-upaya tertentu untuk membantu memudahkan proses persalinan nantinya.

Badan Bayi Terlalu Besar

Kalau bayi yang dikandung lebih dari 3,5 kg, kemungkinan ibu akan mengalami kesulitan. Waktu yang dibutuhkan akan lebih lama karena bayi memerlukan jalan yang lebih besar. Tapi apabila pembukaannya sudah sampai fase akhir, mungkin dokter akan menempuh metode atau tindakan episiotomy. Tujuannya, membantu agar kepala si bayi bisa melewati jalur lahir dengan lebih mudah.

Biasanya sih kalau bayi dalam kandungan sudah mencapai bobot tertentu atau riskan mengalami obesitas, dokter bakal menyarankan untuk melakukan diet. Hal ini diperlukan agar si dedek tidak terlalu gemuk saat berada di dalam kandungan. Kan lebih baik dia besar di luar daripada di dalam?

Posisi Bayi

Ternyata posisi bayi di dalam rahim juga menjadi sebab waktu pembukaan lama lo. Supaya proses pembukaan jalan lahir bisa lebih lancar, seharusnya letak kepala bayi telah berada pada bagian bawah. Jadinya, bayi lebih mudah melewatinya.

Kalau kondisi bayi sungsang tapi kamu ngebet mau melahirkan normal, dokter harus melakukan langkah-langkah agar posisi bayi benar. Karena itu, jangan panik dulu ketika bayi sungsang ya. Masih mungkin kok kalau mau merasakan melahirkan secara normal.

7 Hal yang Akan Kamu Alami saat Hamil Trimester Kedua

Keluhan saat Hamil yang Sering Dirasakan dan Sebabnya

Ibu Miliki Riwayat Operasi Serviks

Seorang wanita yang pernah menjalani operasi serviks akan mengalami fase pembukaan yang lebih sulit dan lebih sakit. Eits, keadaan bisa lebih baik kalau mendapat rangsangan dari pasangan baik berupa sentuhan, belaian, usapan, dan kata-kata dukungan. Karena itu, jangan ke rumah sakit sendirian ya. Ajak keluarga juga.

Kalau ternyata calon ibu memang sendirian, orang yang berperan memberikan stimulus adalah tenaga medis. Jadi, jangan merasa sendiri ya. Semua akan berjalan lancar. Hanya, kamu harus bersabar. Bertemu buah hati tercinta memang butuh pengorbanan.

Merasa Stres dan Kelelahan

Sebenarnya, sangat wajar jika wanita yang akan melahirkan mengalami kelelahan dan stres. Tapi kalau dibiarkan pembukaan jadi lama. Sebabnya, hormon oksitosin akan terhambat. Padahal hormon ini sangat diperlukan karena merangsang pembukaan berlangsung cepat.

Nah, biar tidak terlalu stres, kamu perlu membekali diri dengan pengetahuan seputar kehamilan dan melahirkan. Berpikiran positif juga bisa menjadi salah satu persiapan diri menyambut proses persalinan. Hati ibu tenang, lahiran lancar.

Plasenta Menghalangi Jalan Lahir

Karena posisi plasenta menghalangi jalan lahir, pembukaan jadi lama. Kelainan ini memang sering terjadi. Plasenta yang berada di bawah tubuh bayi menghalanginya lahir. Dalam dunia medis, kelainan disebut dengan plasenta previa.

Jadi tahu kan kenapa cek kehamilan rutin itu perlu? Yap, tidak hanya untuk mengetahui perkembangan bayi, tapi juga melihat faktor-faktor pendukung lain seperti air ketuban dan plasenta. Buatmu yang malas periksa kehamilan karena antrean panjang, coba deh dipertimbangkan ulang. Bukankah lebih baik susah sedikit sekarang ketimbang di bangsal persalinan?

Bayi kembar

Senang ya kalau dapat anak langsung kembar. Tapi wanita dengan bayi lebih dari satu juga berpotensi mengalami pembukaan lama. Hal ini disebabkan ukuran perutmu mengembang terlalu besar sehingga kontraksi alami terhambat.

Mungkin ini sebabnya banyak wanita yang akhirnya memilih Caesar untuk melahirkan bayi kembarnya. Pembukaan yang terlalu lama memang bikin stres. Tapi beneran deh begitu melihat senyum mereka, penderitaanmu selama pembukaan bakal berakhir.

Sekarang sudah paham kan apa sebab waktu pembukaan lama saat melahirkan normal? Kamu yang ingin menjalani proses persalinan alami sudah seharusnya mempersiapkan fisik dan mental. Kalau kamu rajin berkonsultasi, biasanya dokter akan menyarankan proses persalinan yang tepat dan sesuai dengan kondisi ibu dan bayi. Apa pun saran dokter mengenai metode persalinan sebaiknya kamu ikuti selama bisa dipertanggungjawabkan secara medis. Toh, jika terpaksa Caesar juga demi kebaikan juga kan?

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *