8 Isi Seserahan Pernikahan Adat Sunda yang Umum dan Maknanya
Kategori: Home and Living
seserahan pernikahan adat sunda

Seserahan Pernikahan Adat Sunda – Kamu berencana menikah dengan adat Sunda dan ingin menyiapkan seserahannya? Kira-kira apa saja ya isi seserahan pernikahan adat Sunda? Proses seserahan ini biasanya dilakukan sebelum memasuki upacara pernikahan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), seserahan berarti upacara penyerahan sesuatu sebagai tanda ikatan untuk kedua calon pengantin.

Ketika prosesi seserahan berlangsung, pihak calon pengantin laki-laki datang bersama keluarga dan sanak saudara untuk meminang. Romongan ini juga membawa seserahan untuk calon pengantin wanita. Istilah dalam adat Sunda disebut sebagai neundeun omong.

Pada kesempatan kali ini, Hanhannah.id ingin membagikan informasi apa saja isi seserahan dalam pernikahan adat Sunda.

8 Isi Seserahan Pernikahan Adat Sunda dan Maknanya

Perlengkapan Ibadah

Biasanya, kotak pertama seserahan berisi perlengkapan ibadah. Barang-barang tersebut disesuaikan dengan agama kedua calon pengantin. Contohnya, untuk calon pengantin beragama Islam, isi kotak seserahan tersebut dapat berupa mukena, Alquran, dan tasbih. Untuk yang beragama Kristen bisa berupa Injil dan Rosario.

Mengenai berapa banyak jumlahnya tidak dibatasi. Hal itu tergantung kesanggupan calon pengantin pria. Arti dari seserahan ini ialah calon pengantin pria bersedia menjadi imam dalam rumah tangga.

Kain Batik dan Kebaya

Seserahan berupa kain batik dan kebaya tidak hanya dijumpai pada adat Jawa. Dalam adat Sunda pun sama. Wujudnya bisa berupa kebaya jadi atau masih kain. Mengenai bahan kebaya juga tidak dibatasi. Boleh kain brukat, sutra atau lainnya.

Untuk kain batiknya boleh berupa rok atau kain lilit. Kalau pada umumnya, seserahan kain batik berupa kain lilit.

Pakaian dan Alas Kaki

Selain memberikan kain batik dan kebaya, calon mempelai pria juga memberikan seserahan berupa pakaian dan alas kaki. Jenis pakaian ini tidak ditentukan. Jadi, bisa berupa baju pesta, baju muslimah, atau baju kerja.

Alas kaki juga bisa berupa sepatu atau sandal. Kalau ingin lebih lengkap, tas bisa dimasukkan ke dalamnya. Seserahan ini mengandung simbol bahwa calon pengantin pria siap memenuhi kebutuhan sandang calon pasangannya.

Intip Yuk Tips Membina Pernikahan Harmonis Menurut Islam

Perlengkapan Mandi

Isi kotak seserahan berikutnya berisi alat serta perlengkapan kamar mandi. Benda-benda seperti handuk, sabun mandi, sampo, lulur, pembersih wajah, sikat gigi, dan pasta gigi dapat dimasukkan ke dalamnya. Arti seserahan ini adalah pengingat agar istri dapat selalu menjaga kebersihan diri dan keluarga setelah menikah.

Perlengkapan Make Up

Setelah perlengkapan mandi, isi seserahan pernikahan adat Sunda berikutnya adalah perlengkapan make up. Isinya berupa kosmetik seperti bedak wajah, foundation, eye shadow, pensil alis, lipstik, maskara, parfum, hingga cat kuku. Alat make up seperti kuas, catok rambut, hingga hair dryer juga bisa menjadi pelengkap.

Kotak sesrahan yang akan membuat calon mempelai wanita senang ini mengandung makna agar dia selalu menjaga kecantikan di depan suami dan teguh pendirian dalam situasi apa pun.

Pakaian Dalam dan Baju Tidur

Sebelumnya telah disebutkan isi seserahan berupa pakaian yang bersifat formal, kali ini ada juga pakaian yang sifatnya lebih santai. Isinya berupa pakaian dalam dan baju tidur. Dalam kotak ini dapat diisi celana dalam, bra, lingeri, serta baju tidur. Agar tetap enak dilihat, biasanya pakaian dalam ini dikemas dalam bentuk yang menarik.

Lingerie Muslimah, Pakaian Wajib Para Istri Solihah

Aneka Kue dan Buah

Seserahan yang tidak boleh dilupakan adalah kue dan buah. Kue-kue ini biasanya disesuaikan dengan jajanan khas Sunda. Ada yang berbentuk kue basah dan kue kering. Kalau untuk jenis buah-buahan, bisa apa saja. Asalkan masih sgar dan tidak mudah busuk. Pastikan juga buah tersebut mudah dikemas.

Mengenai jumlahnya tidak dibatasi. Tergantung kesanggupan calon mempelai pria.

Perhiasan

Tidak ketinggalan perhiasan seperti gelang, kalung, cincin, dan anting-anting menjadi seserahan berikutnya. Tidak ada patokan pasti soal berapa gram atau berapa macam jenis perhiasan ini. Seserahan ini mengandung harapan bahwa pernikahan yang dijalani akan bersinar dan berkilau dengan indahnya.

Tips Menyiapkan Seserahan Pernikahan

Meski tampak sepele, sebaiknya seserahan dipikirkan dengan seksama agar proses meminang lancar. Apa saja yang harus dperhatikan?

  • Catat semua seserahan yang akan diberikan beserta budgetnya. Tidak perlu dipaksakan, yang penting pantas.
  • Beli seserahan berupa makanan dan buah-buahan mendekati hari H. Pastikan untuk memesannya jauh-jauh hari. Sebaiknya, makanan dan buah-buahan sebagai hantaran ini diterima dalam keadaan siap antar alias sudah dikemas dan dihias.
  • Agar seserahan ini benar-benar bisa dimanfaatkan calon mempelai wanita dengan baik, biarkan dia memilih sendiri sesuai seleranya.
  • Make up dan peralatan mandi juga sebaiknya dipilih sendiri oleh calon mempelai wanita.
  • Begitu pula dengan perhiasan. Calon mempelai wanita bisa memilih sendiri agar pas dipakai.

Demikian ulasan mengenai isi seserahan pernikahan adat Sunda. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin segera berumah tangga.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *